ciri ciri telat datang bulan

Ciri Ciri Telat Datang Bulan (Hamil)

Banyak yang bertanya-tanya soal ciri-ciri telat datang bulan yang menandakan kalau kita lagi hamil. Apalagi kalau lagi program hamil atau lagi ngebet-ngebetnya pengin hamil, hari-hari menjelang datang bulan pasti galau hihihi.

Saya pun saban lagi program mau punya anak lagi, duuuhhh, penantiannya drama gitu lah :p. Mau anak ke berapa pun :D.

Hamil 5 bulan anak ke-3, mejeng di Danau Zurich

Monmaap kesempatan untuk pajangin foto-foto hamil yang segambreng itu ye kan hahahaha. Tiap hamil memang selalu berusaha bikin dokumentasi si perut buncit :p.

Sudah ada versi vlognya loh topik tentang ciri-ciri telat datang bulan (hamil) ini, cuuuussss :

https://www.youtube.com/watch?v=f_qWNliMILM

As we’ve already known, testpack atau alat penguji kehamilan pada umumnya lebih efektif jika digunakan SETELAH telat datang bulan selama beberapa hari. Tapi sebenarnya di beberapa kasus, kita pakai testpack sebelum telat pun sudah bisa ketahuan, loh ;).

Misalnya saya sendiri. Di ketiga kehamilan karena semuanya direncanakan, jadi sudah suka penasaran sendiri padahal jadwal datang bulan belum tiba. Tapi saya sudah ngecek sehari atau dua hari sebelum jadwal mens. Dan ternyata …. beneran POSITIF! Huuraaayyy hehehe.

Sebenernya apa sih ya ciri-ciri datang bulan terlambat (hamil)?

Baca juga : 5 Tips Menghadapi Mual Muntah Hamil Muda

Nah, karena tiga kali hamil seperti saya ceritakan di atas selalu dalam perencanaan detail (hihihi), makanya saya lumayan hafal ciri-ciri orang telat haid gitu-gitu.

Apa sajah?

1- Mood Swing

Mood Swing ini selalu terasa jelang-jelang mau datang bulan. Dan ternyata, ciri ini juga saya alami sebelum memastikan hamil sebelum pakai testpack. Makanya sering galau gitu? Ini hamil apa kagak nih :p.

Hamil anak pertama, 30 minggu, ceking kan hehehe

2- Kram pada Perut

Ciri ciri telat datang bulan yang satu ini pun miriiiiip banget sama gejala mau datang bulan / mens, yes?

Saya pun saban mau hamil tuh terasa kram pada area perut. Kayak apa kramnya? Sumpah kayak mau mens hihihihi.

3- Sakit Kepala / Pusing

Sakit kepala / pusingnya ini bukan yang gimana-gimana. Tapi yang ringan saja. Regularly, sebelum datang bulan, saya kerap ngalamin pusing-pusing ringan. Apalagi kalok pola makannya lagi rada ngaco, pusingnya bisa lebih parah :(.

Kenangan hamil anak ke-2 di Jedah, tahun 2010-2011

Nah tuh pentingnya selalu disiplin menjaga pola makan ya teman-teman ;).

4- Sering buang air kecil

Ciri yang satu ini juga merupakan ciri ciri telat datang bulan pada ketiga kehamilan saya. Kalau ciri yang ini gak terlalu sering saya alami pas masa PMS / menanti jadwal datang bulan. Kadang ngerasain, kadang enggak.

Makanya tetep galau, hamil gak ni ya hahahaha.

5- Jerawatan

Another ciri ciri telat datang bulan yang PERSIS kayak gejala mau mens beneran :p. Saya nih hampir selalu muncul jerawat di area dagu bagian bawah saban mau mens.

Hamil 5 bulan anak ke-3 di Bern-Swiss

Jadi kalo tetiba jerawat muncul jangan patah semangat dulu ya Bun, “Halah, gagal hamil dah!”

Belom tentuuuuu mau mens. Bisa saja itu juga merupakan ciri ciri telat datang bulan alias Hamidun! Yaaayyyy ;).

6- Nafsu Makan Bertambah

Ini nih uniknya, walau saban hamil muda saya selalu mual parah, tapi jelang hamilnya sendiri, di masa paling awal, malah nafsu makan lagi ganas-ganasnya. Again and again, persis kayak mau mens.

Tapi nanti begitu kehamilan masuk 6 minggu, udah deh, berakhir sudah masa mengunyah gak kenal waktu. Berganti dengan mual dan muntah setiap ada makanan masuk huhuhuhu.

https://www.youtube.com/watch?v=dfUOD7PkIXI

7- Keluar Darah Sedikit (Darah Implantasi)

Mirip kalau jelang datang bulan, biasanya kalau mau hamil juga gini. Suka keluar darah sedikit di celana. Dikit ajah. Warnanya gak merah menyala. Merah agak tua atau kecoklatan.

Biasanya mens hari pertama atau sehari dua hari sebelumnya suka ada bercak coklat dikit di celana. Setelah sehari atau dua hari baru keluar darah mens benerannya.

Bedanya kalau hamil, bercaknya aja yang keluar ENGGAK disertai darah merah segar.

https://www.youtube.com/watch?v=0WEUS4UMlsg

Jadi itulah ciri ciri telat datang bulan yang saya alami di awal-awal kehamilan saya, tiga-tiganya kurang lebih kayak gini. Jadi sebelum nyobain test pack, ciri-ciri ini sudah muncul.

Makanya yang lagi program hamil jangan patah semangat ya kalau sebelum jadwal datang bulan, ciri-ciri macam mau mens ini menghampiri. Belum tentu itu tanda-tanda mau mens, bisa jadi tanda-tanda kehamilan ;). Memang ciri-cirinya banyak yang mirip kok ^_^.

Semoga infonya membantu ya teman-teman semua. SEmangat yak bagi kalian yang lagi menanti-nanti kedatangan buah hati :).

ciri ciri telat datang bulan
Image by Julia Fiedler from Pixabay