penyebab hamil tua susah tidur

Penyebab Hamil Tua Susah Tidur Malam dan Solusinya ;)

Penyebab hamil tua susah tidur malam salah satunya ya jelas yaaaa, karena perut sudah melendung sedemikian rupa jadi udah ribet milih posisi tidur hehehe.

Saya mengalami banget yang namanya hamisl tua susah tidur, tiga kali hamil selalu jadi problem. Sekarang sih nulisnya bisa sambil cengar cengir padahal riweuh juga dulu pas ngalamin :p.

Baca Juga : “3 Kehamilan di 3 Negara”

Kehamilan ke-3 sempat melewati beberapa minggu di Swiss

Tapi bukan hanya karena perut yang sudah susah diajak guling-guling di kasur (hihihi). Penyebab lainnya :

1- Pengin pipis mulu. Hadeeehhh, ini nih yang paling ngeselin. Baru juga pules kok ya berasa pengin pipis lagi.

Katanya gara-gara posisi janin sudah ke bawah jadi sudah sering menyodok kantung kemih. Juga perubahan hormon yang menyebabkan kantung kemih lebih cepat penuh.

Jangankan pas lagi tidur, lagi jalan-jalan di mal habis aja waktu buat ke kamar kecil melulu. Terutama hamil anak ke-2 di Jeddah. Tau sendiri mal di Jeddah gede-gede.

Baru aja balik dari kamar mandi mau ke belanja ke HyperPanda, baru nyampe ke pintu masuk udah pengin pipis lagi hahahaha. Kapan belanjanya dah -_-.

Kenangan hamil anak ke-2 di Jedah, tahun 2010-2011

2- Sering kram. Terutama kehamilan pertama. Pernah tidur tau-tau kebangun dan jerit-jerit karena kaki kram. Suami ampe kaget disangka udah mau lahiran hahahaha.

3- Sesak napas. Ini biasanya kalau posisi kepala terlalu sejajar dengan perut. Baiknya memang pakai bantal agak lebih buat kepala. Katanya posisi rahim yang membesar bisa menekan diafragma yang menyebabkan sesak napas.

4- Sakit punggung. Beban pada perut bisa membuat punggung jadi sakit. Apalagi kalau posturnya kurang tepat. Saya nih yang posturnya agak bungkuk huhuhu. Dulu belom paham pentingnya postur tubuh yang tepat.

Baca Juga : “Tanda Kontraksi Palsu di Kehamilan Trimester Ketiga”

NAH, kalau pengalaman pribadi, 4 hal ini yang menjadi penyebab susah tidur. Tapi kalau baca-baca artikel sejenis katanya ada juga yang susah tidur karena asam lambung naik atau kecemasan berlebih jelang kelahiran.

Hamil anak pertama ^_^

Alhamdulillah selama tiga kali hamil, asam lambung rasanya baik-baik saja sampai proses melahirkan. Soal kecemasan ya pasti cemas lah ya tapi enggak sampai mempengaruhi jam tidur.

Jadi sebenarnya wajar banget kalau calon ibu mengalami susah tidur saat memasuki trimester ketiga apalagi jelang kelahiran. Jangan panik hehehe.

Terus gimana solusinya?

Yang saya terapkan waktu itu :

1- Punya banyak bantal! Hehehehe. Jadi memang kaki harus disangga bantal biar enggak kram. Bantal di kaki bisa sampai 2 agar posisi kaki lebih tinggi. Di paha juga disangga satu bantal biar nyaman.

Salah satu sisi punggung disangga bantal. Terus juga harus meluk bantal karena tidurnya sering miring. Kan ada tuh bantal buat bumil yang panjang gede.

Kalau saya lebih prefer punya banyak bantal ukuran standar. Biar gampang ngatur-ngatur posisinya.

penyebab hamil tua susah tidur malam dan solusinya

2- Perhatikan posisi tidur. Paling repot kalau mau tidur telentang ya. Hamil pertama masih agak bisa sekali-sekali telentang. Pas hamil kedua dan ketiga kayaknya pengap bener udah gak sanggup tidur telentang begitu usia kehamilan di atas 30 minggu.

Tidur sebaiknya miring ke kiri. Nah bagian punggung dikasih bantal biar nyaman. Jadi kalau misalnya kita ngulet dan lupa kalau tidur harus miring, udah ada bantal untuk menyangga.

3- Asupan minum diperhatikan biar enggak harus bolak balik pipis kalau malam. Minumnya diperbanyak sebelum mendekati jam tidur. Dua jam sebelum tidur sebaiknya enggak usah minum lagi.

4- Latihan Relaksasi. Ini juga penting banget biar badan lebih rileks. Sekalian buat latihan agar nanti bisa menghadapi proses kontraksi dengan optimal.

Baca Juga : “Tips Mudah Bersalin : Lahiran Normal Tanpa Menjerit Hehehe”

Soal relaksasi aman lah sekarang ya. Banyak youtube banyak panduan sana sini yang bisa diakses gratis ^_^.

5- Jangan menunda-nunda jam tidur. Jadi misalnya kalau susah tidur tetep punya waktu untuk beradaptasi di kasur sebelum bener-bener bisa terlelap. Karena kalau tidurnya telat, nanti tau-tau udah tengah malam belom bisa tidur juga. Bablas deh sampai subuh hehehe.

Kira-kira kayak gitu dulu saya mengakali biar tetep bisa tidur dengan normal dan bener pas lagi hamil tua. Karena enggak hamil pun, jam tidur harus dijaga dengan baik apalagi kalau lagi hamil.

Semoga sehat-sehat terus ya para bumil yang siapa tahu sedang membaca artikel ini ^_^. Semoga lancar proses melahirkan and … beyond ;).

Baca Juga : “Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan”