Menghitung Usia kehamilan

Deuuuuu, hahaha. Tidak,tidak, bukan mau pamer. Justru ini mu klarifikasi, euy.

Tadinya gag kepikiran sama sekali. Tapi gara-gara ada insiden dengan salah satu ‘kerabat dekat’, gw malah jadi takut sendiri. Jangan-jangan nanti ‘kena’ lagi. Mari,mari kita jelaskan sama-sama :D. Meskipun hanya salah paham belaka yang bisa segera di luruskan. Ffiiuuhhh..

Usia kehamilan itu beda terminologinya dengan usia janin lho, ya.

Jadi sodara-sodara, sebelum gw mendapat pertanyaan lebih lanjut dengan mata sipit penuh kecurigaan : “Aneh sekali, kog baru kumpul ama suami tau-tau dah hamil ajah 5 minggu?”

Hadeeeehhh, ampuuuun. Saya tidak ‘nakal’ kog, tidak bermain api dengan pihak mana pun hahaha. Ih, lagian takut ah ama yang namanya api, tuh buktinya gag betah ber dapur ria lama-lama  =)).

Menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dari yg namanya HPHT (hari pertama haid terakhir). Gw juga baru ngeh pas waktu hamil anak pertama dulu. Wajar sajah kalau banyak yang belum bener-bener paham :), terutama yang belom pernah berurusan dengan urusan gini-gini an hehehe.

Btw, ini mungkin karma. Waktu kuliah dulu di kosan ada anak Biologi. Neng Yola. Masih ingat enggak perdebatan kita soal usia kehamilan vs waktu pembuahan? Sampai alot bener itu. Untung Neng Yola termasuk selow ya jadi bisa mengimbangi gue yang gampang meledak-ledak  hahahaha :p.

One thing for sure … waktu pembuahan vs usia kehamilann adalah 2 hal yang BERBEDA :p.

Logika medisnya, kita tidak bisa benar-benar memastikan kapan pembuahan terjadi. Kan teorinya begini, masa subur perempuan itu terjadi 14 hari SEBELUM menstruasi berikutnya. SEBELUM ya bukan SESUDAH menstruasi terakhir ;).

Makanya, susah dipastikan. Karena begitu hamil, menstruasi berikutnya ya tidak datang lagi hihihihi :p. Kalau datang bulan teratur mungkin bisa kita tebak nah kalau mens tidak teratur jadinya susah kan? :D.

Maka dari itu, untuk memudahkan, usia kehamilan dihitung dari HPHT, hari pertama haid terakhir (sebelum hamil) :D.

Jadi misalnya diriku inih, tiba di Jeddah tanggal 15 juli, baru beberapa hari, tepatnya 19 juli, sudah kedatangan ‘tamu’. Abis ‘tamu’ nya pergi, langsung deh proyek album kedua yang sudah tertunda (terpendam?) sekian lama kembali digencarkan :).

Alhamdulillah, setelah di’program’ sedemikian rupa, -tapi tentunya final decision di tangan Yang Di Atas loh ya :)- , album keduanya bisa juga memasuki tahap produksi. Jadi wajarlah, begitu pake test pack, yang mana pada umumnya dilakukan saat haid telat datang beberapa hari, begitu 2 garisnya muncul, berarti otomatis kehamilan dihitung dari HPHT tadi.

Untuk kasus gw, terhitung sejak 19 juli, usia kehamilan dimulai. Jadi bener dong yah, minggu ini sudah masuk minggu ke-5.

Lagi puasa nih. Biasanya doa orang berpuasa lebih mujarab (eh, iya gag sih? iya kan yaaaa hehe), jadi, mohon didoakanlah ibu hamil satu ini agar lancar semuanya sampai saat persalinan tiba :).

Ah, padahal tadinya mau di’taro’ rapet-rapet dulu ampe trimester ke-2. Tapi demi menghindari ‘fitnah’ yang tidak perlu, memang seharusnya kabar bahagia di’edar’ kan lebih cepat :).

Gambar : akuremaja.com
Gambar : akuremaja.com
9 comments
  1. Hahaha…iya klo itu usia kehamilan memang HPHT Jee. Tapi banyak orang periode sblm kita (baca : emak2, bude2, tante2) yang ga gitu paham dgn perhitungan ini. Dan biasanya pun mereka taunya bulan ke brp, bukan minggu ke brp. Nah klo diconversi ke bulan, itungannya dikurang 2 minggu dulu, baru dijadiin bulan. Jadi klo untuk elo, bisa diinform udah usia kehamilan 1 bln kurang. Soalnya klo diconvert mentah2, nanti menjelang persalinan, mereka komen lg, kok loe udah 40 minggu alias 10 bulan ga lahir. Jd di akhir kehamilan pun informnya dlm bulan, 40 minggu dikurang 2 minggu, jd 38 minggu alias 9 bulan +/- 10 hari.Ini valid kok, gw pernah nanya dokter gw 😛 so biar ga mancing kecurigaan ga berdasar, klo ditanya ngasih taunya dalam hitungan bulan aja 🙂

  2. @diah : you read my mind :). Emang, salah pahamnya dari pihak ‘periode sebelum kita” hehehehehe… thanks buat ide lo yah say, gw kebiasaannya memang ngitungin minggu. Hmmm…bener juga yah ide lo :D…

  3. Oiyaaa dyah, dasar dikurangi 2 minggu itu juga gw nangkep deng. Soalnya setau gw, masa subur perempuan itu terjadi di 14 hari sebelum haid berikutnya. Konon katanya pembuahan itu terjadinya di masa subur itu :D… tapi karena memang secara medis tidak bisa diketahui secara pasti kapan tepatnya terjadi pembuahan, maka masa kehamilannya dihitung sejak HPHT ajah jadinya :D. Hmmm….

  4. Selamat ya buat kehamilannya, mudah2an sehat2 terus.. udah ngidam2 belom? Dulu, aku 3 tahun nikah belum punya anak, sebulan tinggal di Jeddah alhamdulillah hamil 🙂

  5. @mb Irma : emang nih mba, hawa2 jeddah bikin orang pengen hamil hehehehehe…. sekarang anak udah 2 kan mba :). Alhamdulillah belum ngidam or mual or muntah2 sama sekali :). Mudah2 an jangan yg parah2 deh kek hamil anak pertama dulu huhuhuhu……

  6. Aku juga baru engeh pas baca kasus itu di Kaskus. Kalau ngitung sendiri biasanya beda 2 minggu. Dan biasanya yg ngitung suamiku 😀

    1. Itu kalau siklus menstruasinya pas per 4 minggu. Kalau yang lebih dari 30 hari bedanya bisa lebih dari 2 minggu ^_^

  7. Mbak jihan, setelah baca2 status yg dishare tmn di fb ttg tes kehamilan,.. Saya sangat tertarik program hamil njenengan sukses cm rentan waktu 1 bulan, skrg saya sedang program hamil anak ke-2 saya,.. Bantu saya dong mbak dgn ilmu menghitung masa subur mbak jihan yg tokcer bgt,.. Saya mau komen di fb tp ternyata cm bs baca2 saja karena di lock? saya tunggu ilmunya ya,.. Maturnuwun mbak jihan

    1. Masa subur ya itu Mbak yang 14 hari sebelum mens berikutnya :D. Kebetulan alhamdulillah saya ini mensnya termasuk teratur jadi gampang menghitungnya. Tambahan, sperma normal bisa hidup dalam organ reproduksi perempuan sekitar 2-3 hari. Jadi, sebaiknya 1-2 hari sebelum masa subur silakan berhubungan intim hehehe :D.

Comments are closed.