Sekolah Bagus di Bintaro Kurikulum Internasional (part 2)

Yak, edisi lanjutan sekolah bagus di Bintaro yang menggunakan kurikulum internasional. But wait, definisi bagus mah masing-masing aja ya hehehe.

Bersyukurnya tinggal di sini ya salah satunya karena banyaaaaakkk sekolah bagus di Bintaro ini. Tapi memang saya mengkhususkan nyari yang kurikulum internasional. Sudah saya bahas ya kurikulum internasional yang banyak digunakan di Indonesia di part 1 nya. Cek di link yang atas tuh ya.

Untuk bagian 2 ini, sekolah internasional di Bintaro khusus yang punya kurikulum agama Islam juga. Jadi kombinasi antara internasional dan agama (Islam). Let’s take a look :

1- Mutiara Harapan Islamic School

Sekolah ini sudah punya sertifikasi kurikulum Cambridge sejak bulan Maret 2012. Mantep lah pokoknya. Kurikulum Cambridge resmi digunakan di pre-school (TK), primary school (SD), dan secondary school (SMP-SMA).

Mutiara Harapan ini bukan sekolah Islam Terpadu, ya. Malah kata IBu Wulan (yang nganterin kami keliling waktu itu), menerima siswa non muslim juga. Tapi udah 2 tahun ini, murid yang mendaftar 100% muslim.

Shalat Dhuha yang biasanya wajib di sekolah-sekolah yang pakai embel-embel “islami”, di Mutiara Harapan tidak wajib. Sisanya ya mirip2 lah.

Gedung sekolah kalok dari luar kelihatan kecil tapi begitu masuk ke dalam, luas bangeeeeeet. Yok, kalau mau lihat live dari lokasi sudah saya bikinin vlognya nih si Mutiara Harapan Bintaro ini :D.

Kelihatan kan di video, areanya luas, banyak lapangan, banyak ruang terbuka. UNtuk masa pandemi begini, banyak bersentuhan dengan udara bebas penting banget.

Hanya saja lokasinya hadeeehhhh …. jaoooooohhhh huhuhu. Ini tuh di jalan Pondok Kacang Raya kalok liat alamatnya. Tapi jauh ke dalem dan enggak dekat dari jalan raya.

Biayanya enggak murah. Kirain bisa beda jauh sama Mentari Bintaro hihihi. Ternyata gak terlalu beda jauh huhuhu. Kemarin kami survey SD jadi biaya untuk tahun ajaran 2021/2022 sbb :

Uang pangkal 40 juta rupiah. Bayar lunas sebelum masuk. Januari begini, sudah full! Warbyasak. Ternyata pandemi tidak menghalangi para ortu masukin anak-anak ke sekolah dengan biaya lumayan ya hehehehe.

Uang SPP bulanan 3 juta rupiah / bulan. Terus ada juga uang tahunan sebesar 5 juta rupiah/tahun.

Soal kurikulum yang penting buat saya sih Cambridge-nya. Mau dicampur agama Islam juga gak papa asal jangan yang ‘aneh-aneh’ aja hehehe. Tapi kalo biayanya ternyata mepet Mentari juga ya gimana dah :p.

Sulung sama nomor 2 sudah masuk Mentari. Harapannya yang bontot bisa nyobain sekolah lain. Sayang juga yah, bayar mahal-mahal di masa pandemi begini. Enggak bisa dinikmati fasilitas segabruk itu huhuhu. Belajar online tiap hari. Emaknya tipes nemenin tiap hari masih harus bayar SPP semahal itu. Gak relaaaaaa :p.

2- KHalifa IMS

Khalifa IMS Bintaro ini juga sudah tersertifikasi kurikulum Cambridge dari pre-school sampai secondary. Tapi jenjang SMU baru dimulai tahun ajaran 2021/2022.

Kalau Khalifa IMS ini kurikulumnya Islam-nya lebih kental lah ya. Karena shalat Dhuha wajib, dan beberapa ritual khas umat Islam lainnya juga wajib. Shalat dzuhur wajib jamaah misalnya. Jadi jelaaasss, yang non muslim gak bakal bisa masuk sini.

Langsung ke info biaya sekolah Khalifa IMS aja, ya.

Untuk tahun ajaran 2021/2022, masuk SD (start dari kelas 1) :

Harga normal uang pangkal totalnya 45,6 juta rupiah. Sudah termasuk SPP bulan pertama, dan biaya lain. Kalau early bird, ada diskon, macam-macam jumlahnya. Bisa 25% maksimal, minimal 3%.

SPP bulanan 2,2 juta rupiah / bulan.

Oiya, kami sempat survey langsung ke lokasi sekolah, ini buat yang mau lihat live video dari dalam sekolahnya ya :

Ada sibling discount juga. Khalifa IMS ini saingan beratnya Mutiara Harapan kayaknya. Lebih murah dikit lah uang SPPnya. Kalau uang pangkal mirip-mirip sih. Per Januari 2021, sudah FULL booked untuk tahun ajaran 2021 / 2022. Warbyasak! Hehe.

Tapi gedung dan fasilitas sekolah secara umum, Khalifa IMS kalah jauuuuhhh dibandingkan Mutiara Harapan. Gedung sekolah sempit dan bertingkat sampai 4. Bener-bener tertutup. Cuma ada celah udara di tengah.

Lapangan tidak ada buat SD. Cuma ruangan depan yang juga tertutup 80% yang dijadikan aula buat olahraga. Pengap jadinya. Sangat tidak cocok untuk situasi pandemi sekarang. Kurang banget ruang terbukanya.

Harganya juga enggak beda jauh dengan Mutiara Harapan. Kalau disuruh milih ya mending Mutiara Harapan :D.

3. Budi Mulia Dua

Kami baru tahu kalau kata DUA ternyata kepanjangan dari “Dunia Akhirat” hihihi. Kirain ada Budi Mulia Satu gitu ya hahahaha.

Budi Mulia Dua juga menggunakan kurikulum Cambridge. Tapi hanya dari kelas 1 sampai kelas 3 SD. UNtuk 3 pelajaran standar : Math, English, Science. Begitu kelas 4 balik ke kurikulum nasional 100%.

Pantes agak murah dibanding yang lain hihihihi.

Uang pangkal normal tanpa diskon sama sekali kira-kira 30 juta rupiah. Sudah termasuk SPP 1 bulan pertama.

SPP bulanan lebih murah daripada 2 di atas, hanya sekitar 1,6 juta rupiah / bulan.

Budi Mulia Dua ini juga gedungnya lumayan banget. Ada lapangan yang proper lah buat anak-anak. Gedungnya gede dan luas. Ruang kelas banyak jendela. Enggak tertutup kayak Khalifa IMS.

Monggo dilihat langsung isi gedung sekolahnya melalui vlog di bawah ini, kami rekam langsung saat survey ke sana kira-kira semingguan yang lalu :

Jadi kalau infrastruktur bangunan, Budi Mulia Dua lebih bagus daripada Khalifa IMS secara umum.

Cuma kurang sreg, Cambridge-nya nanggung. Dan belum tersertifikasi seperti Mutiara Harapan dan Khalifa IMS. Tapi saya sejujurnya enggak terlalu concern sama sertifikasi sih hehehe. Yang penting Cambridge aja udah hepi :p.