Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan berat badan ibu hamil menjadi salah satu topik yang jadi concern pas hamil anak pertama dulu. Saya penginnya berat badan jangan naik banyak-banyak. Pokoknya takut gemuk gitu deh pas hamil :p.

Eeeeeh, ternyata terkabul tapi diawali dengan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan –> diserang mual muntah parah saat hamil muda. Rasain dah tuh yang ribet gak mau montok pas hamil hahahaha.

kenaikan berat badan ibu hamil
Nih lihat gaeeesss, hamil 5 bulan anak pertama, kuyuuusss :p

 

Boro-boro berat badan naik, berat badan malah meluncur ke bawah. Hamil pertama tuh sampai susut 5 kilo! Sempet ketemu temen di mal, waktu itu masih ngantor jadi jam makan siang keluyuran ke mal. Temen saya kaget banget pas tahu saya hamil soalnya katanya kok jadi kurus.

Baca Juga : “Tips Menghadapi Mual Muntah Saat Hamil Muda”

Nah, karena sempet mual muntahnya berminggu-minggu dan bikin berat badan makin menyusut, galau juga. Berat badan naik ogah, berat badan turun galau, gimana dah! :p

Komen-komen temen kantor, kerabat, dll bikin galau makin menjadi. Tempat paling tepat untuk curhat tentunya ke Bu Obgyn hehehe. Waktu itu obgyn saya dokter Sri Pudyastuti, praktik di JMC Warung Buncit waktu itu. Deket rumah banget soalnya si JMC ini.

Secara natural memang kita berpikir kalau ibu hamil sudah seharusnya dong berat badannya nambah. Kalau gak nambah berarti ada apa-apa! Panik? Tentunya! Apalagi masih hamil pertama waktu itu.

Nah, terkait kenaikan berat badan ibu hamil, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan :

1- Wajar banget kok terjadi penurunan berat badan saat trimester pertama. Khususnya untuk yang mengalami mual muntah cukup parah di trimester pertama. Jadi kalau hamil enggak harus selalu naik berat badannya sejak awal.

I know, masa-masa mual ini memang cobaan banget. But hang in there, rasa mual ini biasanya mulai memudar kok pelan-pelan. Di vlog ini saya bahas ya, monggo disimak :

2- Nah, diperkirakan saat memasuki trimester kedua, apalagi ketiga, nafsu makan mulai enak malah kemungkinan besar akan mengganas (hahahaha), barulah biasanya berat badan akan naik sendiri. Hati-hati juga jangan sampai bablas ya buibu :p.

Makanya sebenernya ada juga sisi positifnya mual-mual tuh hehehe. Ibaratnya berat badan ditahan dulu di awal. Kalau bablas dari awal, nanti kenaikan berat badan ibu hamil bisa tidak terkendali ye kan ;).

Normalnya, begini kira-kira kenaikan berat badan ibu hamil yang normal :

Dihitung berdasarkan BMI (Body Mass Index). Cara menghitung BMI monggo digoogling sendiri ya. BMI rata-rata sebelum hamil.

a- Untuk BMI yang tergolong ‘underweight’ yaitu BMI 18 ke bawah, kenaikannya kira-kira 12-18 kg

b- Untuk BMI yang tergolong ‘normal’, BMInya antara 18 dan 24, kenaikannya kira-kira 11 – 15 kg

c- Untuk BMI yang tergolong ‘besar’, BMI nya 25-29, kenaikan berat badan sekitar 7 – 10 kg

d- Untuk BMI yang tergolong ‘obese’/obesitas, BMI di atas 29, kenaikannya kira-kira  3 – 5 kg

Nah, saya sendiri tuh hamil anak pertama, naiknya cuma 9 kg. Padahal BMI tergolong normal. BMI rata-rata sebelum hamil tuh sekitaran 20-21.

Baca juga : “Cerita Melahirkan Anak Pertama”

Hamil anak kedua naiknya 10 kg dengan rata-rata BMI naik dikit sekitar 22 hihihihi.

Baca Juga : “Proses Melahirkan Anak Kedua”

Kalau lihat chart di atas kayaknya kurang ya berat badannya. Tapi enggak kok, alhamdulillah normal. Anak pertama lahir dengan berat badan 3 kg, anak kedua lahir dengan berat 3.15 kg.

kenaikan berat badan ibu hamil

Naaaahhhh pas hamil anak ketiga naiknya sampai 18 kg kayaknya hahahahaha. Apesnya, si anak bontot ini lahirnya cuma 2.85 kg. Bener-bener lemak emaknya aje yang nambah :p.

Makanya gak terlalu berbanding lurus kenaikan berat badan ibu vs berat badan janin :). Jangan sampai ibunya aja yang naik beratnya tapi janinnya mandek :p.

Baca Juga : “Kisah Melahirkan Anak Ketiga”

Kenaikan berat badan ibu hamil sebaiknya bertahap. Biasanya di trimester pertama naiknya memang enggak banyak dan memang tidak perlu naik banyak. Kira – kira begini :

  • Trimester 1 : naiknya 1 – 2 kg saja (totalnya ya ini, jadi selama 3 bulanan awal berat badan naiknya minimalis saja0
  • Trimester 2 : kenaikan kira-kira 1-2 kg per bulan
  • Trimester 3 : nah ini naiknya itungannya udah per minggu, kira-kira 0.5 kg per minggu

Enggak usah saklek-saklek amat ngitungnya. Pokoknya disesuaikan kondisi ibu hamil dan janin, itu yang paling penting.

3- Khawatir berat badan kok naiknya dikit? Dont! Yang lebih penting diperhatikan adalah kondisi janin/bayi. Berat badan si janin juga dipantau. Jadi meskipun berat badan ibu seret kalau janin berkembang sesuai usia dan tidak ada kendala apa-apa ya tidak masalah ^_^.

Asal perhatikan kondisi ibunya ya. Kalau berat badan ibu seret dan si ibunya ternyata lemes atau mengalami gangguan kesehatan ya berarti memang ada masalah dan harus dicari solusinya.

Kalau berat badan ibu gak naik banyak, berat janin normal, dan kondisi ibu maupun janin sehat-sehat saja … berarti lanjooottt. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, yes? 😉

4- Makanya penting banget memantau berat badan ibu maupun berat janin secara berkala. Jangan males kontrol ke dokter atau bidan. Memasuki trimester ketiga apalagi. Kontrolnya sudah harus tiap minggu, tuh. Nanti biar dicatat perkembangannya oleh dokter atau bidan.

Tapi biasanya pas hamil, especially hamil anak pertama, selalu nafsu pengin ke dokter sih ya hihihi. Pengin ketemu dedek dalam perut. Pengin USG, nanti USGnya dipelototin saking penasarannya. Manalagi sekarang ada USG 4 dimensi. Wajah bayinya bisa lebih jelas.

Saya sendiri, dari anak pertama sampai ketiga, selalu kebagian USG 2 dimensi doang :D. Ga papa ya, untunglah sehat-sehat tiga-tiganya alhamdulillah.

 5. Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk makan sepuasnya karena kenaikan berat badan ibu hamil dianggap tidak ada batasannya. “Biarin ah endut kan makannya buat 2 orang.” Duh, tetep ada batasnya dong ya :D.

Hati-hati tetap ada penyakit yang mengintai bila berat badan naik secara berlebihan. Mulai dari ancaman tekanan darah tinggi, diabetes, badan gampang kram, malah jadi gak leluasa bergerak, dst dst dst.

Tetap makan sewajarnya. Kalau pun kalori bertambah, seharusnya hanya nambah 300-500 kalori perhari. Jangan nambahnya 2000 sampai 3000 kalori yaaaaaa hahahaha.

6. Gizi makanan tetap diutamakan ketimbang fokus ke volume. Daripada makan dibanyakin gila-gilaan, mending dijaga asupan gizinya. Demi perkembangan si dedek bayi, kesehatan ibu dan janin secara umum, juga menjaga kebugaran Ibu karena masih harus menghadapi proses melahirkan.

Dan ingat setelah melahirkan, masih panjaaaaaaannnggg perjalanan buibuuuu :D. Masih ada menyusui dsb. Makanya yang namanya asupan gizi itu kudu bener-bener dijaga deh.

7. Pokoknya berat badan enggak harus naik banyak. Naiknya pun boleh bertahap. Dan tidak harus terus-terusan naik loh. Walau biasanya di trimester ketiga bisa ngebut ke kanan tuh angka timbangan hehehe.