Pocari Sweat 2022 : My Virgin Half Marathon

Apa kabar duniaaaaa, cobak rapiin dulu debu-debu intan dari blog kesayangan kita semua iniiihhh #eaaaaa.

Banyak banget inih yang harus diupdate. Satu satu dulu, ya. Tentang hobi lari dulu. Tapi kayaknya yang hobi lari ini udah diupdate via postingan Pocari Sweat tahun lalu deh :D. Di akhir postingan Pocari Sweat tahun lalu, saya menulis “Next, akankah mungkin daku berlari sejauh half marathon. Aminkan saja dulu, yes? Aamiiiiiiiiiinnnn ;).”

 

Ternyata … beneran kejadian! Entah kusurupan apa inih tau-tau nekat daaaaaannnn di Pocari Sweat 2022 inilah menjadi ajang Virgin Marathon saya yang hasilnya … gagal dapat medali! Hahahahahha. Sekarang mah ngakak, padahal sejujurnya saya kecewa buanget buanget buanget loh.

Memang, cut off timenya tergolong “kejam”, cuma 3 jam saja. Pada umumnya ajang Half Marathon 3.5 jam sampai 4 jam. Tapi ya sudahlah, waktu itu daftarnya Maret, saya pikir masih ada 4 bulan kesempatan latihan.

Sebelumnya mau cerita dulu, euforia pasca Pocari Sweat 2021 lari 10 km dengan pace 8:25 itu sempat hancur berkeping-keping gegara cedera di suatu hari. Kayaknya sekitar sebulanan abis ajang Pocari, sekitar akhir bulan November, lari terlalu semangat eeee pulang-pulang sakit kepala super parah, muka pucet, dan muntah-muntah.

Abis itu agak trauma mau lari tapi sudah kadung hobi. Jadilah mulai cari tahu segala sesuatu tentang lari. Dan dari situ saya baru tahu yang namanya HEART RATE hahahahaha. Tolong dah ini, padahal itu pengetahuan super basic banget buat yang suka lari, yes?

Sejak itu saya larinya pelaaaaaaan, bener-bener liatin HR. Lari di zona 2, zona 3, kecepatan drop habis-habisan sampai pace 9 pun rasanya mau mati kalau lari huhuhuhu. Easy pace saya awalnya itu pace 12, ini lari apa jalan hahahahaha. Karena mempertahankan heart rate di zona 2 dan zona 3.

Tuh ngintipin Garmin mulu hahahahaha. Ini jepretan dari para fotografer BinLoop yang stand by di setiap pengkolan BinLoop :D.

 

Berbulan-bulan latihan buat Pocari, saya dodol banget enggak melatih pace 8 saya. Ada sih latihan-latihan interval sekali seminggu. Pas interval bisa pace 6 tapi itu udah kek mo pingsan gitulah hahahahaha. Padahal cuma pace 6 cobak :p.

Alhasil pas Pocari Sweat Bandung 2022, inilah yang terjadi :

Sehari sebelumnya tetap nekat easy run. Karena terlalu semangat, easy run kok tembus zona 4. Dodol bener dah. INi hari sabtu. Harusnya sih pas sabtu itu leyeh leyeh cantik aja jangan kebanyakan gaya mau easy run sagala rupa >_<.

Hari minggu subuh bangun dengan semangat. Malamnya memang agak gelisah tapi akhirnya bisa nyenyak juga. Namanya race offline pertama ye kaaannn :p.

 

Pas start tuh, kebawa sama pelari lain, kok tau-tau kenceng gitu. Abis repot di tengah-tengah. Belum juga 1 km, pas nengok HR laaahh dikit lagi mau orens, langsung panik gak jelas dan mulai jalan. Itu juga diprotes ama pelari lain karena dianggap mengganggu mobilitas mereka.

Akhirnya dari km kedua udah ketinggalan sama rombongan. Sibuk mengatur HR. Dan begitulah sisanya tuh lari-jalan-lari-jalan-lari-jalan. Saya udah pasrahlah gak bakal bisa finish 2 jam 59 menit (ini kira-kira pace 8:30). Jadi dari sejak 5 km awal tahu diri aja, yang penting finish aja dah.

Setiap HR melonjak di atas 170, saya otomatis jalan kaki, begitu HR di bawah 160 baru lari lagi. Kadang juga HR 162-165 udah enak dibawa lari. Begitu terus sampai finish hahahahaha.

Tapi memang nyaman banget sih. Kagak ada ngos-ngosannya sama sekali hahahahaha. Abis takut banget kalau sampai limbung di tengah jalan dan sakit kepala kayak yang waktu itu huhuhu.

Finishnya sempat kena bully, mungkin ini salah satunya yang bikin down banget. Ada yang nyorakin, “Makanye jangan maen daftar ajeeee, latihan lu!” Duh, sesek banget. Kesel pengin nimpuk tapi ya udahlah kenal juga kagak. Cuek aja eike jalan ke garis finish. Waktu itu HR sudah merah membara jadi jalan cantik aja menuju finish hihihi.

Soalnya saya latihannya lari itu bisa 4x seminggu, termasuk pas bulan puasa masih lari loh hehehe. Persiapan kira-kira 4 bulanan. SEmpat pakai pelatih tapi cuma sebulan. Project kantor soalnya nambah jadi gak sempet lagi bagi waktu buat latihan khusus dengan pelatih. Jadi nekat lah latihan sendiri aja. Gak pakek training plan. Bener-bener lari sesuka hatinya, kebanyakan easy run banget :p.

Salah satu momen latihan lari bareng eneng-eneng BinLoop-er hehehe

 

Cuma ya memang kesalahan fatal, speed training kurang banget. Dan hampir enggak pernah nyobain lari di pace 8 an lagi. Pace 9 aja udah engap hahahahaha.

My virgin half marathon, finish di 3 jam 21 menit, kira-kira pace 9:30.  Di garis finish sudah disambut my girls yang udah finish duluan, Caca & Ani, tim 10K, dan Iyut, sama-sama ikutan HM tapi dese berhasil finish 3 jam kurang dikit. Congrats! ^_^. Padahal Iyut baru abis kena covid loh.

Sediiiiiihhhh, cuma gue dah yang gak dapet medali huhuhu

 

Memang sukar banget berdamai dengan rasa kecewa. Ada kali semingguan saya enggak mau liatin IG soal tips tips lelarian segala macam, bener-bener macam terpukul banget. Harapannya sih mau finishnya jangan jauh-jauh dari 3 jam gitu. 3 jam 10 menit kek maksimal. Tapi ternyata …. huhuhu.

Sempat ada rasa gemes juga. Kenapa sih ketakutan banget. Harusnya hajar aja dulu, lakukan sampai pol-polan. Virgin Half Marathon ini kagak berasa ngos-ngosannya. Alhamdulillah kaki pegel dikit aja, dibawa tidur dikit pas sore-sore nyampe Jakarta lagi udah seger lagi.

Memang trauma banget saya lari di HR zona merah.

Tadinya malah enggak mau posting, tapi sekarang sudah berdamai. Pasca Pocari Sweat 2022 saya tetap rutin lari kok. Cuma sekarang anak-anak udah sekolah offline. Larinya paling 2x seminggu. Angkat beban jadi 2x seminggu lagi. Sebulan jelang race sempet cedera pinggang jadi saya berhentiin latihan bebannya.

Kecewa boleh tapi jangan putus asa, ya. Saya masih semangat pengin nyobain race offline lagi. Mungkin enggak dalam waktu dekat ini. Mau coba ubah menu latihan. Mau maksain diri lari di pace target, jangan melulu patokan HR. Bisa auto stres hihihi. Sekarang malah nyoba lari tanpa liat Garmin. Garmin tetep pake, cuma gak ditengok-tengok dulu sampai selesai. Belajar ngandelin feeling.

Anyway senengnya karena ke Bandung jadi acara me-time dengan my girls, Bintaro Looper eks Bunda of Arabia hehehe. Formasi sama kayak tahun lalu. Sehari sebelumnya kita ngerumpi, jalan-jalan, makan-makan carbo loading, nongkrong-nongkrong, seruuuuuu.

Mungkin tahun depan impiannya Maybank Marathon yang di Bali, aamiin. Tetep mau nyobain Half Marathon :p. Masih penasaraaaaaaaannnnn hehehehe.

Belum kepikiran sama sekali mau FULL MARATHON, ya kaleeee, turunin HR dulu kali  Buk :p.