Pocari Sweat Run 2021 : Lari di Mana Aja (Virtual Run)

Life begins at 40 …. and run begins at 41 hahahaha.

Saya mulai belajar lari itu sekitar bulan Maret tahun ini. Gak kepikiran bakal rajin lari soalnya dari dulu kayaknya paling enggak bisa dah kalo disuruh lari :p.

Sebelum lanjuuuut, monggo disimak dulu versi vlognya πŸ˜€

Sempet sih rajin lelarian pas masih gadis. Kalau nge gym pasti nyobain treadmill, soalnya alat itu doang yang kayaknya paling familiar ya hahaha. Biasanya setengah jam lari-lari di atas treadmill. Bisa sampai pace 6, kadang sempet pace 5 beberapa menit.

Tapi ya udah gitu doang. Enggak ke mana-mana kemampuannya sampai akhirnya berhenti kerja dan berhenti nge-gym.

Belasan tahun kemudian mulai lari lagi. Dari awalnya lelarian 3 kilo an udah pengap, pace juga mentok 10. Padahal kalau jalan kaki pas di Ireland tuh, pace saya bisa 9,45 loh hahahaha.

Sempet berhenti lari setelah bulan Mei karena kehabisan motivasi. Terus diajakin temen ikutan race Pocari Sweat di bulan Oktober tanggal 24, barulah awal Oktober mulai lari-lari lagi.

Gaya beud, langsung ikutan yang 10K. Baru refresh lari lagi, paksain sampai 10 kilo. Setelah race tadi pagi kok ya kepikiran lucu juga kali ya nyobain marathon. Half marathon aja dulu kapan-kapan, someday next year? :D.

Hampir sama dengan semua hal di dunia ini, paling berat pas lari tuh MULAInya. Di awal-awal, kira-kira 1-2 kilometer pertama, kayaknya adaaaa aja yang berasa sakit hahaha. Tau-tau rasa pengin pipis lah, jempol kok rasanya nganu lah, lutut kok nyeri, napas juga masih dicari-cari iramanya yang pas.

Tapi begitu masuk kilometer ke-3 dan seterusnya sudah mulai nyaman.
Memang ada banyak sekali teknik-teknik berlari bertebaran di youtube. Mulai dari mengatur napas, postur tubuh, melatih pace, bla bla bla blu blu blu.

Tapi yang paling harus dikuasai itu melatih mental sendiri.
Berat banget melawan rasa pengin berhenti lari. Iya kaaan? Melawan pikiran sendiri. Because you can always find a million reasons why you should just stop :

“Ish, udah mau manula kok masih lari-lari aja. Masih banyak kerjaan lain lebih penting! Brenti aja!”

“Ngapain sih capek-capek lari. Pulang gih ngurus anak di rumah!”

“Duh, kayaknya mau pingsan deh ini. Udahan aja kali, ya.”

“Eh, kok kayaknya napas udah mau putus. Yuk, yuk, brenti aja, brenti!”

Perjuangan keras itu nanti terbayar lunas everytime mencapai finish dari jarak tempuh yang dicita-citakan. Setiap kali Garmin ngasih tahu, “Lap 10 sekian-sekian menit”, rasanya puaaasss banget. Bukan karena speed atau jauhnya tapi kebanggaan mengalahkan diri sendirinya itu loh, Gaaaeeesss <3.

Musuh terbesar itu ya diri sendiri :D.

β€œThe real competition is against the little voice inside you that wants to quit.”— George A. Sheehan

Keseruan lari bareng temen-temen BinLoop-Girls tadi pagi nih. Pocari Sweat Run 2021, LARI di MANA AJA. Offlinenya berlangsung di KOta Bandung. Sementara virtual run boleh dari mana saja.

Dengan kecanggihan aplikasi ana unu, sampe pusing harus sinkronisasi aplikasi ini itu (hahaha), virtual run menjadi tren baru di era pandemi ini. Tetep bisa lelarian dalam race kitaaaahhh :D.

Bangun sebelum azan subuh biar bisa ngejar berangkat pagi. Pengin finish sebelum terik. Jadi gelap-gelap udah ribet pemanasan di teras hihihi, pukul 05.15 mulai lari muter-muter di BinLoop.

Finish sekitar jam 06.40, gagal mencapai pace 7 an nih huhuhu. Mentok di pace 8,39. Gak papalah tetap jadi personal best so far.

Ngumpul ama the girls setelah finish, karena kita startnya beda-beda titik dan beda-beda waktu. Somehow nyangkut sebentar haha hihi foto-foto :D. Setelah itu baru pulang dengan paha pegel-pegel :D.

Next, akankah mungkin daku berlari sejauh half marathon. Aminkan saja dulu, yes? Aamiiiiiiiiiinnnn ;).