Ibu Hamil Kurus tapi Janin Besar, Gimana Tuh?

Reminiscing masa-masa hamil anak pertama, nih hehehe. Waktu itu masih kerja kantoran. Jadi tiap hari ketemu lumayan banyak orang dan rentan dapet komen-komen.

“Loh, kok kurus sih lu pas hamil? Bayinya gimana tuh?” atau “Wah, kalo hamil harus segeran say, harus montok biar bayinya juga sehat” dst dst dst

Dulu galau banget gimana ini ibu hamil kurus begini apa mungkin janinnya berukuran normal?

Baca Juga : “Hamil Anak Pertama (14 Minggu), Hamil kok Makin Kurus?”

Status hamil dikenal dengan istilah berbadan dua. Salah satu maksudnya ya karena ada “badan” lain yang sedang bertumbuh dalam rahim calon Ibu. Badan si janin maksudnya. Maka sangat wajar kalau ekspektasi orang terhadap ibu hamil adalah ukuran tubuh yang lebih besar.

Pas hamil pertama, karena didera mual muntah dahsyat-syat-syat (huhuhu), berat badan pas trimester pertama anjlok maksimal. Bayangin, dari berat badan sebelum hamil 51 kg, usia kehamilan belas-belas minggu pernah drop sampai 46 kg. Loss 5 kg.

Keluar darah saat hamil muda
Gambar : informasitips.com

Baca Juga : “Hamil Anak Pertama 19 minggu : Habis Kontrol Kok Tetep Kurus Huhuhu”

Panik? Ya lumayan hehehe. Tapi daripada galau, apa-apa ditanyain ke Bu Dokter, yes? Biar lebih tenang dan infonya insya Allah akurat.

Sebenernya kata Bu Dokter saat trimester pertama, janin mendapatkan makanan itu BELUM full dari apa yang dimakan oleh ibu hamil saat itu. Aduh ya saya lupa-lupa ingat, CMIIW, katanya janin saat minggu-minggu awal mendapatkan nutrisi dari pecahan lemak dari tubuh Bumil.

Jadi kalau mengalami sulit makan saat trimester pertama, imbas dari mual muntah parah, jangan terlalu takut. Tentu harus tetap berusaha memenuhi nutrisi buat calon Ibu, tapi untuk bayi, nutrisinya masih bisa ketolong.

Baca Juga : “5 Tips Menghadapi Mual Muntah Saat Hamil Muda”

Makanya saat baru rencana mau hamil pun, asupan gizi si calon Ibu harus diperhatikan. Konsumsi asam folat vitamin mineral yang penting segala macam sebaiknya DIMULAI saat belum hamil, atau sedang merencanakan kehamilan. Di minggu awal kehamilan, janin mengkonsumsi pecahan lemak si Ibu yang berasal dari timbunan nutrisi sebelum-sebelumnya.

Nanti masuk trimester kedua, plasenta mulai terbentuk sempurna, janin dapat nutrisinya LIVE. Artinya, apa yang dimakan Ibu saat itu pengaruhnya besar.

Sekali lagi CMIIW ya, mohon dikonsultasikan ulang ke obgyn atau bidan terkait *sungkem*.

Yang dikhawatirkan saat berat badan anjlok pas hamil kan kondisinya bayinya, ya? Tapi seperti yang saya jelaskan di atas, jangan dibawa panik. Tetaplah berusaha makan makanan bergizi seoptimal mungkin sambil dinikmati masa mualnya.

Jadi memang enggak perlu makan segabruk-gabruk. Apalagi pas masih hamil di trimester pertama ;). Gizinya yang diprioritaskan hehehe.

Begitu masuk trimester kedua dan ketiga, barulah kuantitas harus diperhatikan. Memang makannya secara jumlah harus bertambah. Tapiiiiiii nambahnya tuh bukan yang minimal harus 2x lipat yaaaaa hahahaha.

Baca Juga : “Mual Muntah Saat Hamil Kapan Hilangnya?”

Kalau tidak salah hanya perlu 300-500 kalori harian buat calon Ibu. Jangan sampai bablas nambahin sampai 1000 an kalori lebih :p.

Bagaimana dengan pengaruh berat badan calon ibu vs berat badan janin? Ternyata enggak berbanding lurus kooookkk hehehe. Jadi jangan dikira kalau makan banyak dan berat badan ibu naik otomatis janinnya juga gede, ya. Enggak juga.

Tapi ada juga kasus yang sebanding gitu. Kalau saya malah mengalami sebaliknya hahaha. Nih, saya bandingkan pas hamil anak ke-2 dan ke-3. Karena berat badan bayi pas lahir tuh ada di anak kedua saya. Dan berat badan bayi lahir paling mungil ternyata si anak ketiga.

Bayangin ya, kenaikan berat badan saya pas hamil anak ke-2 cuma 9 kg aja. Dari 51 kg ke 60 kg. Waktu lahir, berat badan si bayi lumayanlah, 3.15 kg. Enggak kecil enggak gede, sedeng lah ya.

Begitu hamil anak ke-3, dahsyat naiknya hihihi. Sampai-sampai saya udah takut menimbang berat badan pasca hamil 35 minggu. Abisnya naik terus hahahaha. Terakhir tuh mencapai 70 kg. Anggaplah pas melahirkan bisa 71-72 kg. Berat badan sebelum hamil waktu itu 53 kg.

Kenaikan berat badan saya pas hamil anak ketiga mencapai 18-19 kg. Sementara pas melahirkan, berat badan si adek cuma 2.8 kg! Hadeeeehhhh hahahahaha. Zonk banget itu makan banyak larinya ke lemak emak kabeeehhh :p.

Mana waktu melahirkan si anak ketiga ini domisilinya di Irlandia. Bayi orang lokal gede-gede banget. Rata-rata di atas 3.5 kg. Si dedek mungil sendiri diantara bebi-bebi raksasa hihihi.

Baca Juga : “Melahirkan Anak Ketiga di Irlandia”

Alhamdulillah sih, keduanya lahir dalam keadaan sehat, hingga kini tetep sehat ^_^. Masing-masing sudah berumur 10 dan 6 tahun hehehehe.

Dengan melihat kedua contoh kehamilan saya di atas, tentu jelaaaassss, sangat memungkinkan ibu hamilnya kurus tapi janinnya bisa jadi besar. Mungkin gak besar-besar banget, toh kita penginnya yang normal-normal saja, yes?

Jadi jangan jadiin alasan ya untuk males mengontrol nafsu makan saat hamil, “Biar dedeknya gede dan sehat” hehehe.

Tetap prioritaskan makan makanan padat gizi bermanfaat. Jangan juga makan ditahan-tahan. Inget loh, tetap harus ada kalori tambahan yang kita konsumsi dibanding saat masa-masa belum hamil.