tara salvia bintaro review

Tara Salvia : Sekolah Idola di Bintaro

Tara Salvia ini memang sudah lama kedengeran sebagai salah satu sekolah idaman para orang tua di area Bintaro dan sekitar. Kalau anak-anaknya belom tau deh ya. Ada surveynya gak? Hehehehe. Soalnya kan yang nyari dan nentuin sekolah kan para ortu biasanya.

Kebetulan tetangga depan kompleks anaknya juga masuk Tara Salvia. Sebenernya mereka inginnya masukin anak ke Sekolah Cikal di BSD. Cuma jauuuuuhhhh huhuhu. Uang tol kalo dikaliin kan lumayan juga tuh.

tara salvia bintaro review

Ambil Formulir pun Cukup Ketat

Poin pertama ini salah satu bukti nyata kalau sekolah ini termasuk incaran utama para orang tua di area sekitar.

Untuk ambil formulir pun persaingannya lumayan juga. Konon kudu dari subuh. Walau sistemnya online tetep rebutan. Saya tidak mencoba sih. Soalnya memang sejak awal saya mencari sekolah yang pengantarnya Bahasa Inggris. Terkait anak-anak baru pertama kali ini sekolah di Indonesia.

Waktu lari di BinLoop juga papasan dengan teman kuliah yang tinggal deket sini, dese pun cerita sempat mau masukin anak ke Tara Salvia tapi ya ngeri sama persaingannya hehehehe.

LOKASI

Alamat :  Jl. Menjangan Raya No.9, Sawah Lama, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

Ini dia salah satu faktor pendukung mengapa kami sama sekali enggak survey ke sana (selain masalah bahasa). Lokasinya relatif jauh dari kediaman kami. Tapi katanya sih jalan alternatif ke sana enggak macet kok.

Sudah terbiasa juga di Ireland cap cuuusss nyetir ke sekolah cuma 5 menit jadi bayangin ke sekolahan bisa makan waktu 30 menit aja udah gentar. Padahal kata teman teman di sini 30 menit lah oke oke aja, masih relatif wajar untuk ukuran Jabodetabek.

Akun Instagram Sekolah ada di sini, ya.

Biaya Sekolah

Langsung saja masuk ke salah satu poin penting ini hehehehe :p

Untuk tahun ajaran 2021 biaya sekolah sebagai berikut (catatan : mungkin di tahun-tahun ke depannya biasanya ada kenaikan) :

  1. Formulir  dikenakan biaya 750 ribu rupiah. Ada pilihan untuk pendidikan inklusi juga (sama seperti Sekolah Tunas Indonesia yang menyediakan kelas inklusi). Formulir inklusi 300 ribu rupiah.
  2. Deposit : 5 juta rupiah
  3. Development Fee : Rp.43,800,000 untuk yang mulai dari kelas 1 SD (sampai kelas 6 ini). Kalau masuk di tengah biasanya tidak sebesar ini, nanti ditanya aja langsung ke sekolah. Biasanya juga dipotong gak banyak-banyak sih. O ya, yang 5 juta sudah include dalam biaya ini.
  4. SPP bulanan : 2,25 juga rupiah/bulan
  5. Uang kegiatan : 3,5 juta rupiah (ini tahunan ya).
  6. Ada biaya seragam. Kalau gak salah di bawah satu juta kok ini uang seragamnya.

 

Kurikulum dan Bahasa Pengantar

Kurikulum yang digunakan Tara Salvia adalah kurikulum nasional. Bahasa pengantar full bahasa Indonesia. Kecuali mata pelajaran Bahasa Inggris yang tentunya menggunakan bahasa Inggris.

Penentuan nilainya sih katanya berimbang jadi tidak melulu nilai akademis saja. Nanti sistem penilaian ada yang berbentuk narasi. Mirip sama rapor anak-anak di Irlandia kayaknya ini. Tapi kalau di Ireland, rapornya pakai rate 1 sampai 5, gak ada angka A, B, C atau nilai 0-100 sih hehehehe.

Fokus ke pendidikan karakter katanya juga lebih terasa di pendidikan ala sekolah Tara Salvia ini. Banyak itu testimoni para orang tua yang menyekolahkan anak di sini. Coba digali-gali di forum-forum situs The Urban Mama atau Mommies Daily. Cuuussss digoogling :D.

Sistem Belajar yang Lebih Menyenangkan

Kalau dari testimoni para orang tua, Tara Salvia ini sistem belajarnya cukup rileks buat anak-anak. Tugas- tugas kebanyakan dikerjakan bareng bareng di sekolah. Jadi PR individu itu kadang kadang saja. Tidak ada semacam PR reguler.

Juga yang sering disebut-sebut adalah soal keberagaman keyakinan. Tara Salvia punya komitmen lebih untuk meningkatkan toleransi dalam perbedaan keyakinan. Poin ini sangat cocok di saya ;). Saya memang menghindari memasukkan anak-anak ke sekolah yang cenderung “homogen”, terlebih dalam masalah keyakinan beragama.

Tapi tentunya masing-masing orang tua terkait hal ini punya pertimbangan sendiri-sendiri ya ^_^. Dan itu tidak masalah sama sekali :).

Daya Tampung Sekolah

Di tahun ajaran terbaru saat itu (2021/2022), Tara Salvia akan membuka 3 kelas untuk angkatan barunya. Soalnya beberapa tahun lalu cuma ada 2 kelas. Sekarang ditingkatkan jadi 3 kelas.

Jumlah siswa maksimal 24 orang per kelas dengan jumlah guru berimbang. Karena sekolah ini cukup mengutamakan kemampuan anak dalam berkelakuan baik secara sosial dan individu (gak hanya fokus pada nilai nilai akademis), tentunya guru harus lebih ekstra dalam urusan pengawasan.

Makanya SIKAP dan TINGKAH LAKU termasuk salah satu penilaian utama di sekolah.

Jam Sekolah

Soal jam sekolah kayaknya standar saja ya. Untuk yang offline class dimulai pukul 07.30 pagi sampai 13.00 siang (untuk kelas 1 dan 2). Untuk tingkat di atasnya sepertinya sampai jam 14.00 siang.

Untuk online class selama pandemi, kelas 1 dan 2 hanya belajar selama 2 jam. Screentimenya 30 menit. Entah gimana ini penerapannya maksudnya. Kalau gak screentime, bagaimana cara guru memantau anak-anak ini saya masih kurang paham. Atau mungkin standar saja ya, mengerahkan ortu masing-masing di rumah? Hihihihihi.

Segitu dulu informasi soal sekolah Tara Salvia. Semoga membantu buat para ortu yang lagi hunting sekolah anak. Memang harus detail dan sabar ya, Dads and Moms ^_^.