Bakti Mulya 400 : Review SMP BM400

Bakti Mulya 400 ini ternyata sekolah Islam loh hehehe. Saya juga baru tahu pas survey ke sana. Tapi Islam moderat gitu, kok. Misalnya jilbab tidak wajib bagi siswi perempuan (dari SD sampai SMA gak wajib, tapi kalau mau pakai ya monggo banget).

Semoderat-moderatnya, tetap saja sekolah ini tidak menyediakan pelajaran agama untuk siswa-siswi beragama non muslim huhuhu. Ya udahlah. Tapi mereka ini bukan yang modelan Sekolah Islam Terpadu yang wajib hafal-hafalan surah gitu-gitu. Slogannya : sekolah Islam-Nasionalis semacam itu.

Lab sains SMP Bakti Mulya 400

Website sekolah resmi bisa dicek di sini.  

Saya mengambil foto-fotonya dari website saja, ya. Waktu survey ke sana lagi jam sekolah, enggak enak mau jepret-jepret sembarangan. Lagi rame jam istirahat.

Ekskul tahsin (pelajaran mengaji) tetap ada tapi sesuai level kemampuan masing-masing, gak ada pengecekan hafalan bla bla bla.

Bakti Mulya ini CAMBRIDGE TERSERTIFIKASI, yes? Saya kira lokasinya satu gedung dengan SD -nya di daerah Pondok Indah. Eh, ternyata beda lokasi.

Gedung SMP Bakti Mulya 400

Lokasi SMP dan SMA Bakti Mulya 400 ini lumayan terjangkau dari Bintaro karena di pinggir jalan tol banget. Tinggal Exit di Pondok Pinang, ngelewatin 1 apa 2 lampu merah terus muter balik, lurus dikit, nyampe deh.

Alamat lengkapnya dari SMP dan SMA Bakti Mulya 400 : Jl. R.A. Kartini – Pondok Pinang – Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12310

Saya pecah jadi 2 postingan aja ya,  sekarang kita bahas SMPnya dulu.

KURIKULUM SMP BAKTI MULYA 400

Untuk SMP Bakti Mulya 400, kurikulum yang ditawarkan ada 2 :

1-  Cambridge (ICGSE, yang tentunya sudah tersertifikasi), dengan jenjang pendidikan 3 tahun.

2- Sistem SKS 2 tahun dengan jenjang pendidikan sesuai dengan judul kurikulumnya ya 2 tahun hehehehe. Ini buat yang pengin SMP-nya ngebut :D. Nanti bisa dilanjutkan ke Sistem SKS 2 tahun untuk SMA. Jadi SMP-SMA cukup 4 tahun  saja.

FASILITAS & BIAYA SMP BAKTI MULYA 400

Untuk kurikulum Cambridge, biayanya sebagai berikut (ini untuk lulusan SD dari luar Bakti Mulya 400 ya, kalau alumnus SD BM400 tentunya lebih murah hehehe), untuk tahun ajaran 2023/2024 :

Uang Pangkal : 40 juta rupiah (gelombang 1), untuk gelombang 2 dan 3 masing-masing nambah 1 juta rupiah dari gelombang sebelumnya.

Uang tahunan : sebesar 10 juta rupiah

Uang SPP / dibayarkan per bulan : 3 juta rupiah

Fasilitasnya apa saja dengan biaya segitu?

1- Uang seragam sudah INCLUDE. Jadi enggak usah ribet-ribet bayar-bayaran lagi. Nah, kalau di Mentari Bintaro masih kudu keluarin duit buat seragam-seragam an.

2- Untuk SMP, akan dibagikan iPad untuk tiap anak. Wow banget kan hehehe. Ini juga sudah termasuk dalam biaya di atas. Tidak ada lagi biaya tambahan.

3- Ekskul sudah termasuk! Asyik kaaaaannnn :D. Tidak ada lagi biaya tambahan untuk ekskul apa pun.

Infrastruktur kelas dan gedung secara umum ok lah. Walau menurut saya masih lebih bagus Mentari Bintaro sih hehehe.

Di tiap kelas sudah menggunakan digital board. Nanti bisa terhubung ke iPad masing-masing anak. Lapangan olahraga lengkap. Laboratorium pastinya ada. Kamar kecil/toilet bersih. Waktu survey, gedung SMP lagi direnovasi sedikit. Jadi mungkin agak kurang rapi. Tapi nanti kalau sudah selesai, pastinya lebih ciamik.

Fasilitas lab komputer di SMP Bakti Mulya 400

Kalau dari segi biaya, untuk ukuran Cambridge tersertifikasi dan lokasi yang strategis begini, TERMASUK MURAH loh hehehehe. Mentari Bintaro saja fyi SPP bulanan tahun ajaran 2023/2024 itu sekitar 4,5 juta rupiah per bulan, belum termasuk seragam, belum termasuk ekskul. Seragam beli terpisah, ekskul ada yang gratis ada yang bayar dan tidak wajib ekskulnya di Mentari.

JAM BELAJAR & KEGIATAN EKSKUL DI SMP BAKTI MULYA 400

Kegiatan ekstrakurikuler ini bukan PILIHAN melainkan WAJIB. Jadi setiap senin-jumat akan selalu ada kegiatan ekskul buat siswa siswi SMP. Setiap jam pelajaran sekolah langsung dilanjutkan dengan ekskul.

Kalau ngeliat anak-anak yang sudah terpenjara ama gadget, gue mending dah mereka ekskul di sekolahan aja hehehe. Toh juga ekskulnya bukan yang susah nan ribet. Sekalian biar gaul dengan teman-teman dari kelas lain. Karena di BM 400 ada yang namanya KOLABORASI, nanti daku jelasin di bawah, ya.

Lapangan SMP Bakti Mulya 400

Masuknya jam 7 pagi, pulang jam 4 sore. Shalat Zuhur dan Ashar berjamaah di sekolah.

Ekskul ini ada yang reguler seperti misalnya Pramuka tiap Rabu. Seperti saya sebutkan sebelumnya, sekolah ini mengusung slogan “sekolah  nasionalis” jugak. Selain Pramuka, Upacara Bendera juga diadakan secara reguler dan wajib diikuti oleh semua siswa dan siswi serta guru-guru.

Kalau enggak salah, selasa dan kamis itu ekskulnya TAHSIN (belajar mengaji). Murni belajar aja tidak ada keharusan harus berada di level-level tertentu dan tidak ada kewajiban menghafal. Kalau mau menghafal ya akan di-encourage juga kok :).

Senin dan jumat, ekskul kesenian dan olahraga, silakan dipilih sesuai minat masing-masing.

Ekskul di SMP BM400 Jakarta

Ada ekskul yang sifatnya kekinian … PODCASTER! Hehehe. Duh, jadi pengin sekolah lagi akutu hahahaha.

SISTEM KOLABORASI

Bakti Mulya 400 berusaha untuk meningkatkan kemampuan individu setiap siswa/siswi seoptimal mungkin. Sampai-sampai kalau ada siswa (minimal 3 orang) berminat di ekskul tertentu yang belum diadakan di sekolah, maka sekolah akan menyiapkan ekskul tersebut.

Hal menarik lainnya … Sistem Kolaborasi!

Jadi, nanti dalam tugas-tugas kelompok baik di mata pelajaran sekolah dan kegiatan ekskul, anak-anak akan dikelompokkan secara RANDOM, bukan hanya bekerja sama dengan teman-teman di sekelas saja. Jadi kemungkinan besar biar akrab dalam satu angkatan walau beda-beda kelas. Seru yaaaa ^_^.

Waktu survey dan wawancara dengan pihak sekolah, terlihat banget kalau sekolah ini tidak hanya menyanjung prestasi akademis tapi juga akan membantu seoptimal mungkin pengembangan kemampuan ekstrakurikuler.

****

Sekian review SMP Bakti Mulya 400 ya gengs, semoga bisa membantu buat temen-temen area Jakarta Selatan dan sekitar (termasuk warga Tangsel including Bintaro hihihihi).

Untuk review sekolah-sekolah internasional lain di BIntaro dan sekitar, bisa dicek di link yang ini yes? 😉