Kenapa Ya Kereta Api Masih Jadi Pilihan Orang yang Mau Liburan?

Naik kereta api, tut tut tut. Siapa hendak turut …Ke Bandung, Surabaya. Bolehlah naik dengan percuma …

 Lagu jadul, Gaeeessss hahhahaha.

Auto nyanyi, yes? Ya, gak salah sih. Karena lagu Naik Kereta Api kayaknya semua orang di Indonesia pasti udah tau. Meskipun kereta sekarang juga dijadikan sarana transportasi sehari-hari, khususnya di Jakarta, tapi yang identik tetaplah naik kereta api saat berwisata.

Liburan atau jalan-jalan menggunakan kereta api memang masih menjadi pilihan utama bagi beberapa orang. Apalagi, untuk masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa. Hampir semua provinsi memiliki stasiun yang bisa disinggahi kereta jarak jauh. Misalnya, Gambir di Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Tugu di Yogyakarta, Stasiun Gubeng di Surabaya, dan masih banyak lagi.

Ngomongin soal berwisata memakai kereta api, kira-kira apa aja sih alasannya alat transportasi yang satu ini masih jadi pilihan untuk orang-orang yang ingin liburan? Buanyaaaaakkkk :D.

Murah

Jaman sekarang, siapa sih yang gak mau sama hal-hal yang berbau murah. Entah itu makanan, pakaian, gadget, termasuk sarana transportasi. Liburan naik kereta api tentu saja jauh lebih murah ketimbang bepergian dengan pesawat terbang. Kalau dibandingkan dengan bis, bisa lebih mahal atau lebih murah, tergantung kelas bis dan keretanya. Tapi, sudah pasti perjalanan naik kereta jauh lebih cepat ketimbang naik bis.

Gambar : pixabay.com

Pesan Tiket Mudah

Udah gak jamannya lagi beli tiket kereta harus antre di loket, bahkan jauh sebelum loket tersebut buka. Sekarang, beli tiket kereta api bisa secara online, salah satunya melalui Traveloka. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dan nyaman saat mau membeli tiket kereta. Gak perlu antre panjang, gak perlu berdesakan, cukup bermodalkan laptop atau smartphone, bisa beli tiket kereta api. Bahkan pembayarannya pun gak kalah mudah, bisa lewat ATM, minimarket, atau mobile banking.

Nyaman

Kereta api, khususnya kelas ekonomi, memang pernah menjadi momok tersendiri bagi para masyarakat. Kalau kamu penasaran, bisa cari tahu bagaimana potret naik kereta ekonomi pada zaman dulu. Penuh sesak, tak bisa duduk, bahkan tak jarang yang harus rela berada di sambungan gerbong selama perjalanan.

Nah, hal seperti itu sekarang ini sudah tidak ada lagi. Bahkan kalau kamu pergi berwisata naik kereta api kelas ekonomi, kenyamanan akan tetap kamu dapatkan. Tidak ada lagi saling berdesakan, semua pemilik tiket pasti mendapatkan duduk, dan kenyamanan-kenyamanan lainnya.

Lebih Bebas Ketimbang Naik Pesawat

Keunggulan bepergian dengan kereta api dibandingkan dengan pesawat terbang adalah soal kebebasan. Kita sama-sama tau, aturan yang ada ketika kita ingin naik pesawat terbilang sangat ketat. Sementara saat naik kereta, aturan tentu tetap ada, tapi tidak seketat saat berada di pesawat terbang.

Salah satu contohnya adalah soal penggunaan smartphone. Demi keselamatan, kamu tidak diperbolehkan untuk menyalakan pesawat saat berada di penerbangan. Sementara di kereta api, kamu bebas menyalakan smartphone sepanjang perjalanan. Kemudian, kamu bisa berjalan-jalan dengan cukup leluasa ketika naik kereta api, yang tidak bisa kamu lakukan saat melakukan penerbangan.

Sudah Berwisata Meski Belum Sampai Tempat Tujuan

Saat kamu naik kereta api dari Jakarta ke Jogja, sebetulnya kamu sudah berwisata bahkan sebelum sampai di tujuan. Maksudnya, selama di perjalanan menggunakan kereta api, kamu bisa melihat pemandangan yang cukup beragam. Mulai dari kawasan pertanian, perkebunan, hingga pegunungan. Jadi meskipun perjalanan  kamu saat naik kereta cukup lama, akan terasa sedikit terobati dengan pemandangan yang bisa kamu nikmati.

Cukup Leluasa Membawa Barang

Buat kamu yang sering membawa barang dalam jumlah banyak saat bepergian, kereta api adalah sarana transportasi yang paling cocok untuk kamu gunakan. Kenapa? Karena di kereta api kamu lebih leluasa saat membawa barang-barang.

Jika bepergian dengan pesawat terbang, barang bawaan kamu akan dibatasi, dan dikenakan biaya tambahan jika melebihi batas yang sudah ditentukan. Sementara di kereta api, selama barang bawaan kamu tidak mengganggu penumpang lain, masih diperbolehkan.

Itu tadi beberapa alasan kenapa kereta api masih menjadi pilihan banyak orang yang ingin liburan. Kereta api bisa memberikanmu harga murah sekaligus anti ribet. Kira-kira, kamu punya alasan tersendiri gak nih kenapa memilih bepergian menggunakan kereta api?

Nah, ngomong-ngomong soal liburan, kamu sudah punya rencana liburan belum nih dalam waktu dekat? Kalau belum, bisa mempersiapkan semuanya lewat Traveloka loh! Mulai dari tiket kereta api, akomodasi, atraksi wisata, sampai makanan-makanan unggulan di tempat liburan. So, jangan lama-lama berpikirnya, langsung deh pergi liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *