sekolah internasional di bintaro serpong

Sekolah Internasional di Bintaro dan Sekitar (Bagian 1)

Sebenarnya waktu nyariin sekolah internasional di Bintaro buat anak pas kami masih di Irlandia, surveynya ngandelin Google aja hihihi. Karena suami keterima kerja di Jakarta itu sekitar bulan Desember.

Saya dan anak-anak masih stay di Irlandia, rencana sampai Juni 2020. Suami pulang duluan sejak Februari.

Oh ya, khusus untuk TK internasional di Bintaro sudah ada postingannya khusus ya ;).

Pilihan sekolah internasional di Bintaro akhirnya jatuh ke Mentari Intercultural School di Bintaro. Tadinya mau ke Mentari CIpete, tapi muaahaaaallll, gak sanggup euy 3 anak di sono hahahaha :p.

Bedanya apa sih Mentari Cipete vs Mentari Bintaro? Beda kurikulumnya!

Jadi secara umum ada 2 kurikulum yang umum digunakan oleh sekolah-sekolah internasional di Indonesia :

  1. Kurikulum IB (International Baccalaureate)
  2. Kurikulum Cambridge International
  3. Satu lagi sih, Highscope ini beda sendiri kurikulumnya dari 2 yang di atas.

Yok, kita bahas satu persatu dulu sebelum masuk ke list sekolah internasional di Bintaro dan sekitar. Biar kita telisik dulu dua kurikulum ini gimana-gimananya ;).

1- Kurikulum IB

Mentari Cipete sudah standar IB (International Baccalaureate). Hanya beberapa sekolah di Indonesia yang standar IB. Ini sertifikasinya memang internasional. Bisa dibilang kurikulumnya sudah enggak terlalu mixed lagi dengan kurikulum nasional. CMIIW, ya.

Sekolah internasional kurikulum IB mirip dengan kurikulum yang diterapkan di negara-negara Eropa.

Di Jakarta daftar sekolah internasional standar IB antara lain :

  • Binus International di daerah Simprug, Jakarta Barat
  • Mentari Intercultural School (Cipete), Jakarta Selatan
  • ACG School Jakarta
  • Sekolah Cikal di Cilandak, Jakarta Selatan
  • dll

PERLU DIPERHATIKAN juga, sekolah yang sama tapi lokasi berbeda kurikulumnya bisa beda.

Contoh pertama : Binus Simprug vs Binus Serpong. Sama-sama dari bernaung di bawah nama Bina Nusantara dan yayasannya juga sama deh ya kayaknya, tapi KURIKULUM beda.

Binus Simprug pakai IB, sementara Binus Simprug pakai Cambridge.

Misalnya lagi ya Mentari Intercultural School tadi itu. Lokasi ada 2 : Cipete dan Bintaro.

Yang di Cipete sudah basis IB, sementara Mentari Bintaro menggunakan Cambridge International.

sekolah internasional di Bintaro

Apa sih kurikulum Cambridge itu? Mari kita bahas poin ke-2 ini :D.

2- Kurikulum Cambridge

Satunya lagi adalah sekolah internasional yang menggunakan kurikulum Cambridge. Tapi biasanya yang kurikulum Cambridge ini cuma menerapkan di mata pelajaran tertentu (English-Science-Math, Social Studies). Sisanya masih mengacu ke kurikulum nasional.

Perbedaan utama kedua tipe kurikulum ini adalah BIAYA SEKOLAHNYA! Hahahahaha. Yoih, kurikulum IB biayanya bisa 2x lipat sekolah yang berkurikulum Cambridge. Sertifikasi IB ini konon katanya memang lebih ketat dan prestisius.

Oh ya, mayoritas sekolah berkurikulum Cambridge biasanya masih menggunakan kurikulum nasional juga di beberapa mata pelajaran.

Mudah-mudahan terbayang ya bedanya.

Selanjutnya, mari kita mulai membahas sekolah internasional di Bintaro dan sekitar :

1- Mentari Intercultural School Bintaro

Alamat : Jl. Perigi Baru No.7A, Parigi Baru, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15228

DIbahas pertama karena sekolah anak eike dooonggg hihihi. Anak saya yang sulung dan nomor 2 sekolah di Mentari ini. ALamatnya di kelurahan Parigi, Pondok Aren. Deket banget dari perumahan Emerald dan Discovery Bintaro kira-kira ya ancer-ancernya.

SEperti disebutkan sebelumnya Mentari Bintaro menggunakan kurikulum Cambridge. Mayoritas mata pelajaran menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, kecuali Bahasa Indonesia-PKN-Agama-Olahraga yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa INdonesia.

Gedungnya bagus dan bersih. Lapangannya juga cukup luas. Tapi akses masuknya bukan di jalan utama, jadi katanya sih macet juga di jam sekolahan anter-jemput. Kami belum ngerasain. Soalnya begitu dateng langsung PJJ/ sekolah basis online terkait.

Mentari Bintaro tidak punya level pre school / TK / Kindergarten. Langsung SD, SMP dan SMA. Untuk SMA kurikulumnya IB. SD dan SMP Cambridge certified.

Biaya Sekolah

Uang pangkal SD tergantung tingkatan. Kalau masuk kelas 4, uang pangkal sekitar 40-50 juta rupiah. Masuknya mulai dari kelas 1, uang pangkal mencapai 60 an juta rupiah.

SPP juga beda-beda tiap level. Kelas 1 misalnya SPP 3.95 juta rupiah / bulan, kalau kelas 6 kira-kira 3.5 juta rupiah/ bulan. Ada juga biaya lain seperti uang seragam, uang buku dan perlengkapan dll.

Guru-gurunya ekspat dari Filipina. Tapi homeroom teacher pada umumnya guru dari Indonesia. Agak galak sih ini guru-guru Filipina-nya. KUrang menyenangkan jadinya.

Sekolah ini juga orientasi ke akademis banget. Udah terlanjur masukin anak ke sini. Makanya yang bungsu kami hold dulu ke Mentari. Mau coba survey sekolah lain dulu. Walau fokus kami tetap mencari sekolah berbahasa pengantar Bahasa Inggris.

2. Binus International School – Serpong

Alamat: Jl. Lengkong Karya Jl. Jelupang Raya No.58, Lengkong Karya, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Sekolah ini menjadi alternatif ke-2 kami. Dulu dari Irlandia surveynya dari googling-googling aja hihihi. Jadi Mentari dan Binus ini yang paling sering disebut-sebut sebagai sekolah internasional di Bintaro dan sekitar. Keduanya menggunakan kurikulum Cambridge.

Dari segi infrastruktur bangunan dan fasilitas fisik lainnya, Binus Serpong ini jauuuuuhhh lebih bagus daripada Mentari. Keren banget, deh.

Biaya Sekolah

Tapi setimpal dengan uang pangkalnya yang pukul rata untuk SD dari grade 1 sampai 6 sebesar 69 juta rupiah. SPP bulanan 4.5 juta rupiah/ bulan, grade mana pun sama. Onde mande banget inih hahahaha.

SEkilas beda tipis dengan Mentari, tapi cobak kalo dikalikan anak 3 bijik, ya mules juga ye kan hahahaha.

Soal kualifikasi guru mirip dengan Mentari Bintaro. Banyak guru filipina juga dan orientasinya juga sama, sangat-sangat akademis seperti di Mentari.

3. Sekolah Andersen BSD

Alamat : Jl. Samosir No.41, Rw. Mekar Jaya, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Ini pilihan yang cukup menarik, loh. Uang pangkalnya jauuuhhh lebih murah daripada Mentari maupun Binus. Sama-sama menggunakan Cambridge juga. Tapi Andersen ini orientasinya ke sekolah-sekolah di Singapura. Jadi lebih gila-gilaan lagi fokus ke nilai-nilai akademisnya.

Kalau gak salah uang pangkalnya di bawah 30 juta rupiah dan SPP bulanan cuma sejutaan, lupa berapa tepatnya. CMIIW, ya.

Tapi fasilitas gedung memang jauuuhhh kualitasnya di bawah Mentari BIntaro dan Binus Serpong. Selain buat kami, lokasinya kurang pas karena kami tinggalnya di Bintaro. Jangan jauh-jauh lah yaoowww hehehe.

Areanya lebih kecil. Terus bangunannya juga ada yang batako gitu tanpa dipoles. Mungkin maksudnya biar natural gitu, ya.

4. Global Jaya School

Alamat :  Jl. Emerald Boulevard, Bintaro Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15227

Nah, yang ini lokasinya paling oke sebenarnya. Di jalan raya gede. Tepatnya persis di depan pintu masuk / gerbang EMERALD TOWNHOUSE. Dekat juga dari rumah.

Global Jaya Bintaro menggunakan kurikulum IB. Jadi terbayang yes biaya sekolahnya, jeng…jeeenggggg hahaha.

Uang pangkal bisa dicicil per tahun 23 juta rupiah. Kalau langsung bayar buat 6 tahun (elementary/ SD) = 98,8 juta rupiah.

SPPnya dibayar per term (per 3 bulan) :

  • Untuk TK : 18,45 juta rupiah/3 bulan atau dibayar sekaligus pertahun menjadi 68 juta rupiah.
  • Untuk SD : 31 juta rupiah/3 bulan atau dibayarkan langsung untuk 1 tahun, per tahunnya menjadi 113 juta rupiah.
  • Untuk SMP : 36 juta rupiah / 3 bulan, bayar langsung untuk 1 tahun, per tahunnya menjadi 132 juta rupiah
  • Untuk SMA : 43 juta rupiah / 3 bulan, bayar langsung per tahun menjadi 159 juta rupiah

Sesuai dengan biaya, fasilitas gedung dan infrastruktur lain jangan ditanyalah ya hihihihi. Dari luar aja bikin kembang kempis :p. Kereeeeen (y). Mana akses masuknya asoy banget karena bener-bener pintu gerbangnya di jalanan raya gedeeee :D.

5. Highscope Bintaro

Alamat : Jl. Tegal Rotan Raya No.100, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

Kalau highscope ini lokasinya dekat banget dari Bintaro Exchange Mall, Bintaro. Kurikulumnya beda sendiri. Mereka punya kurikulum khusus Highscope.

Uniknya seingat saya ya, sistem belajarnya pakai multiage system in classroom. Jadi misalnya TK digabung kelas 1, kelas 2 digabung dengan kelas 3 dan seterusnya. Seru juga, ya. Sayang, mihil! Hahahaha. Di kasus kami kan harus selalu dikali 3 anak :p.

Di Highscope bisa trial dulu buat observasi. Bayarnya sekitar 5 juta rupiah. Bisa sit in sekitar sehari apa 2 hari. Lupa euy. Soalnya kami sempat nanya-nanya juga ke Highscope ini.

Uang sekolah sebagai berikut :

Uang pangkal itu beda-beda tergantung mau masuk grade mana.

UANG PANGKAL kindergarten – level 6 / grade 6 / kelas 6 selevel SD = 63 juta rupiah. Bisa dicicil 3x.

Kalau misalnya join dari kelas 3, uang pangkal menjadi sekitar 52 juta rupiah.

Ini saya copas deh ya isi email dari bagian administrasi Highscope Bintaro tempo hari :

Preschool Tuition Fee Termly : Rp. 7.200.000,-   

Elementary Tuition Fee / Month 2020 : Rp. 4.150.000 (snack & Lunch              included –      Lunch only until        finish grade 3)     

Starter Pack / uniform package : 1.200.000,-     Material fee / Year Rp. 1.700.000,- 

Kayaknya sih buat anak-anak yang lebih aktif dan tidak terlalu ngejar akademis, Highscope ini pilihan yang lebih tepat ;).

Kalau gedungnya sih dari luar kurang meyakinkan. Tapi entahlah kalau udah masuk ke dalam. Kami belum pernah survey sampai masuk ke dalam gedung. Tapi seharusnya fasilitas ngikutin biaya dong ya ^_^.

Duh udah kepanjangan hihihi. Nanti kita lanjut di sekolah internasional di Bintaro part 2 yak, ini juga bakal seru, ihiiiyyy. Karena di part 2 saya mau bahas soal sekolah internasional yang berbasis Islam. Jadi kombinasi kurikulumCambridge dan agama Islam. Nantikanlah! :D.

Sebagai sneak peek nih, ada vlog tentang Mutiara Harapan Islamic School yang sudah sertifikasi kurikulum Cambridge. Kami sempat ke sana dan LIVE video langsung dari lokasi sekolah saat itu. Ada info biaya sekolah segala macam dalam vlognya juga ya ;). Monggoooooo ^_^