kapan mual muntah hilang saat hamil

Kapan Mual Muntah Hilang Saat Hamil

Memangnya kapan mual muntah hilang saat hamil? Hayoloooo, bisa hilang apa enggak hihihi. Ya bisa laaaaahhhh :D.

Another question, sampai kapan mual pusing saat hamil. Soalnya sering juga disertai rasa pusing. Pusing ini mungkin akibat mual dan muntah berkepanjangan juga gak sih.

Pause dulu. Yang mau liat versi vlog, cuuuusssss hehehehe :

Tapi tenaaaaangggg, pada umumnya mual muntah bahkan rasa pusing bisa hilang begitu memasuki trimester kedua. Trimester kedua dimulai saat usia kandungan memasuki 13 minggu. Dan biasanya mual muntah hilang secara perlahan. Jadi seharusnya enggak terus-terusan parah sepanjang trimester pertama.

Mungkin juga karena tubuh kita mulai beradaptasi. Jadi rasa mual muntah plus pusing pelan-pelan bisa ditolerir.

Seperti di tulisan yang ini, mual muntah yang dialami saat hamil (khususnya saat hamil muda) adalah hal yang sangat normal. Malah waktu saya hamil kedua dan sempet drama-drama sikit curhat di medsos (hahahahah, stupid! :p), ada teman yang komentar bahwa rasa mual saat hamil itu bisa jadi pertanda janin kuat.

Karena yang bersangkutan sempet hamil dan enggak ngerasain apa pun. Ternyata kata dokter dese enggak ngerasain apa pun karena hormon yang diharapkan bertambah saat hamil tidak menunjukkan perkembangan berarti. Therefore, dia mengalami keguguran :(.

Tapiiiiiii…belum tentu loh kalau enggak mengalami mual muntah saat hamil berarti janin enggak kuat dan merupakan tanda-tanda keguguran. Nope! Bisa jadi respons tubuh si calon ibu memang berbeda.

Kenapa ibu hamil bisa mual muntah, sih?

Penyebab mual muntah saat hamil muda salah satunya akibat penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormon. Perubahan tentu terjadi sebagai salah satu proses tubuh mempersiapkan “rumah” bagi si janin yang dikandung. Tentunya proses ini bukan perubahan kecil buat tubuh kita.

Nah, respons setiap perempuan itu bisa beda-beda. Pada umumnya memang tubuh calon Ibu merespons dengan rasa mual (dan sering diiringi dengan muntah muntah). Saya pun mengalaminya terus. Tiga kali hamil, sapu bersih, mual semuaaaaaa huhuhu.

Jadi sangat normal jika merasakan mual muntah sepanjang hamil muda. DI saya malah agak panjang dikit. Instead of mual muntahnya hilang saat masuk minggu ke-13. Rata-rata di kehamilan saya, mual muntah hilang sepenuhnya saat kandungan memasuki minggu ke-16.

kapan mual muntah hilang saat hamil

Jadi sangat normal jika merasakan mual muntah sepanjang hamil muda. DI saya malah agak panjang dikit. Instead of mual muntahnya hilang saat masuk minggu ke-13. Rata-rata di kehamilan saya, mual muntah hilang sepenuhnya saat kandungan memasuki minggu ke-16.

Yah, telat sikit gak papa lah hehehehe.

Yang jelas secara umum rasa mual muntah ini memudarnya perlahan. Puncaknya di minggu ke-6 sampai minggu ke-12. Tapi ada juga loh yang mengalami mual muntah sampai trimester ketiga bahkan sampai melahirkan. Tapi intensitasnya menurun terus.

Jadi ya mo gimana lagi hehehe. Mengalami mual muntah saat hamil muda adalah jalan ninja yang harus dialami sebagian besar perempuan yang sedang hamil :). Pokoknya dihadapi saja yah Dear, stop banding-bandingin diri sama orang lain.

Yang penting tetap jaga asupan gizi seoptimal mungkin. Waktu hamil muda dan lagi mual-mualnya jangan patah semangat untuk makan. Kalau susah, tambah frekuensi jam makan tapi makannya dikit-dikiiiiiit biar gak muntah.

Banyak istirahat dan jauhi medsos dulu hahahhahahaha. Waktu hamil ketiga pas lagi mual muntah parah, saya puasa medsos dulu hehe. Biar gak posting aneh-aneh sesuatu yang akan disesali kemudian ;).

Pokoknya rileks ya Moms, pada dasarnya rasa mual muntah ini akan hilang sendiri, kok. Yang penting rajin kontrol ke dokter dan bidan, jaga asupan