Daftar Menu MPASI Bayi 6 bulan

Makanan Bayi 6 Bulan : Daftar Menu MPASI 30 hari pertama

Yup, ini dia menu makanan bayi 6 bulan versi adek bayi. Ampuuun, anak ketiga masih ikutan drama daftar menu MPASI Bayi aja nih, Buk? Hahaha. Husss, ini bukan mau drama-dramaan dong ah. Sharing iniiiii, sharing ceritanyaaaaaa :p.

Waktu anak pertama dan kedua, proses MPASInya ya gitu deh. Suka-suka hati saja. Random. Pokoknya ngikut sana ngikut sana. Misalnya satu teman bilang gini ya ngikut. Disaranin gono ya ngikut.

Gambar : pixabay.com
Gambar : pixabay.com

Juga tergiur dengan menu-menu MPASI lucu-lucu. Dengan harapan anaknya semangat makan. Betapa kita sering mengira begitu bayi mulai makan makanan padat seleranya mendadak sama dengan orang gede hehehe :p.

Tahu teori-teori MPASI, misalnya situs wholesomebabyfood juga sudah lama. Tapi ya begitulah. Habis nama-nama sayurannya suka gak mudeng, ya. Eh, padahal dicari-cari di supermarket lokal juga ada. Tapi dulu ikut-ikutan suka belanja di toko tertentu yang konon jual sayur-sayuran “bule” yang cucok buat bayi-bayi hihihi.

Toko khusus tentu harga juga spesial :p.

 

Kayak sayur Zukini (zucchini), sayur apaan tuh? Hahaha. Ealah, kemarin pas mudik di toko lokal ternyata juga ada hehehe. Eh, apa baru-barusan saja ya jenis sayur ini sudah masuk toko lokal. Entah juga. Soalnya pas anak pertama (sekitar 7-8 tahun lalu), saya belinya ya di toko “khusus” tadi. Ngikut teman saja :D.

Begitu anak ke-3. Saya familiar banget dengan nama-nama makanan yang direkomendasikan oleh wholesomebabyfood. Yaiyalah, pan tinggalnya di kawasan yang ‘sejalan’ dengan daerah asal yang nulis situs :p –> tempat tinggal orang bule :p.

Sebagai orang Asia, kita sudah terbiasa dengan makanan kaya bumbu. Jadi seolah anak bayi juga pasti doyan sama selera kita hahahaha. Makanya saya agak skeptis lihat resep-resep di situs tadi. Ini bener gak si adek bayi bakal doyan?

Kita lupa, di usia 4-6 bulan, adek bayi pan baru belajar makan. Ya kali langsung mau ditawarin sate padang atau siomay? Hahaha :p.

Step by step, Mommie ;).

Gambar : pixabay.com
Gambar : pixabay.com

 

Adapun si #baby3 ini awalnya juga kurang bergairah. Saya pasrah deh. Soalnya kedua abangnya juga gitu hihihi. Tapi saya tetap disiplin dengan “aturan pengenalan 3 hari” dan sebagainya. Tetap saya berikan makanan yang sama kalau indikasinya hanya “enggak doyan”.  Kalau sampai alergi atau sembelit ya tentu diganti dong yaooowww ;).

Wah, ternyata beda! Makin ke sini, makannya makin semangat ^_^ *tepukTangan*.

Di masa anak ketiga ini saya ngerasain anak tuh yang mengamuk minta disendokin kalau kebetulan emaknya iseng ngasih makan sambil whatsap-an hahaha *jitakEmaknya*. Kan nyendokinnya jadi tersendat-sendat :p.

Hampir semua jenis makanan yang saya berikan, anak ketiga ini doyan! Bahkan tepung beras coklat yang awalnya bikin dia sembelit tetap rakus makannya.

Tapi saya selalu bilang, bisa saja ini hanya HOKI semata hahaha. Mungkin Tuhan kasihan ya, duh ini embaknya masa udah anak ke-3 masa dramanya masih itu-itu juga sih? :p. Terima kasih ya Tuhan <3.

Tapi tentu bisa jadi juga, ini karena efek “disiplin” dan keseriusan dalam memilih jenis makanan dan patuh pada aturan no gula garam sebelum 1 tahun. Booo, anak 1 & 2 dulu, saya sejak awal sudah pakai garam + gula hihihi. Abis ya balik lagi, selalu mikir mereka kayak orang gede, ogah makan kalau makanannya tanpa rasa :p.

Yah, yang mana-mana ajalah. Yang penting usaha / ikhtiar kita yang terbaik dong ya ;). Untuk meminimalkan drama, tentu saja definisi “yang terbaik” di sini ya tergantung si emak masing-masing ^_^. Udah anak ke-3 niiihhh, masa masih mau berantem aja? Hahahaha.

Yuk ah, ini dia susunan menu MPASI makanan Bayi 6 bulan. Buat bayi yang ASI ekslusif, jangan tunda pemberian protein ya kepada bayi kita :). Karena kandungan utama ASI itu adalah karbohidrat. Protein dan lemaknya lebih minimal.

Tentu saja, tetap mengacu pada aturan dasar : first thing first, pengenalan per jenis makanan 3-4 hari, no garam dan gula. Lagian jangan suka lebay duluan, ya. Masak buat anak bayi itu mah gampaaaaaang :D. Cuma kukus terus dihalusin doang. Gak pake bumbu macam-macam. Apalagi masih umur 6 bulan ;). Disaring boleh kalau punya banyak waktu. Diblender atau pakai food processor juga gak masalah.

Again, senyamannya ibu saja :).

Gambar : pixabay.com menu makanan bayi 6 bulan
Gambar : pixabay.com

Untuk awal MPASI makanan bayi 6 bulan, di satu hari kenalkan 1 jenis makanan saja. Ya biar kelihatan misalnya kalau alergi, alerginya sama makanan yang mana. Kalau dalam sehari langsung cusss 2-3 jenis  makanan, kan jadinya bingung toh yaaaa ;).

Daftar Menu MPASI Makanan Bayi 6 Bulan

Hari 1  : Pisang kerok

Sebaiknya dimulai dengan buah-buahan. Karena karbohidrat seperti tepung beras itu cenderung bikin sembelit. Walau tidak terjadi pada semua bayi. Amannya  pisang kerok ajah. Indonesia banget kan hahaha. Konon katanya pisang juga anti sembelit dan jarang menyebabkan alergi.

Jenis pisangnya bisa Pisang Ambon atau Pisang Cavendis (bener gak ini nulisnya? Hehe).

Saran pemberian biar tidak terlalu kental tambahkan dengan ASI/susu formula secukupnya.

Diberikan sekitar pukul 8 atau 9 pagi. Senyamannya si ibu saja :). Satu kali sehari dulu sudah cukup. Ingat, ingat, ini baru hari pertama ;).

Soal porsi disesuaikan dengan anak masing-masing ya. Tentunya karena ini baru hari pertama ya kasih porsi wajar saja. Kalau pun tidak habis jangan panik atau buru-buru ke dokter hahaha :p.

Hari 2 : Pisang kerok

Ingat aturan pengenalan 3 hari untuk satu jenis makanan. Santai sih, anak bayi lho iniiiiiiii :D. Jadwal kalau bisa tetap sama di pukul 8 atau 9 pagi, sesuai kesediaan ibu saja :). Atau embak/simbok :p. Kalau anak terlihat doyan, bisalah porsinya ditambah.

Hari 3 : Ya pisang kerok lagiiiiiii hahahaha. Jadwal sama. Porsi bisa ditambah kalau adek bayi kayaknya makin getol ;).

Hari 4 : Alpukat. Pilih yang matang. Dikerok juga seperti pisang. Nanti dihaluskan dengan sendok juga bisa. Campurkan dengan ASI/susu formula secukupnya juga. Jangan tambahkan gula sih pastinya ;). Waktu makannya samakan saja ya, pukul 8 -9 pagi.

Hari 5 : Alpukat lagiiiii :D. Penyajiannya sama. Pengenalan alpukat hari ke-2 nih. Waktu pemberian sama.

Hari 6 : Alpukat dengan penyajian dan waktu pemberian yang sama. Porsi mungkin bisa berubah :). Buah-buahan ditaruh di awal untuk mencegah sembelit. Maklum dong ya, biasanya cuma nenen atau minum sufor, ini langkah pengenalan terhadap makanan padat. Potensi sembelit cukup risky.

Hari 7 : Sudah bisa dimulai dengan 2x makan. Sekalian pengenalan karbohidrat pertama.

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12 – 13 siang : berikan bubur oatmeal. Resep bubur oatmeal bisa dilihat di sini, ya. Porsinya disesuaikan saja dengan si adek bayi. Pokoknya kalau baru awal-awal begini ya santaiiiiiii :D.

Oiya, ASI dan susu formula juga lanjut terus ya sesuai permintaan si adek bayi ;). Di sela-sela makan kalau minta juga ya tetap diberi :).

Hari 8 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat biar selang seling dengan pisang karena pengenalan 3 harinya sudah selesai :). Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal. Ini adalah hari ke-2 pengenalan oatmeal jangan diganti dulu.

Hari 9 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Jangan bosan yaaaa. Menu makanan bayi 6 bulan ya begini ini :p. Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal. Bubur oatmeal sudah 3 hari berturut-turut berarti selesai sudah *yayyyy* ^_^.  Saatnya ganti menu tuh.

face-1083872_640

Hari 10 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur tepung beras coklat. Lihat resepnya di sini :).

Hari 11 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur tepung beras coklat. Porsinya mungkin sudah bisa ditambah bila adek bayi dirasa siap atau terlihat makin lahap makannya.

Hari 12 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : bubur tepung beras coklat.

Hari 13 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal + puree zukini. Pengenalan makanan baru lagi nih ;). Resep puree zukini bisa dilihat di sini.

Hari 14 :

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : tepung beras coklat + puree zukini. Bisa mulai divariasikan.

Hari 15 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : bubur oatmeal + puree zukini. Hari ini pengenalan zukini selesai :D. Mulai terasa variasinya menu makanan bayi 6 bulan gak? 😀

Daftar menu MPASI makanan Bayi 6 Bulan
Puree Zukini

Hari 16 :

Yuk, mulai kenalkan dengan protein :).

Pukul 8-9 pagi : berikan alpukat. Pukul 12-13 siang : tepung beras coklat + puree tofu + puree zukini.

Hari 17 :

Jangan beri jenis makanan baru dulu. Kan masih dalam proses kenalan dengan tofu nih ;).

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : oatmeal + puree tofu + puree zukini.

Hari 18 :

Pukul 8-9 pagi : berikan pisang kerok. Pukul 12-13 siang : tepung beras coklat + puree tofu + puree zukini.

Hari 19 :

Kenalkan buah baru misalnya apel. Dan makannya mungkin sudah bisa 3x :D.

Daftar Menu MPASI makanan Bayi 6 bulan
Puree apel

Pukul 8-9 pagi : berikan apel kukus yang dilumat sampai lembek. Ingat ini bayi 6 bulan ya Kakaaaa :p. Belum sempat nih bikin resep puree apel. Tapi caranya persis dengan puree pear kok ;). Di sini resepnya.

Pukul 12-13 : oatmeal + puree tofu + puree zukini. Pukul 18-19 malam : tepung beras coklat + puree tofu + puree zukini

Hari 20 :

Pukul 8-9 pagi, apel kukus yang dilumat sampai lembut. Pukul 12-13 : oatmeal + puree tofu + puree zukini. Pukul 18-19 malam : tepung beras coklat + puree tofu + puree zukini

Hari 21 :

Sama dengan hari sebelumnya.

Pukul 8-9 pagi, apel kukus yang dilumat sampai lembut. Pukul 12-13 : oatmeal + puree tofu + puree zukini. Pukul 18-19 malam : tepung beras coklat + puree tofu + puree zukini

Hari 22 : Kenalkan sayuran baru, wortel.

Pukul 8-9 pagi, coba balik ke pisang kerok lagi ;). Pukul 12-13 : tepung beras coklat + puree wortel + puree tofu. Pukul 18-19 malam : oatmeal + puree wortel + puree tofu.

Hari 23 :

Di hari ini mulai kombinasikan sayurnya kalau mau. Jangan risau soal masaknya. Masak satu-satu saja di tempat-tempat sendiri yang kecil-kecil itu taruh dalam freezer. Kalau mau makan baru dikeluarin dan dicampur di mangkoknya ;).

Pukul 8-9 pagi, alpukat. Pukul 12-13 : tepung beras coklat + puree wortel + puree zukini + puree tofu. Pukul 18-19 malam : oatmeal + puree wortel + puree zukini + puree tofu.

Hari 24 : Variasikan lagi menunya.

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : tepung beras coklat + puree wortel + puree tofu. Pukul 18-19 : puree wortel + puree zukini + puree tofu (sesekali tanpa karbo juga boleh dicobakan)

Daftar menu MPASI makanan Bayi 6 bulan
Puree wortel

Hari 25 : perkenalan protein baru, ayam! Yaayyyyy, sedap, sedap, sedap hehehe.

Pukul 8-9 pagi, berikan pisang kerok. Pukul 12-13 : puree wortel-ayam. Resepnya di sini ya. Pukul 18-19 : tepung beras coklat  + puree zukini + puree tofu

Hari 26 :

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : puree zukini-ayam. Resepnya sih mirip dengan wortel-ayam, tinggal ganti zukini dengan wortel hehe. Pukul 18-19 : oatmeal  + puree wortel-ayam.

Hari 27

Pukul 8-9 pagi, berikan alpukat. Pukul 12-13 : oatmeal + puree wortel-ayam. Pukul 18-19 : puree zukini-ayam. Saya kadang ngikut menu ideal food combining yang tidak mencampur protein hewani dengan karbohidrat. Kadang-kadang saja sih. Karena suami masih belum benar-benar sreg kalau diterapin ke anak-anak :).

Hari 28 : kenalkan sayuran baru, parsnip

Pukul 8-9 pagi, berikan pisang kerok. Pukul 12-13 : oatmeal + puree parsnip-wortel + puree tofu Pukul 18-19 : tepung beras coklat + puree zukini-ayam.

Hari 29 :

Pukul 8-9 pagi, berikan apel kukus. Pukul 12-13 : oatmeal + puree parsnip-zukini + puree tofu. Pukul 18-19 : tepung beras coklat + puree wortel-ayam.

Hari 30 :

Pukul 8-9 pagi, berikan alpukat. Pukul 12-13 : oatmeal + puree wortel-parsnip-ayam. Tinggal dicampur tiga-tiganya dengan cara yang sama dengan resep-resep sebelumnya.  Pukul 18-19 : puree parsnip-zukini-ayam. Selesai sudah 30 hari menu makanan bayi 6 bulan nyaaaaa *tepukTangan*.

Beres deh!

10  jenis makanan sudah diperkenalkan kepada adek bayi sebagai makanan bayi 6 bulan di awal ini  dengan kombinasinya masing-masing :

  1. Buah-buahan : pisang, alpukat, apel
  2. Sayuran : zukini, wortel, parsnip
  3. Karbohidrat : oatmeal dan tepung beras coklat
  4. Protein : tahu dan ayam.

Tinggal dilanjut ke MPASI bulan berikutnya dengan tambahan pengenalan jenis makanan baru dan kombinasi yang lebih banyak tentunya ;). Semoga membantu ya contoh menu makanan bayi 6 bulan ini ;).

2 comments
  1. Waktu anak mulai mpasi jujur saya kurang ikut terlibat (dalam memilih dan memasak). Saya iyain aja semua maunya emaknya. Saya sukarela buat nyuapinnya aja. Kirain dengan menu yang dipilih dan dibuat istri no gulgar anak bakalan gak picky. Eh ternyata sama aja. Huehehehe. 😀

  2. waaaaw…
    lengkap jelas dan puanjaaang!
    yeay.. makasih mba jihan. sempet aja njabarin hari 1-30 ahaha 😀

Comments are closed.