Berbagi Resep Instagram : Ini Dia 10 Selebgram Resep Indonesia yang Bisa Kamu Follow

Dunia selebgram tidak hanya didominasi oleh kalangan anak muda yang gaul atau artis-artis dari dunia hiburan. Tapi juga oleh ibu-ibu biasa yang senang berbagi hal-hal yang sederhana namun positif. SEperti para selebgram resep memasak ini.

SEbenernya tulisan ini dibuat pas mau rekaman suara buat versi vlognya sih hihihi.

1- Xander’s Kitchen

Pemilik akun ini adalah Junita. Sampai saat ini akun instagramnya sudah difollow lebih dari 700 ribu follower. Akun ini aktif membagikan resep masakan rumahan yang sudah kita kenal sehari-hari. Beserta beberapa tips dan info memasak lainnya tentu saja. read more

resep sop saudara khas makassar

Resep Sop Saudara Khas Makassar Sulawesi Selatan

Sudah lama nyari Resep Sop Saudara tapi beberapa kali nemu kok ya hasilnya kurang pas. Saya sudah lama banget enggak makan Sop Saudara. Di Jakarta saja jarang yang jual. Umumnya rumah makan khas Makassar hanya menjual Coto Makassar, Sup Konro atau Ikan Bakar.

Padahal Sop Saudara ini juga enak bangeeeeeet. Dulu pas masih tinggal di Jalan Pajennekang, sering beli Ikan Bakar di Warung Pangkep Jalan Andalas. Deket rumah banget. Nah ikan bakar ini disantap dengan nasi putih dan Sup Saudara.

Seringnya Sup Saudara memang bareng-bareng dengan ikan bakar. Tapi tanpa ikan bakar juga tetap enak banget. GIliran merantau, ya ampppuuuunnn, apa aja pengin dimasak sendiri dah kalu bisa mah hihihihi.

Lalu ketemu dengan blognya Mbak Hesti. Sekalian intipin Resep Sop Saudara ala Mbak Hesti ini. Waaaahhh, enaaaaakkkk. Walah, ngintip doang udah ketahuan enaknya? Ya dicoba dulu atuuuuuhhh resepnya hahaha :p.
Baca juga :
Resep Empal Daging Sapi
Resep Soto Daging Sapi yang Enak dan Segar
Resep Sambal Goreng Daging Sapi Khas Makassar
 

Hanya saja resep dari Mbak Hesti kurang kacang tanah. Jadi saya tambahkan kacang tanah  dan beberapa modifikasi (minor aja sih) yang saya lakukan serta takarannya. Tapi resep Mbak Hesti juga udah enak enak tuh ;).

Sudah beberapa kali bikin Resep Sop Saudara ini, hasilnya lumayan stabil enaknya *ecieeeee*. Setidaknya buat lidah suami dan anak-anak.

Waktu di Texas pernah juga ngundang teman-teman main ke tempat saya dan saya hidangkan Sop Saudara ini. Kayaknya pada seneng tuh ada juga yang sampai minta resep. Tapi ya entah basa-basi aja apa gimana ya hahahaha.

Resep lengkapnya ada di bawah kok, tinggal sekrol dikit lagiiiii :D. Tapi yang punya kuota lebih boleh intip proses pembuatannya secara LIVE dari Dapur Davincka :D. Duh jadi kangen dapur di apartemen Texas yang nyaman ituuuu huhuhu.

Cara bikinnya juga relatif mudah lah ya. Cuma cemplung-cemplung aja lho. Kalau malas ngulek (kayak saya hahahaha), bawangnya cincang tumis dan lain-lainnya pakai bubuk. Cari bumbu bubuk rempah-rempah tapi yang kualitasnya bagus lho ya. Kalau di toko India mantap tuh bumbu bubuknya.

Tetap saja sih, lebih mantap kalau pakai bumbu segar ^_^. Yah sesuaikan dengan sikon saja. Kalau punya waktu lebih, pakai bumbu segar jauh lebih disarankan :D.

Oke, ini resep lengkapnya ya :`

Resep Sop Saudara khas Makassar Sulawesi Selatan

Bahan :

– 500 gr daging sapi (daging sengkel), potong kotak-kotak. Cuci bersih.
– 8 siung bawang merah atau 1 buah bawang bombay (di beberapa wilayah di luar negeri, agak sulit menemukan bawang merah), cincang
– 4 siung bawang putih, cincang
– 2 batang sereh, geprek
– 2 cm jahe, geprek
– 2 cm lengkuas, geprek
– 4 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 4 butir cengkeh
– 2 cm kayu manis atau 1-2 sdt kayu manis bubuk
– 1 sdt asam jawa diencerkan dengan air matang.
– 100 ml santan encer
– Segenggam kacang tanah tanpa kulit (disangrai dan dihaluskan, giling kasar juga boleh).
– 1 atau 2 butir telur kocok lepas
– 1 sdm gula merah
– Garam dan gula secukupnya

Bumbu dihaluskan :

resep sop saudara khas makassar

– 3 butir kemiri sangrai
– 1 buah cabe merah besar
– 1 sdm ketumbar sangrai
– 1 sdt jintan sangrai atau yang bubuk juga bisa
– 1 sdt lada/merica bubuk
– 1/2 sdt pala bubuk

Cara Membuat :

– Didihkan daging dalam 1.5 liter air matang sampai setengah empuk.
– Tumis bawang merah/bombay + bawang putih sampai wangi. Tambahkan bumbu halus, semua rempah (sereh, daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, kayu manis, cengkeh). Aduk rata.
– Tambahkan santan. Aduk lagi sebentar.
– Jika kuah daging sudah mendidih dan daging sudah setengah empuk/matang, tuangkan tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi daging tersebut. Aduk sebentar.
– Masukkan air asam jawa beserta garam dan gula secukupnya.
– Masukkan gula merah dan kacang yang sudah dihaluskan.
– Aduk sebentar.
– Masukkan telur yang sudah dikocok lepas lalu langsung aduk cepat sehingga telur melebur ke dalam kuah dan TIDAK menjadi keras.
– Didihkan sampai daging benar-benar matang dan bumbu meresap lebih sempurna.

Sop Saudara siap dihidangkan bersama pelengkap :

– Perkedel kentang polos tanpa isian.
– Soun/bihun rebus.
– Paru goreng.
– Bawang goreng, daun bawang.
– Sambal

Selamat mencobaaaaa ^_^. Seger lho ini rasanya ;). Tanpa pelengkap juga oke-oke sajalah dimakan dengan nasi putih :D.

martabak telur mini isi daging ayam

Martabak Telur Mini Isi Daging Ayam

Resep martabak telur mini sudah beberapa kali saya posting hihihi. Mulai dari isi jagung, isi kacang merah, isi tahu, isi daging ayam, sampai isi daging sapi. Di akun youtube saya lengkap tuh vlognya hehehe.

Kalau di versi blog kayaknya di blog Dapur Davincka juga sudah keposting semua. Yang di blog ini belum semuanya sempat ketulis.
Baca juga :
Resep Martabak Telur Mini Isi Jagung Manis
Resep Martabak Telur Mini Isi Kacang Merah
Martabak Telur Mini Isi Tahu
 

Sekarang giliran martabak telur mini yang versi isian daging ayam. Yang jenis ini yang paling sering saya buat hehehe. Tapi memang yang paling enak itu yang isi daging sapi, duh yang daging sapi belum ada vlognya nih hehehehe.

Bikin martabak telur mini simpel banget karena menggunakan kulit lumpia/spring roll. Malas nih bikin sendiri kulit martabaknya hihihi. Lagian kulit lumpia juga mudah ditemukan di supermarket di mana-mana kan ya. Di luar negeri juga di toko Asia pasti nemu deh ^_^.

martabak telur mini isi daging ayam

Di Saudi, di Texas, di Ireland, yang namanya kulit lumpia /spring roll sama sekali bukan barang langka. Jadi bikin martabak telur enggak boleh malas pakai alasan “bahannya susah” :D.

Bahan enggak ribet, cara bikinnya juga asli deh, gampang bangeeeeeeetttt. Resep lengkapnya ada kok di bawah ya, tapi kalau ingin lihat versi videonya boleh langsung intip di sini. Biar bener-bener tahu kalau cara bikinnya memang super duper mudah (y).

Makanya segala jenis resep martabak telur mini ini mirip banget bahan-bahannya kecuali bahan utama. Tinggal digonta ganti. Mau jagung manis, kacang merah, kadang juga saya pakai jamur yang dicincang kasar, daging sapi, daging ayam, bahkan tahu juga oke banget.

Kalau udah bisa bikin satu ya tinggal ganti “pemeran utama” saja untuk variasi rasa dan bahan :). Tapi emang dah paling enak itu ya pakai daging cincangnya dari daging sapi hehehe. Tak terkalahkan :D.

Resep Martabak Telur Mini Isi Daging Ayam

2 sdm minyak goreng
1 siung bawang bombay cincang kasar
300-400 gr daging ayam cincang
1 sdt bumbu kari bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
Daun bawang cincang
3-4 butir telur
16-20 lembar spring roll (kulit lumpia) ukuran mini 125 mmx125 mm

Cara Membuat

Panaskan minyak goreng secukupnya.
Tumis Bawang Bombay sampai wangi.
Masukkan daging ayam cincang, aduk rata.
Masukkan semua bumbu bubuk, garam, gula, aduk rata. Matikan api.
Masukkan daun bawang saat adonan masih panas dan aduk rata. Sisihkan.
Telur dikocok lepas di mangkok terpisah.
Ambil selembar Spring Roll isi adonan ayam + telur, lipat dan masukkan ke dalam minyak panas.
Goreng sampai berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.
Lakukan sampai adonan habis.

martabak telur mini isi daging ayam

Kalau ada acara di rumah teman kan sering potluck an tuh. Martabak telur mini ini salah satu andalan saya banget buat dibawa-bawa ke segala macam acara. Baik kumpul-kumpul biasa, arisan atau pengajian, dan lain sebagainya.

Ngundang teman ke rumah juga paling sering bikin martabak telur mini. Isinya saja yang diganti-ganti. Tapi kalau buat acara memang seringnya pakai daging ayam atau daging sapi. Buat sehari-hari di rumah baru digonta ganti dengan jagung manis, kacang merah, tahu atau jamur.

Tengsin ah bawa yang isi tahu ke acara. Kesannya gimanaaaa gitu ya. Padahal harga tahu enggak murah lho di luar negeri hehehehe.

Ini kalau mau lihat vlog untuk martabak telur mini yang versi isian tahu :

Kalau yang ini vlog cara membuat edisi live untuk martabak telur isi jagung manis. Enak jugaaaaaa ^_^

Nah ini salah satu paketan menu *tsaaaahhh* :p pas ngundang teman-teman ke apartemen. Yah kalau di Athlone sini mah paling ngundang Neng Maya sama Scandy. Waktu itu masih di apartemen yang dekat Sungai Shannon, masih hamil pula kalau gak salah. Berarti dah lama banget nih hehe.

Kebetulan waktu itu  bikin martabak telur mini yang isinya daging ayam. Jadi pas buat postingan ini 😀

Martabak telur mini
Morning Tea bareng cewe-cewe Athlone hehehe

Bumbu soto daging sapi tanpa jeroan

Bumbu Soto Daging yang Segar (Soto Daging Sapi Tanpa Jeroan)

Ini kemarin seru juga pas posting video resepnya si bumbu soto daging ini di grup.-grup resep di Facebook. Jadi kan resepnya ngintip resep-resep soto di Mbak Diah Didi, ketemu deh resep Soto Madura gitu.

Tapi kan di resep Soto Madura pakainya banyak jeroan ya, saya cuma mau pakai daging sapi saja. Terus tetap saya beri judul Soto Madura yang versi vlog resep di youtubenya, ada yang protes hehehe. Iya sih, saya juga tidak terlalu paham soal Soto Madura. Ikut-ikut ajah :D. Padahal kakak ipar saya yang paling tua itu asli Madura, lho.

Btw ini nih resep bumbu soto daging versi video dari Dapur Davincka :D.

Sungkem dulu sama Mbak Asih. Memorable banget itu Soto Maduranya, Mbak ^_^.

Ya sudah, biar adem tenteram, di versi blog gak usah bawa-bawa Soto Madura. Pakai judul Bumbu Soto Daging ajalah gitu yak biar lebih pas ;).

Kalau dilihat-lihat lagi, mirip banget dengan bumbu soto ayam hihihi. Katanya sih Soto Madura itu enggak pakai daun salam. Mungkin enak juga kalau enggak pakai daun salam. Tapi kemarin pas bikin bumbu soto daging ini, sudah kepalang pakai daun salam dan hasilnya enaaaakkk. At least kami sekeluarga makannya lahap, yes? :D.

Dingin-dingin begini asyik banget bikin-bikin soto daging anget-anget. Secara di Ireland mungkin winter bisa sampai Maret hahahahaha :p, hussss, jangan dong aaaahhh :D.

 
Baca juga :
Resep Empal Daging Sapi
Resep Soto Betawi Daging Sapi
Sambal Goreng Daging Sapi

Bumbu Soto Daging (Soto dengan Daging Sapi Tanpa Jeroan)

500 gr daging sengkel, potong dadu, cuci bersih.
1 buah bawang bombay iris-iris ( ATAU 6-7 siung bawang merah iris-iris)
3 siung bawang putih
1 lembar sereh dikeprek
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas dikeprek
1 batang seledri besar, potong 2 kalau mau.
Garam + gula pasir secukupnya
Kaldu penyedap rasa secukupnya

Bumbu dihaluskan :

5 butir kemiri sangrai
2 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica

Pelengkap :

Kentang goreng
Bawang goreng
Daun bawang
Perkedel kentang

Cara Membuat :

Rebus daging sapi dengan 1 liter air matang (nanti bisa ditambahi kalau kurang).
Tumis bawang merah + bawang putih sampai wangi.
Masukkan bumbu halus. Aduk rata.
Masukkkan sereh + daun salam + daun jeruk + lengkuas ke dalam tumisan. Aduk rata.
Kalau daging sudah setengah empuk, masukkan bumbu tumisan ke dalam kuah daging. Aduk rata. Tambahkan garam + gula pasir + kaldu. Didihkan lagi.
Masukkan potongan batang seledri.
Masak sampai daging benar-benar empuk dan bumbu sudah meresap.
Hidangkan dengan pelengkap.

Pokoknya kalau masak soto ringkes deh. Tinggal rebus daging, tumis bumbu terus cemplung-cemplung. Lebih ribet bikin-bikin ayam bakar bumbu rujak itu kayaknya karena mesti dibakar lagi, kan? :D.

Bumbu soto daging sapi tanpa jeroan

Saya sih senang-senang saja kalau disuruh bakar-bakar kek, cemplung-cemplung kek, tumis-tumis kek, atau variasinya. Soalnya ya gimana lagiiiiiii, enggak ada pilihan lain :D.

Namanya tinggal di rantau, mau enggak mau harus mau masak macem-macem :p. Jadi ingat dulu pas nyokap datang nemenin lahiran. BIsa bermanja-manja minta dibikinin ini itu :D.

Sambal goreng udang

Resep Sambal Goreng Udang dengan Kentang Goreng

Sambal goreng udang ini rasanya mirip-mirip sih dengan sambal goreng daging, ya. Tapi kalau sambal goreng daging ala saya tidak pakai santan hehehe.

Paling senang masak-masak model begini. Enggak perlu minyak banyak dan tinggal cemplang cemplung hehe. Bumbunya juga tidak terikat, ya. Suka-suka saja :D. Ada yang suka pakai terasi ada yang enggak. Kadang ada juga yang hanya pakai bawang dan cabe serta jahe lengkuas, enggak aneh-aneh.

Tapi di resep yang ini saya pakai bumbu lumayan komplit. Biar rasanya lebih ng-Indonesia gitu deh :D.

Selama di Texas sini kalau belanja-belanja paling sering di ALDI. Kalau beli daging ya pasti di toko halal. Di ALDI enggak ada. Jadi selain sayur, buah dan bumbu-bumbu, beli ikan dan udang juga. Versi beku, sih. Udangnya ukuran 400 gr cuma 5-6 dolar. Kondisi “cooked”. Tinggal cemplung sebentar ke dalam bumbu.

sambal goreng udang

Videonya live -nya sudah ada segala lho hehehe. Malah resepnya sudah duluan ditulis di sini tapi di Dapur Davincka belum sempat update. Ah kebanyakan fesbukan neh udah jarang ngurusin blog dapur lagi hihihi #toyorKepalaSendiri.

Ini ya vlog untuk Resep Sambal Goreng Udang nya ;). No worry, resep lengkap juga ditulis kok di postingan ini. Scroll ke bawah ajah :D.

Kalau udang segar memang harganya agak mahal, ya. Tapi di daerah pantai relatif murah. Di Jeddah dulu tuh kalau ke pasar dekat Balad, duuuuhhh, seger-seger bener hasil lautnya. Harganya juga tidak mahal. Di Ireland daerah pantai juga. Tapi kalau hasil laut yang segar ajegile dah harganya hehehe.

Makanya lebih sering beli yang dari freezer aja. Tapi yah, rasanya enak-enak juga kok (y). Saya tidak begitu suka daging sapi, tapi suami doyan daging sapi. Dia juga sama ikan biasa-biasa saja. Kayaknya doyannya kalau dibikin siomay atau bakso doang hehe.

Nah biar sama-sama seneng :p, sesekali masak udang-udangan aja. Anak-anak juga suka :D.

Cara Membuat Sambal Goreng Udang

3 buah kentang besar, potong dadu, goreng. Sisihkan.
300 gr udang kupas masak. Yang mentah juga boleh.
1 bawang bombay, cincang kasar (atau 6-7 siung bawang merah)
3 siung bawang putih, cincang kasar
5 cabe merah besar
2 cm kunyit 1
sdt lada bubuk
2 cm lengkuas
2 cm jahe
1 batang sereh, geprek
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 sdt terasi bakar
1 sdm gula merah
1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air matang
150 ml santan encer
30 ml air matang
Garam + gula pasir secukupnya
1/2 sdt kaldu ayam blok (opsional, kalau mau)

Cara Membuat :

Sambal goreng udang

1. Haluskan cabe merah + kunyit + lada + lengkuas + jahe.
2. Tumis bawang merah + bawang putih sampai wangi
3. Masukkan bumbu halus. Aduk rata.
4. Masukkan daun sereh, daun salam, daun jeruk. Aduk rata.
5. Masukkan air asam jawa, terasi, gula merah. Aduk rata.
6. Tambahkan 30 ml air matang, garam + gula pasir secukupnya. Tambahkan 1/2 sdt kaldu ayam blok (opsional).
7. Tambahkan 150 ml santan encer. Aduk rata.
8. Didihkan sebentar dengan api kecil.
9. Masukkan potongan kentang goreng, campur rata.
10. Masukkan udang masak, campur rata. Kalau menggunakan udang mentah, udang dimasukkan lebih dahulu sebelum kentang goreng. Siap dihidangkan.

Tuuuuhhh, enggak ribet kaaaan. Kalau malas ngulek-ngulek pakai bumbu bubuk saja. Bawang mah tinggal diiris dan ditumis enggak perlu ikutan diulek ;). Lebih sedap aromanya kalau ditumis duluan :D. Bumbu bubuk seringnya beli di toko-toko India atau toko Asia. Kalau di Indonesia katanya suka bandel ya, bumbu bubuk ditambahin tepung hihihi.

Kalau orang India reweeeel, makanya bumbu-bumbu bubuk mereka lumayan terpercaya (y). Apalagi yang brand-brand ekspornya. Harganya juga tidak mahal. Maklum sih diaspora mereka memang ada di mana-mana :D. Jadi memang pasarnya sangat besar. Kita pun yang sebenarnya bukan orang India jadi terbantu :D.

Bumbu-bumbu masakan Sumatera banyak yang mirip dengan bumbu India. Dulu suka bingung nyari adas, eeeeh India juga pakek :D.

Yang agak ribet itu daun kemangi gitu. Tapi pakai basil ternyata enak juga kok. Aromanya lumayan mirip. Tapi kemarin udah diajarin ama Neng Virgie nanem kemangi. Ntar mau cobak ah di Ireland ^_^.

Laaaahh malah jadi curhat bumbu hahahaha. Beklah, sudahi sampai di sini. Dicoba yaaaaaaa resep sambal goreng udang nyaaaaaa :D. Mayan nih liburan akhir tahun nyoba-nyoba resep di dapur. Mau keluar-keluar juga dingiiiiiiinnnn :D.