Rupa-rupa cerita berjilbab

Wahhh, kalo inget jaman dulu pertama kali pake jilbab, jadi ngiri euy ama anak muda jaman sekarang… kalo gw kan anak muda jaman dulu (tetep anak muda dong yaoww :D)… Jaman sekarang segala macam gaya dan rupa jilbab tersedia dimana-mana. Pake jilbab juga udah yang biasa aja. Fashionnya juga udah bombastis abis. Udah perna liat www.hijab-scarf.com? wuihhhh, walo pun kadang ada yang agak ‘lebay’ tapi lumayan lah ada juga beberapa yang bisa dijadiin acuan… atau apa tuh satu lagi… hijabberscommunity yah kalo gag salah.

Pertama kali pake jilbab 20 september 1995, inget tanggalnya… miss diary banget deh gw :D. Tapi yah, tingkah laku nampak gag sedikit pun menunjukkan gerak gerik wanita yang udah belasan tahun pake tutup kepala hehehehe… Iya nih *garukGarukKepala*.

Jaman gw dulu pake jilbab, banyak loh temen-temen gw yang mendapat tentangan keras dari ortu masing-masing. Pokonya penuh drama lah. Gw sendiri pake jilbabnya bisa dibilang impulsif, tapi ini murni keinginan diri sendiri, dan alhamdulillah tanpa paksaan dari pihak mana pun dan niatnya juga gag macem-macem. Pokonya at that time, tiba-tiba aja gara-gara iseng nanyain salah satu temen gw yg pake jilbab, dia kali males nerangin panjang lebar, dikasih lah gw satu buku (sampul kuning lupa judulnya :P), gw baca semalaman… dan tadaaaaa… besoknya, nyamperin emak gw : “Ma, mau pake jilbab dong” … nyokap antara bingung dan kaget cuma bilang : “kapan?” … gw : “ya, kalau bisa besok” … nyokap emang tampangnya lempeng gitu sih, si doi diem aja waktu itu, jadi ya udah gw tinggal, pokonya waktu itu target gw ngomong ke nyokap dulu aja.

Terus besoknya, nyokap cerita-cerita ke sodara-sodara. Yah, hampir semua tanggapannya negatif. Nyokap curhatnya via telepon, secara rumah mungil, kedengeran aja gitu dari tangga. Waktu itu gw nangkring di tangga karena denger nama gw disebut2 hehehehe… Konon ada yang menuduh gw ikut aliran-aliran sesat (tahun segitu, anak kelas 1 SMA mau pake jilbab kenapa dikait2 in ama aliran sesat siiihhhh -_- ). Terus ada yang bilang gw terlalu banyak baca buku. Hahhahahahaha… tanteku sayang, tanya ama mak gw, gw tmasuk orang yg paling malas membaca. Baca buku pelajaran doang sebatas kewajiban ama komik tentunya hehehehe… Pokonya semua melarang lah.

Yah , waktu itu gw udah pasrah deh. Kakak-kakak cowo gw juga, even yang judulnya paling alim sekali pun, nampak tidak merespon positif :(. Huaaaaa….mungkin memang belum saatnya pikir gw waktu itu.

Tau2 beberapa hari kemudian, di suatu malam yang cerah (lebay :D), nyokap nyamperin bawa bungkusan, tanpa ba bi bu… : “Nih, lengan panjang ama rok. Beli 2 pasang dulu ya. Dicicil2. Jilbabnya ada 2. Putih semua.” … ya ampun emak gw. Asli loh, malam itu tidur dengan bermandikan air mata hahahahahaha…. gw juga gag mau nanya macem2 ke nyokap kog tau2 boleh ya, padahal gag ada diskusi sama sekali dan tanggapan orang-orang yah 90% melarang lah, paling yang agak suportif : “Nanti aja kalau udah gedean make jilbabnya”. U know, memang Ibu yang paling ngerti ama anak-anaknya ๐Ÿ˜‰

Besoknya pun, lagi gw kebingungan depan kaca (ini pake jilbab gimana caranya yah), nyokap gw udah ada aja di belakang gw, make in jilbabnya. Ngajarin cara make penitinya. Terus pas udah selesai : “wah, cantik kog” …. ihiiiyyyy, apa-apaan yaaa, dipuji nyokap sendiri geer luar biasa hihihihihi….

Tahun berganti tahun, biarpun gw tau beberapa kerabat mencibir ke nyokap, seolah menyindir : “idih, kemauan anak diturutin” … yeeee, kan kemauan yang baik yah mamaku sayang :). Alhamdulillah, lumayan konsisten lah gw hehehehe… ber tutup kepala terus :). Biarpun yah namanya anak muda (ehmm…) sempet pengen ikut-ikutan pake baju-baju yang gag tertutup, ikut-ikutan naksir-naksiran ala anak-anak SMU, biarpun jomblo terus sampe umur 20 tahun hahahahahaha….

Adek gw ngikut bertutup kepala ria pas lulus SMU. Sepupu gw yg perempuan pas udah kuliah agak lama juga ikutan pake. Tapi oh tapi, ternyata adek gw pas kuliah di Bandung, tanpa sepengetahuan gw, dilepaslah itu tutup kepala. Bukan karena dia lepas jilbab yang bikin gw keki, tapi dia gag bilang2 sama sekali dan selalu berakting pake baju ala orang berjilbab kalo lagi maen ke Jakarta ke kosan gw. Jadilah sodara-sodara, 4 tahun penuh gw gag perna tau dia udah gag bertutup kepala sejak mulai masuk kuliah di Bandung! pas lulus, pas wisuda dia pake lagi sih. Makanya gw agak bingung kenapa temen2 nya agak kaget liat dia pake jilbab dan pada nyelametin. Ealahhhh… sadis banget sih, emang gw bakal ngapain kalo dia crita ke gw? huhuhuhu…sakit hati karena she didn’t trust me :(.

Fenomena pake terus lepas emang banyak sih di sekitaran gw. Tapi ya suka-suka dong ah. Males bgt gw nanggepin apalagi kalo bukan orang-orangnya bukan dari lingkaran dalem. Salah satu sohib waktu kuliah, semester awal doi pake jilbab dan terus-terusan mengeluh tentang dia yang merasa terpaksa berjilbab dan bete banget karena merasa gag bebas. Ya gw saranin aja buat lepas tutup kepala ya daripada terus2 an mengutuk jilbabnya kan? Tapi tentu ada rasa bersalah ketika semester berikutnya dia muncul tanpa tutup kepala dan cukup gempar lah kami kira di kampus kala itu. Oh noooo, langsung lemes lutut gw :(.

Dan banyak lagi di lingkungan keluarga, dan lingkungan teman yang memilih langkah yang sama. Dari yang tadinya bertutup kepala memutuskan untuk ‘ganti haluan’ hehehehe… Tapi alhamdulillah, akhir-akhir ini lebih banyak yang sebaliknya… dari yang kepalanya memperlihatkan rambut, sekarang bertutup kain :). Rupa-rupa juga model jilbab jaman sekarang.

ย Banyak pula yang menyindir : “ngapain sih pake-pake jilbab kalo baju masih ketat, cara make jilbab sok modis, gag syar’i” … sori-sori aja, kalo buat gw kalo yg ngomong gag pake tutup kepala langsung gw sikat : “daripada elo?” hehehehehehe…. kan kita gag perna tau, kali aja yang pake jilbab (yang katanya) gag syar’i itu tadinya kemana-mana pake tanktop, kan pelan-pelan ya boooo :D, menunjukkan usaha lah untuk ke arah yang lebih baik :)… amiiinnn… berdoa untuk diri sendiri juga nih hihihihihi….

Sembah sujud buat mama tercinta yang udah mendukung gw seribu persen disaat tak ada satu pun respon positif yang menghampiri :). Miss U so much, mom. Nyokap juga 2 tahun terakhir ini udah mulai rutin kemana-mana bertutup kepala. Gag tau sih udah terus-terusan ato engga… way to go Mom *peluk Mama*… bayangkan saat itu pun nyokap belum berjilbab tapi ngebolehin gw berjilbab, aihhhh…makin terharuuuuu huhuhu…

4 comments
  1. 95 dah apke jilbab, wuaaa…kerennn salut mba, aq baru 2th aj pake jilbab…Btw tulisannya dempet2 euyy no paragraf, agak2 pusing bacanya….

  2. dempet2 ya? masa sih hehehehe… itu kan udah berparagraf hihihihi, nanti kalo dibenerin deh… tenkiuuu dah berkomen ria disini ^_^

  3. yup.. 8 jempol dari sini buat nyokap loe ;;)

  4. Iya Shin, keren yah mak gw hehehehe…. masi banyak sih hal lain yang dia ‘putuskan’ yg membuat beliau agak-agak dicap ‘nyeleneh’ ama keluarga yang lain :D, tapi keputusan itu adalah berkah buat gw bersaudara ๐Ÿ™‚

Comments are closed.