Tips Mudah Bersalin : Melahirkan Normal Lancar Tanpa Menjerit Hehehe

Sebelum membahas Tips Mudah Bersalin ala persalinan normal ini, so that you know ini tidak berarti melahirkan via SC lebih buruk ya. Entah juga kenapa namanya persalinan normal kalau Vaginal-Birth ini hehehe. Kesannya kalau lahiran SC tidak normal? Nope, tidak begitu ya :).

Karena sudah melewati masa persalinan normal 3x dari 3 kehamilan saya, makanya saya lumayan pede bagi tips-tips sikit nih Gaeeesss hehehe.

Versi vlognya ada di sini ya :

Yok kita lanjutin lagi versi blognya hehe.

Soal apakah persalinan spontan (Vaginal Birth) vs persalinan via SC yang lebih baik, silakan berdiskusi dengan dokter kandungan/bidang masing-masing ^_^.

Langsung saja kita bahas tips mudah bersalin yang sudah saya terapkan pada ketiga proses persalinan saya dan alhamdulillah, beneran lancar, car, caaaarrrrrr :D.

Tips mudah bersalin 1 : LATIHAN PERNAPASAN

Tips mudah bersalin

Nah, ini nih tips yang pualiiiinggg penting. Karena masa-masa kontraksi sebelum melahirkan itu biasanya bisa berjam-jam. Apalagi kalau anak pertama.

Dari cerita beberapa teman ada yang proses persalinan menanti kontraksi full bukaan 10 itu bisa 16 jam! Ada yang lebih dari seharian. Ffiiuuhhh *ngelapKeringat*.

Saya sendiri kelahiran anak pertama tahun 2008 silam, kontraksinya sekitar 7 jam.

Bayangkan kalau dalam posisi berjam-jam itu saban kontraksi kita jejeritan atau mengamuk, capeknya kek apa :(.

Yang harus dipahami kontraksi ini tidak terjadi terus menerus. Tapi ada JEDAnya. Misalnya kontraksi datang per 5 menit. Palingan pas kontraksinya cuma 20-30 detik, abis itu hilang lagi.

Manfaatkan masa jeda untuk konsentrasi pada pernapasan. Ingat loh, penting untuk menjaga asupan oksigen selama proses persalinan. Nanti alasannya dikupas lebih jelas di TIPS NOMOR 4 ya :).

Latihan pernapasan yang baik dan benar paling enak tuh ngikutin pilates. Dalam pilates memang difokuskan untuk melatih teknik pernapasan banget. Banyak kok itu video-video pilates gratisan di youtube. Khusus untuk bumil juga ada ;).

Jadi gini, sebelum kontraksi datang biasanya kita udah tau tuh kalau bentar lagi mau sakit. Segera tarik napas panjaaaaang, begitu rasa sakit datang, hembuskan kuat-kuat dari mulut.

TIPS MUDAH BERSALIN 2 : TEKNIK RELAKSASI

Tips mudah bersalin

Teknik relaksasi saya pelajari dari CD gratisan waktu beli bukunya Eva Andriana, “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit”. Yup, pelajaran penting dari teknik melahirkan ala hypnobirthing.

Saya enggak pernah ngambil kelasnya. Kan banyak yang komplen mahal bla bla bla. Gak perlu juga kalau memang ada kemauan belajar sendiri.

Praktikkan instruksi dari Ibu Lanny Suwandi di CD hypnobirthing. Gimana caranya relaksasi saat rasa tegang melanda.

Jadi kita diminta mengencangkan seluruh bagian tubuh dari mata kaki sampai kepala. Lalu perlahan diminta rileks dari kepala sampai ke mata kaki. Latihan gitu terus tiap hari biar terbiasa.

TEntu dikombinasikan dengan teknik pernapasan yang tips pertama tadi.

Kedua tips ini anyway pelajaran penting buat gaya hidup sehari-hari sih bukan hanya sekadar tips mudah bersalin saja ;).

Tips Mudah Bersalin 3 : Menjaga Kebugaran Tubuh

Again sih ya, menjaga kebugaran tubuh juga bukan cuma untuk modal persalinan lancar saja hehehehe. Memang seharusnya menjaga kebugaran tubuh harus menjadi kebiasaan rutin kita sehari-hari.

Ketika masuk trimester 3 memang agak berat karena perut udah makin tambun (hahahaha), manalagi jadi sering pengin pipis. Badan sudah terasa makin berat. Tapi jangan kebawa santai dan rebahan mulu, yes? Hehe.

Usahakan aktif bergerak selama kehamilan tidak ada masalah. Tentu semuanya tetap harus dalam pengawasan dokter/bidan.

Kebugaran tubuh penting banget untuk menjaga stamina saat harus menghadapi proses persalinan sebelum bukaan sempurna. Makin bugar makin banyak ekstra energi/tenaga untuk melewati masa-masa kontraksi.

Tips Mudah Bersalin 4 : Mempelajari dan Memahami Proses Persalinan Secara Menyeluruh

Proses persalinan secara menyeluruh juga saya bacanya dari buku Eva Andriana, “Melahirkan Tanpa Rasa Sakit”. Penting loh ini agar fokus kita tidak hanya ke diri sendiri saja. Tapi juga kepada janin yang akan segera lahir :).

Jadi saat proses persalinan, bukan hanya sang Ibu/calon Ibu yang harus berjuang melewati masa kontraksi. Tapi si janin juga harus berjuang melewati proses yang mirip.

Karena saat kepala bayi menuju jalan lahir, posisi bayi juga sedang terjepit dan tentu tidak nyaman. Saat ini, janin perlu banget asupan oksigen yang memadai. Makanya TIPS NOMOR SATU TUH penting banget, yes?

Salah satu hal yang bisa Ibu/calon Ibu lakukan buat janin adalah menyediakan oksigen yang cukup dengan cara melakukan pernapasan yang benar dan… jangan terbawa panik!

Kalau panik biasanya napas malah jadi pendek-pendek.

Asupan oksigen terganggu, detak jantung bayi bisa ikut terganggu. Makanya selama proses persalinan detak jantung bayi juga dipantau terus oleh dokter/bidan/suster.

Tips Mudah Bersalin 5 : Afirmasi Positif

Selalu berpikir positif sih so pasti akan sangat membantu dalam situasi apa pun. Termasuk dalam proses persalinan ^_^.

Berusaha fokus untuk memikirkan hal-hal yang akan kita jalani setelah proses persalinan selesai. We’re going to meet the baby, yaaayyy ;).

Tips Mudah Bersalin 6 : Berdoa

Kalau tips yang ini, buat siapa pun yang memiliki kepercayaan terhadap Tuhan, tentu BERDOA sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Apa pun kondisi yang kita hadapi, mau hamil atau enggak, mau melahirkan atau enggak, kudu terus BERDOA, yes? :). Silakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

********

Itulah 6 tips mudah bersalin dari pengalaman pribadi saya. Inget ya, apa pun yang kalian pahami, tetep harus konsultasi dengan dokter / bidan yang menangani ;). Kondisi kehamilan tiap orang bisa beda-beda.

Kalok dokter udah bilang harus operasi ya mending manut deh. Kalau memang ingin berupaya optimal melahirkan normal juga monggo asal dapat lampu hijau dari tenaga medis yang terpercaya (y).

Semoga tips mudah bersalin dari saya bisa membantu, ya ^_^.