Sewa Rumah Cluster di Bintaro Sektor 9

Sewa rumah cluster di Bintaro ini spesifik di Sektor 9 karena sekolah anak-anak juga akhirnya di sektor 9 :D. Sedikit latar belakang kenapa tulisan ini terjadi hihihi, jadi setelah lebih dari satu dekade merantau, kami sekeluarga balik ke tanah air.

Karena anak-anak ini sudah terlanjur lahir dan besar serta memperoleh pendidikan di luar negeri semua, jadilah kami mencari sekolah internasional di sekitaran Jakarta. Di Jakartanya persis, mahal euy, gak sanggup hahahaha.

Ketemulah sekolah internasional yang lumayan terjangkau di area Bintaro. Bintaro sektor 9 tepatnya.

Dari situlah mau gak mau harus cari rumah deket-deket sekolahan biar enggak ribet nanti-nantinya. Rumah kami di area Jakarta Selatan semua dan jauuuuhhh dari sekolah barunya anak-anak nanti huhuhu.

Jadi terciptalah proyek cari sewa rumah cluster di Bintaro. Kok cluster? Mempertimbangkan alasan keamanan salah satunya. Terus nyaman aja, biasanya kalau cluster yang modern juga gak ada sekat-sekat pagar jadi lebih akrab aja gitu ama tetangga. Harapannya sih gitu, entahlah kenyataan di lapangan nanti :p.

Alasan lain kenapa harus cluster adalah kerapian. Biasanya yang cluster-cluster baru itu masih seragam dan belum boleh dirombak aneh-aneh. Jadi ya itu, rapi aja ngeliatnya ^_^.

Ternyata di sektor 9 banyak kok perumahan cluster. Tapi terus nyadar beberapa cluster itu ternyata terintegrasi dan dipegang pengembang. Nah, yang dipegang pengembang ini rata-rata cakep deh lingkungan segala macam. Lokasi pun oke.

Pengembang paling mapan yang menguasai Bintaro Sektor 9 adalah Pengembang Jaya / Bintaro Jaya. Bintaro Jaya sendiri clusternya ada yang lama ada yang baru.

Cluster lama di Bintaro Sektor 9 yang dipegang pengembang Jaya misalnya : Mertilang, Mateo, dll. Nah, kalau cluster yang lama-lama ini belum fokus dan desainnya belum minimalis. Juga sudah banyak rumah yang direnovasi. Clusternya juga belum terintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Kami kan penginnya gak perlu yang gede-gede lah ya hehehe, yang penting rapi dan lingkungan nyaman. To get the feeling memang baiknya sewa dulu kan sebelum membeli. Lagian kalau beli butuh waktu lamaaaaa. Mending sewa aja dulu ;).

Makanya akhirnya fokus ke cluster baru dari Bintaro Jaya yang masih dalam pengembangan, belum 100% jadi semua tapi udah cakep-cakep (dan mahal-mahal, damn! Hahahahaha) :

1- Oriana Permata

Ini lokasinya juga oke, deket dari lokasi sekolah anak-anak. Tapi langsung kami skip karena ternyata pas awal 2020 kemaren, banjiiiiiirrrr huhuhu. APa karena itu ya harga sewanya relatif lebih murah?

Bisa jadi lebih murah karena termasuk cluster yang paling lama. Jadi usia bangunan sudah lama juga. Bangunan tuh makin lama kan makin banyak masalah hehehe. Apalagi kalo gak dirawat.

Harga sewa per Juni 2020 pas kami hunting, ada yang nawarin 45 juta per tahun untuk rumah 3+1 kamar tidur dan 2+1 kamar mandi. Plus satunya itu service area. Itu harga buka untuk rumah kosong (tapi biasanya sudah ada AC dan kitchen set).

Itu belum nego loh. Baru buka harga. Mungkin bisa ditekan sampai 40 atau di bawahnya? Monggo dicoba hehehe.

2- Emerald

Emerald ini lokasinya cukup mantap. Terbagi dalam 5 cluster : Townhouse, Terrace, Garden, Residence, dan yang terbarunya adalah View.

Tiap cluster Emerald ini bloknya banyak bener. Gede-gede. Tiap cluster punya pintu gerbang masing-masing. Ke luar pintu gerbang langsung jalanan gede. Ada supermarket Hero persis di samping Emerald-View.

Juga ada Fresh Market di seberangnya Emerald-VIew. Paling enak nih kalau tinggal di Emerald-View nya.

Kami belum jodoh saja. Gak ketemu yang bener-bener cocok jadi gak nego harga juga.

Untuk info harga. Rumah dengan fasilitas kamar tidur 3+1 dan kamar mandi 2+1, buka harga rata-rata 50-55 juta per tahun. Itu kosongan ya. Paling dikasih AC atau kitchen set dan beberapa furniture kalau beruntung.

Saya rasa sih masih bisa ditekan sampai 45-50 juta per tahun. Kalau fully furnished atau semi furnished tentu lebih mahal, tergantung kondisi barang yang disediakan oleh landlord.

Sebagai informasi teman saya di JUni 2020 mulai ngontrak di Emerald View dengan fasilitas kamar tidur 4+1 dan kamar mandi 3+1, kondisi rumah baru dicat dan masih fresh, harga sewanya 70 juta setahun.

3 – Discovery Residences

Naini, akhirnya ngontrak di sini. Duh loveable banget cluster yang ini. Soal harga bisa dibilang sama dengan Emerald walau cluster Discovery terbilang lebih baru.

Tapi Discovery ini punya akses jalan sendiri. Enak buat lari-lari pagi. BIsa muter ampe jauh dan ada taman gede di tengah-tengah gitu. Nyaman banget lah pokoknya.

Discovery Residences so far lokasi utamanya terbagi 2. Saya tinggal di sisi yang sebelahan dengan RSPI Bintaro. Satunya lagi harus ngelewatin McD dan beberapa unit perkantoran.

Tawaran harga untuk rumah kamar tidur 3+1, kamar mandi 2+1, dan kosong mirip dengan EMerald, dibuka dengan harga 50-55 juta per tahun. Itu belum nego ya. Inget, kalok pinter nego pasti bisa dapat di bawah itu hehehehe.

Kami gak terlalu santai sih jadi berasa diburu-buru gak puas negonya :p. Akhirnya dapat rumah yang fully furnished. Tapi barang-barangnya biasa banget udah tua-tua gitu huhuhu. ACnya lengkap, kitchen set udah ada. Segala TV, kulkas, meja makan, tempat tidur, kasur, lemari, komplit!

Tapi ya gitu ya, furniture standar-standar aja :D. Harga sewa 62 juta setahun. Lumayan lah, soalnya gak perlu beli-beli barang lagi. Tinggal cuuusss bawa koper hehehe.

Nama-nama cluster di Discovery :

Discovery Cielo – Discovery Terra – Discovery Lumina – Discovery Fiore – Discovery Conserva – Discovery Eola – Discovery Famine – Discovery Serenity, dan yang masih baru banget … Discovery Amore.

4- Kebayoran Residences

Ini juga sempat kami lihat-lihat. Tapi clusternya lebih baru lagi. Juga terkesan lebih mewah makanya harga sewa lebih mahal. AKhirnya dicoret dari list. Ngapain deh nyari yang lebih mahal kalok udah ketemu yang dirasa bagus hehehe.

Rumahnya masih seger-seger karena baru hehehe. Kemarin ingat, ada rumah dengan tanah 70 an meter persegi, kamar tidur 2+1 ditawarin 55 juta per tahun. Kecil tapi mahaaaal. Ogah lah :p.

5- Bukit Menteng Pavillion

Yang satu ini baca namanya aja udah gentar hahahahaha. Jadi bener-bener gak dilirik sama sekali :p. Gak punya banyak waktu untuk ngider-ngider juga sih.

Mungkin kapan-kapan bolehlah ya disambangi buat kepo-kepo :D.

Begitulah sekelumit soal proyek sewa rumah cluster di Bintaro Sektor 9.