Perekam Suara PC : Merekam Suara dengan Aplikasi Voice Recorder di Windows

Untuk bikin vlog, perekam suara PC salah satu andalan saya. Kadang (eh kalau saya hampir selalu sih hihihi), vlog perlu dilengkapi dengan backsound suara non musik. Misalnya, ya suara kita sendiri hahaha.

Biar gegayaan gitu yaaaaa, sekalian melampiaskan obsesi masa kecil juga untuk menjadi pembawa acara atau dubber :D. Selain pengin jadi foto model dan bintang film tentunya hahaha. Ish, betapa inspiratifnya cita-cita masa kecil dulu :p.

Siapa sangka ya, era digital terus berlari. Sekarang, kita bisa menjadi foto model dan bintang misalnya di … akun media sosial kita sendiri! Hahaha. Apalagi sekarang ada yang namanya selfie, gak perlu fotografer dan studio mahal, Cuy! :D.

Lengkap dengan Insta-Beauty-nya jadi enggak perlu make up artist segala *lemparTasKosmetik*.

Menjadi presenter juga sekarang bisa! Di … vlog-vlog bikinan kita sendiri! Hahaha.

We can be everything lah ya di era media sosial nan ngehits sekarang ini ;).

Untuk merekam suara sendiri sekarang juga sudah banyak aplikasi buat Android atau iOs di smartphone masing-masing. Tapi generasi laptop kayak saya masih tergantung banget sama Windows, nih.  Perlu yang namanya perekam suara PC dan semacamnya itu. Emak-emak jadul masih susah move on dari laptop :p.

Merekam suara juga sudah diakomodasi dengan software bawaan Windows, “Voice Recorder”. Enggak usah bingung nyarinya ;).

Cara menggunakan perekam suara PC dengan aplikasi “Voice Recorder”

1.- Tinggal ketikkan “Voice” atau “Sound” di kolom search Windows. Nanti hasilnya akan keluar, tinggal di-klik dari situ saja ;).

voice recorder hasil search

2. – Tampilan aplikasinya juga sederhana banget. Seperti ini tampilannya :

Perekam suara PC voice recorder klik tombol hijau

Tinggal pencet tombol hijau yang di tengah bagian bawah itu untuk mulai merekam suara kita.

3. – Sebaiknya ya, siapkan dulu naskah untuk dibacakan walau cuma 2-3 kalimat biar seru gitu kayak presenter beneran hehehe. Kalau ngomong masih sambil mikir biasanya malah belibet.

Kalau sudah ada naskah kita tinggal mengatur tekanan suara yang jauh lebih mudah dilakukan jika sudah ada teks yang tinggal dibaca. Tapi kalau lebih sreg langsung ngomong tanpa naskah ya bisa juga sih hehehe. Maklum lah ini juga tips ala-ala :p.

4. – Pakai headset untuk hasil yang lebih baik. Kalau direkam langsung tanpa bantuan headset/mic atau semacamnya, hasilnya kurang mulus euy hehehe.

5. – Saat suara sedang direkam, tampilannya seperti ini :

perekam suara PC

Kalau sudah selesai, klik tombol hijau dengan kotak putih di tengah itu. Lihat gambar di atas lagi, ya. Nanti filenya  otomatis tersimpan dan sudah ada default namanya Recording(x). Tapi bisa di-rename untuk memudahkan penggunaan ke depannya.

Untuk merekam bagian selanjutnya ulang lagi dari langkah nomor 2 dan seterusnya.

***

Kayaknya sih, di Android atau iPhone kita bisa instal banyak aplikasi yang sejenis dengan Voice Recorder ini. Saya pernah instal di Android, lupa namanya. Tapi tinggal search pakai kata kunci “voice recording” atau “sound recording” juga banyak banget tuh hasilnya. Gratis kok rata-rata hehehe *ciyumDompet*.

Cuma belum pernah pakai sih. Lebih praktis di laptop kalau saya. Saya ini tipe jadul gitu lah. Fesbukan saja mesti pakai laptop hahaha. Lebih puas ngetiknya. Makanya, kalau bikin status di Facebook tuh, jarang deh kurang dari 1000 kata hahaha. Sekalian bikin buku di Fesbuk kali Mbak? :p.

Jadi tidak berarti merekam suara harus via Windows dong ya ;). Kebetulan aja saya pakainya memang aplikasi Voice Recorder bawaan Windows :D. Selama ini kayaknya sudah cocok saja. Mungkin lain kali mau nyobain juga merekam suara via aplikasi di smartphone gitu-gituan. We’ll see :).

Semoga infonya berguna ya ^_^. Tetap semangat nge-vlognya yaaaaaaa :D.

**