Road Trip Jakarta – Yogyakarta (Day 4) : Borobudur – Drama Debt Collector – Kopdar dengan Seleb Bantul

Wisata Candi Borobudur tentu jadi tujuan utama pas ke Yogyakarta. Apalagi buat anak-anak, ya. Sudah merantau ke mana-mana kok ya belum nginjekin kaki di tempat wisata level dunia di negeri sendiri ;).

 

Saya sendiri sudah pernah ke Borobudur, via road trip juga waktu itu. Kelas 5 SD tahun 1991. Tim marching band sekolah kami (SD Islam Athirah) ikut lomba di Jakarta. Terus juara 2 jadi hadiahnya road trip dari Jakarta ke Surabaya.

Naik beberapa bus gede ramai-ramai. Mampir ke Tangkuban Perahu, ke Borobudur, nginep di Malioboro, ke Keraton Yogyakarta, dan transit Surabaya sebelum naik kapal laut ke Makassar.

Akhirnyaaaaa … balik ke Borobudur lagi, bareng suami + anak-anak ^_^.

 

Sarapan jam setengah 7 pagi di Royal Darmo. Walau kamarnya ngeselin karena baunya enggak enak, sarapannya lumayan banget. Tapi enggak seenak yang di Hotel Patra kemarin :D.

Setelah mandi langsung berangkat ke Borobudur. Tiba di Borobudur sekitar jam 9 pagi.

Baru keluar mobil udah dirubung sama pedagang kaki lima. Duh, enggak tega banget mau nawar-nawar ke nenek-nenek yang jualan topi lebar itu. Jadinya beli topi 60 ribu perak. Suami kesel banget tapi gimana dong, yang jual udah tua gitu :(.

Tapi melihat foto ini, kumerasa it’s worth the price lah ya hihihi *ngikikCentil*.

Tiket masuk dan sejarah Borobudur segala macam kalian googling sendiri aja, yaaaa. Udah banyak banget kan pasti itu. Saya setor foto-foto aja ya di postingan ini :D.

O ya, enggak boleh membawa makanan masuk ke dalam area Candi Borobudur. Ada pemeriksaan di pintu masuk. Makanan bisa dititipin di loket khusus nanti kalau mau keluar bisa diambil lagi. Bawa air minum boleh.

Buat yang mengenakan pakaian agak terbuka nanti dikasih kain buat nutupin bagian tubuh yang dianggap terlalu terbuka. Misalnya turis-turis asing yang menggunakan hot pants, kainnya bisa dijadikan rok.  Kedua aturan ini untuk menghormati candi sebagai tempat suci bagi umat Buddha.

Sebelum naik ke candi pemandangan candi dari jauh udah cantik banget. Foto-foto sepuasnya sebelum naik ke candi. Karena pas pulang, jalurnya beda dan susah dapat sudut foto yang bagus. Ini saran dari Kak Desan yang udah ke sini sehari sebelumnya.

Ini saya kok kalau ambil foto miring-miring mulu zzzzz -_-.

Kami juga menyewa fotografer yang wara wiri di sana buat difoto agak bagusan buat kenang-kenangan. Hasilnya hard copy, sih. Males scan-nya hehehehe. Ini jadi posting foto-foto dari hape saja. Suami  udah males motret-motret pakai DSLR.

A little selfie won’t hurt anyone, yes? :p

Buat yang bawa stroller/kereta bayi atau mengenakan kursi roda, naiknya pakai jalur samping yang enggak pakai tangga. Jalannya menanjak sampai ke atas.

Tapi pas udah naik ke candinya, stroller harus dilipat. Mau titip di bawah kok takut ilang ya hehehe :p. Lumayan juga gotong-gotong stroller ke atas. Saya enggak kuat gendong si bungsu, jadi suami yang gendong sambil naik tangga.

Untung datangnya enggak terlalu siang-siang banget, ya. Jam segitu juga sudah poooolllll teriknya. Cengdem nempel terus pokoknya :p. Habis berbotol-botol air minum juga.

Tentu saja sengatnya mentari tidak boleh menghalangi semangat selfie di tempat sekeren ini *benerinCengdem*.

Foto model road trip kita juga tetap semangat minta difotoin hahahaha. Nape jadi centilan dese :p.

Candinya bertingkat-tingkat banget. Enggak semua sempat dikelilingi. Saya juga naiknya enggak sampai ke puncak banget. Biarin deh, dulu kan sudah pernah hehehehe. Suami dan 2 anak yang gede-gede aja. Saya di bawah jagain yang bontot + strollernya.

Tapi sebelum pada manjat ke paling atas, mari foto-foto full team duyuuuuuuu :D.

Ini edisi boys only :D.

Tampang anak-anak udah bete males difoto berarti saatnya pulang! Hahahaha :p. Sekitar 2 jam lah total waktu buat keliling-keliling di Borobudur dari pintu masuk sampai keluar.

Harus buru-buru juga, sih. Belum check out soalnya di Royal Darmo. Pengin ganti hotel buat malam kedua di Yogyakarta.

Jalur keluarnya beda dengan jalur masuk. Jangan lupa mengambil barang titipan (makanan dll) sebelum meninggalkan area candi, ya. Di pintu keluar biasanya diingetin, sih. Ambil hasil foto juga di dekat pintu keluar.

Juga harus tabah menghadapi serbuan para PKL yang menjual aneka macam barang. Langsung kabur ke mobil saja hehehe.

Di hotel langsung mandi, laporan dulu ke resepsionis via telepon sebelum nyampe hotel untuk ngasih tahu bakal late-check-out. Untung bukan peak season sih. Jadi bisa check out jam 1.

Dari hotel keliling dulu nyari laundry kiloan. Gilak deh muacetnya Yogyaaaaa, kezeeeeelllll huhuhuhu -_-. Banyak salah belok karena rambu gak jelas, jalur yang dibatasi seenaknya pakai tali rafia jadi muter-muternya lamaaaaaa.

Akhirnya dapat laundry kiloan. Lagi kesel-keselnya tahu-tahu ada 2 laki-laki berbadan kekar menghadang suami depan lokasi laundry kiloan yang kami datangi. Katanya mobil kami bermasalah. Mobil sewaan dari Jakarta sih sebenarnya.

Setelah berdebat akhirnya suami mau ikut ke sebuah kantor financing yang lokasinya agak-agak sepi. Sempat takut, sih. Tapi kami googling habis-habisan di jalan benar kok itu kantor Finance resmi.

Ternyata ya, pemilik mobil yang kami sewa menunggak cicilan beberapa bulan dan 2 laki-laki tadi tuh debt collector. Suami nelepon ke tempat penyewaan mobil di mana pemiliknya juga bingung karena mobil yang dia sewakan juga titipan anggota koperasi. Ribet dah. Keseeeeelllll mana lapeeeerrrrr -_-.

Sekitar sejam kami tertahan sementara pegawai Finance dan debt collector telpon-telponan dengan pemilik mobil. Pokoknya suami enggak mau terlibat. Kita kan gak ada urusan dengan cicilan mobil wong bayar sewa juga udah langsung lunas di Jakarta.

Akhirnya go-food Hokben sudah pada kelaperan. Rencana makan di mobil saja.

Akhirnya selesai entah gimana akhirnya. Saya, suami dan anak-anak parkir di luar nunggu di mobil. Gak jadi makan di mobil mau check-in aja langsung ke hotel.

Lagi bete bin laper tetep dipaksa foto-foto hahahaha.

Jam setengah 4 check-in di Hotel Crystal Lotus, daerah Sleman ya kalau gak salah. Iya gak, sih? Males googling lagi hihihihi.

Hotelnya keren. Jauuuuh lebih mendingan daripada Royal Darmo. Pada makan siang di lobi sambil nunggu Papa check-in. Sudah lapar banget.

Sebelum jam 4 akhirnya masuk kamar juga dan langsung tepar, ketiduran sih enggak. Mood sudah berantakan padahal janjian kopdar sama Kak Ochank sekeluarga plus satu teman lagi yang memang tinggal di Bantul, Yogyakarta.

Tapi ya kapan lagi bisa ketemuan, sudah jauh-jauh ke Yogya ye kaaaaaan. Akhirnya janjian di restoran Hotel Lokal, Yogyakarta.

Terus pada mandi, ganti baju dan cuuusss ke Hotel Lokal, tempat Kak Ochank sekeluarga menginap.

Akhirnyaaaa, setelah temenan di Facebook, komen-komenan, maki-makian, bully-bully an (hahahaha), sejak akhir 2014 kalau gak salah, ketemu juga dengan si Iqbal hehehe. Foto bertiga deh bareng Kak Ochank :D.

Iqbal Aji Daryono, selevel socmed influencer juga. Daerah jajahannya di Facebook :D. Ketemuan sekeluarga, Iqbal datang bareng istrinya (Mbak Nurul) dan anak-anak mereka.

Anak bungsu mereka juga laki-laki, umurnya belum setahun. Namanya Lantip. Anak-anak saya sudah haus darah gitu ngeliat Lantip *ngelapKeringat*.

Waktu ibunya Lantip numpang shalat di kamar Kak Desan, kan pada masuk sana semua. Daku setengah mati jagain Lantip biar enggak digempur sama anak-anak hahahaha. Anak bungsu saya gemes kalau lihat anak bayi. Lah situ sendiri kan masih ‘bayi’, sayaaaaanggggg zzzzz -_-.

Karena sering bully Iqbal di Facebook ketemu aslinya kok rada ganteng-an kan jadi salting, yes? :D. Yang gue bingung, gue yang sebenarnya grogi, kok si Iqbal yang nabrak kaca hahaha.

Kami mengobrol apalagi kalau bukan soal Jokowi dooooongggggg :D. Ngobrolin teman-teman di FB yang sebenarnya banyak yang belum pernah ketemu. Ngomongin akun-akun hater, akun-akun gaje dst dst dst.

Ada kali 2 jam kami berisik sendiri di restoran hotel. Mungkin pengunjung lain lega banget pas akhirnya kami semua pamit hahahaha.

Terima kasih traktirannya Kak Iqbal + Mbak Nurul <3.

Plus dikasih oleh-oleh berkardus-kardus bakpia pulak *yaaayyyy*. Thanks a lot yaaaaaa <3.

Pas Iqbal dan keluarga pulang, kami sempat curhat ke Kak Ochank + Kak Desan soal debt collector tadi. Kata Kak Ochank kemungkinan mereka itu pakai jasa “Matel” / Mata Elang jadi mobilnya bisa ketahuan lokasinya.  Matel ini biasanya banyak cabang lokal jadi bisa cepat tuker-tukeran informasi.

Yah, pelajaran deh ya kalau sewa mobil cari tempat penyewaan yang lebih bonafid jangan nyari asal murah #eh hihihihi :p.

Kami pun pamit juga karena Kak Ochank sekeluarga mau berangkat ke Jakarta subuh-subuh, sementara kami baliknya mau siangan aja. Akhirnya setelah bolak balik ketemu di Cirebon-Pekalongan dan Yogyakarta akhirnya pamit beneran ya sama Kak Ochank. Etapi terus ketemu lagi pas muktamar  Pattiro Deceng *jiaaaaah* :p.

Sebelum balik ke hotel, jajan es durian dulu. Bawa pulang ke hotel. Seperti biasa, anak-anak minta nonton TV dulu bareng-bareng sambil nyemil es duren. Mamaknya mah langsung tepar duluan kek biasa -_-.

Nanti vlognya menyusul yes? Hihihi. Jangan lupa subscribe ke channel youtube saya di sini ya ;).

Selamat malam kembali, Yogyakarta!