Road Trip Jakarta – Yogyakarta (Day 1) : Cirebon!

Why Yogyakarta? Kota kelahiran suami! Hehehe. Dari dulu dia kepengin banget ngajak anak-anak melihat kota kelahirannya. Kota-kota tujuan utama : Cirebon -> Semarang -> Yogyakarta.

Berangkat hari sabtu tanggal 7 Juli 2018. Lumayan sih, dari rencana awal berangkat abis shalat Subuh jam 5 an, akhirnya realisasi jam 5.45. Not bad at all :D.

Anak-anak masih setengah tidur saat diangkut ke mobil. Enggak sempat sarapan sama sekali. Saya dan suami ngemil buah saja. Untuk anak-anak udah dibungkusin buah + roti + kue-kue in case terjebak macet lama dan belum sempat mampir sarapan.

Kami sudah prediksi, Cikampek pasti parah banget no matter mau berangkat jam berapa. Tapi tetap dong, lebih cepat lebih baik :p.

Begitulah … sejak masuk Cikarang sudah merayap. Tapi jauh lebih mendingan karena masih bisa jalan walau kecepatan 10 km / jam kali hihihi.

Tentunya, ini bukan di CIKAMPEK! hahahaha :p

 

Anak-anak masih tidur, kami berdua ngobrol biar enggak bete pas macet. Ngobrolin appaaahhhh??? Apalagi yang diobrolin oleh sepasang cebbie ini kalau bukan muji-muji Pakde! Hahaha #kibasEkor.

Tadinya pengin naik pesawat ke Malang, main ke Jatim Park. Terus naik kereta ke Yogyakarta. Tapi terus mupeng pengin menjajal jalan tol. Terbawa cerita-cerita indah para pemudik pas lebaran 2018 kemaren, tuh.

Suami saya memang senang menyetir. Setahun di US juga sudah bolak balik road trip ke berbagai state. Libur dikit langsung gatel pengin road trip. Sempat saya ingatkan kondisi jalanan di US vs Pulau Jawa ya pasti beda lah. Tapi dese tetap ngotot.

Pengin sampai Malang takut enggak kuat, karena targetnya memang cuma 6 hari dan mau mampir ke mana-mana. Sayang ah, kalau di Malang cuma numpang lewat.

Kami mengira jalan tolnya dibuka terus sampai Semarang. Ternyata … enggak! Huhuhu. Tetap harus Brexit :(. Lah, kok udah nyampe Brebes aja ini ceritanya hihihihi. Okeh, balik lagi.

Akhirnya setelah dua jam, lepas dari Cikampek. ((DUA JAM)) *nangis*. Lewat Karawang kalau gak salah baru bisa napas lega. Langsung ngebut mumpung anak-anak belum ada tanda-tanda minta sarapan. Masih pada ngulet-ngulet :D.

Harusnya sih bablas saja terus sampai masuk Cipali. Tapi khawatirnya enggak ketemu rest area yang “layak”. Newbie nih di Cipali hehe.

tempat wisata di cirebon
Masuk Palimanan (Tol Cipali)

 

Agak pilih-pilih tempat makan karena ya tau sendiri kan, perut anak-anak yang sehari-hari di “negara bule” agak-agak norak kalau dibawa mudik ke Indonesia. Kalau emak bapaknya mah biasa-biasa saja.

Daripada berurusan dengan rumah sakit pas pengin senang-senang begini mending hati-hati milih resto. Mahal sikit gak papa ketimbang rusak suasana liburan ngurusin anak mencret -_-.

Kami mampir sarapan di rest area penghabisan Cikampek.  Suami udah ngiler pengin makan somay abang-abang atau mampir di bubur ayam pinggir-pinggir jalan yang kebetulan juga mangkal di dekat-dekat jajaran restoran. Tapi dipelototin sama bini hahaha. Pokoknya no junk food, no “lesehan” :p. Better safe than sorry ;).

Akihrnya masuk ke restoran yang lumayan bersih. Masakan rumahan pula. Sop daging, ayam goreng, tahu-tempe goreng, lalapan sayur, gitu-gitu lah.

Sulung yang kelaperan hehehe (sarapan day 1 di rest area Cikampek)

 

tempat wisata di cirebon
Kok buncit iniiiiiii hihihi *tutupMuka* (sarapan day 1 di rest area Cikampek)

 

Setelah kenyang + leyeh-leyeh bentar + ke toilet, lanjut perjalanan sampai … Cirebon!

Oiya, malam sebelumnya sudah wasap-an sama Kak Ochank yang ternyata juga road trip ke Yogya, start di hari yang sama, yaaayyyy ^_^. Tapi beliau sekeluarga berangkatnya lebih belakangan. Udah janjian mau ketemuan di Cirebon, maksi bareng.

Sambil nunggu mereka yang masih mandek di Cikampek (hihihi) dan masih jam 11 juga, maka kami main-main ke beberapa tempat wisata di Cirebon dulu :

BATIK TRUSMI

Sepertinya ada beberapa sentra belanja Batik Trusmi ini, ya. Kami kayaknya mampir ke pasar yang sepi. Pantes beberapa kiosnya tampak tutup.

tempat wisata di cirebon batik trusmi

Sempat beli batik buat anak-anak. Jadi beli 3. Tapi batik cap ajah bukan batik tulis hehehe. Saya tuh paling tidak tega nawar-nawar ke pedagang apalagi kalau lihat tempatnya sepi. Jadi, suami yang maju! :p.

Akyu kan anak pedagang, ya. Kalau lihat mereka ya inget almarhum bapak *mulaiDrama*. Tapi ya memang harus nawar jugak kalau ke tempat kayak ginian karena kadang nembak harga awalnya mayan juga. Apalagi kalau tahu kita bukan orang sana. Dari logat kan kelihatan.

Memang manusia diciptakan berpasang-pasangan. Istri gak tegaan, suami yang tegaan hahaha :p.

tempat wisata di cirebon batik trusmi

Suami juga beli batik di sini. Dia nyari sendiri, nawar sendiri. Saya sibuk bikin vlog hihihi. Anak-anak lari-larian gak jelas. Yang bungsu masih bobok di stroller.

Enggak terlalu lama, sih, belanja-belanjanya. Tapi panasnya pooooollll. Jadi, sebelum lanjut perjalanan, tergoda nyicipin es teler di warung yang lumayan gede di sebelah pasar Batik Trusmi ini. Pas depan parkiran juga.

tempat wisata di cirebon batik trusmi
Puanaaaaassssssss

 

Tadinya mau beli jajan empal gentong. Tapi kan udah janjian makan siang sama Kak Ochank + Kak Desan jadi mentok di es campur saja. Es campurnya enggak kefoto, malah sibuk selfie hihihi *ngikikCentil*. Yang follow di IG, pasti pas road trip ini udah begah banget liat IG story saya sepanjang perjalanan :D.

Kira-kira jam setengah satu siang, lanjut perjalanan lagi. Karena Kak Ochank + Kak Desan belum nyampe Cirebon juga, kebetulan kami juga agak kenyang abis jajan, jadi lanjut ke tempat wisata di Cirebon berikutnya : Keraton Kasepuhan Cirebon!

tempat wisata di cirebon keraton kasepuhan cirebon

Ternyata, tempatnya luas juga. Di bagian luar, saat pertama masuk dari pintu gerbang, ada sisa-sisa bangunan yang dulu digunakan di masa keraton kasepuhan masih menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Cirebon.

Langsung lihat foto-fotonya saja.

 

Sempat juga bikin beberapa video buat vlog nanti, yang entah kapan sempat ngeditnya hihihihi. Ya sudah, sedikit sneak peek dulu nih 😀

Terus, masuk ke dalam lagi ada MUSEUM PUSAKAN Keraton Kasepuhan.

Masuk ke dalam harus bayar. Biayanya sekitar 25 ribu rupiah per orang. Yang masuk hanya saya dan boy1 – boy2. Suami milih nunggu di luar bareng si bontot.

Gak sempat foto-foto dalam museum, cuma ngambil beberapa video. Ini salah satunya, buat lihat-lihat kira-kira isi museumnya apaan :

Museum ini relatif baru, lho. Diresmikan sama siapa… sama siapaaaaaaa … silakan dilihat di foto di bawah ini #eaaaa. Tetap #cebbieOnDuty mah walo liburan jugak. Warbyasak sepasang cebong fanatik ini hahahahaha.

Di dalam area Keraton Kasepuhan Cirebon juga masih ada Keputren yang merupakan tempat tinggal dari keturunan raja-raja Cirebon di masa lalu. Yang terkini itu adalah : Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat. Ada fotonya depan museum.

Marilah berfoto bersama (foto) Pak Sultan :D.

Terus dihubungi oleh Kak Ochank + Kak Desan yang sudah nyampe Cirebon. Tapi nanggung nih, jadi kita tetap masuk ke dalam lagi buat lihat bagian terakhir dari Keraton Kasepuhan Cirebon ini.

Semacam replika tempat tinggal masa lalu keluarga Sultan di era kerajaan masih berkuasa dan beberapa monumen penting seperti 2 macan putih yang ini :

Sebagian interior istana di masa lampau :

Tampak depan dari bagian keraton, selfie-able banget, sih. Cuma gak keburu mau foto-foto di situ. Ngantri dan anak-anak susah bener ya Allah disuruh baris rapi kalau mau foto *pijetKening*.

Paling ujung banget … toko suvenir! Liat-liat + foto-foto doang gak beli apa-apa hihihi *ngikikNgirit*.

tempat wisata di cirebon

Dari sini langsung tergopoh-gopoh balik ke gerbang depan, jalan tergesa-gesa ke tempat parkiran.

Kami janjian dengan Kak Desan sekeluarga di Nasi Jamblang Mang Doel. Hasil googling, katanya sih Pak SBY dulu pernah makan di sini. Terus kenapa? Hihihihi. Entah dah itu suami yang ngusulin tempat ini.

Ternyata … macet!!! Huhuhu. Jadi enggak enak hati. Soalnya mereka sudah selesai makan kita masih di jalan :(. Sungkem ya Kak Ochank dan Kak Desan. Akhirnya, keburu juga lari-lari buat foto-foto bertiga hihihi. Ngobrol bentar banget karena mereka buru-buru mau lanjut.

Selfie buru-buru hehehehe

 

Kak Ochank + Kak Desan sekeluarga cabut, kami pun makan. Sebelahan sama eneng-eneng Cirebon yang geulis-geulis dan kulitnya cerah-cerah. Pantes suami saya melirik mulu hahahaha. Paling gak tahan dese kalau liat ciwi-ciwi yang kulitnya cerah, rasis lo Bang! Hihihihi.

Waaaahh, makannya itungannya murah banget yaaaaa :D. Selain makan nasi jamblang juga nyobain empal gentong yang memang makanan khas Cirebon ini. Enaaaaaakkkkkk. Entar mau nyoba bikin ah, googling resep kapan-kapan :D.

Abis itu, melesat lagi, mau lanjut ke Semarang. Di tol, keluar di Brebes. Dan mulailah nyetir di jalur Pantura non-tol yang bikin eike enggak bisa tidur sepanjang perjalanan. Biasanya mah kalau road trip ngorok mulu hahahaha.

Sereeeeemmm, banyak truk. Walau rumah penduduk berjejalan di pinggir jalan, ada sepeda motor dan sepeda biasa juga lalu lalang bareng mobil-mobil dan truk-truk yang sering ngebut. Duuuuhhh gimana bisa merem cobak huhuhu.

Sempat mampir shalat + ngelurusin kaki di salah satu rest area sebelum keluar di Brebes.

Kepanikan berlanjut karena pas nyari-nyari hotel buat nginep … penuh di mana-mana! Sudah coba di Kendal, di Batang, di Pekalongan, enggak dapat-dapat. Panik, panik, panik.

Wasap-an sama Kak Desan juga karena ternyata mereka juga enggak kuat lanjut sampai Semarang.

Akhirnya nemu di Sidji Hotel, Pekalongan. Duh, leganyaaaaaaa. Soalnya sempat adu mulut juga sama suami di mobil. Saya nih sifat jeleknya kalau stres bawaannya ngamuk :p. Nyalah-nyalahin suami kenapa gak antisipasi booking duluan. Lah embaknya sendiri ngapain???? *toyorKepalaSEndiri* hahahaha.

Happy ending. Karena Kak Desan juga akhirnya nginep di hotel yang sama. Ketemu lagi kitaaaaaaaaa :D.

Sebelum check-in, mampir makan malam di warung bakso deket-deket situ. Anak-anak rewel enggak mau nyobain makanan aneh-aneh. Padahal suami pengin banget nyoba-nyoba menul lokal. Saya ogah makan di KFC dll. Tapi akhirnya nyasar ke warung bakso, laaaahhhh hihihihi.

Gak kepikiran mau foto-foto. Dah capek, bete karena drama nyari hotel. Abis makan langsung capcus ke hotel, check in dan tepar di kamar. Belum malam-malam banget, sih. Jadi sempat nonton-nonton TV sebelum bobok sampai pagi.

Good nite, Pekalongan :).

Lanjut Day 2 -nya di sini ^_^.