Sekilas Info dari Ranah Barat Eropa

Scotland will remain part of United Kingdom. Fffiuuuhh, lega, euy hehehe…

In case you’re not aware :D, per tanggal 18 September kemarin, wilayah Skotlandia baru saja melaksanakan referendum untuk menetapkan apakah Skotlandia akan berdiri sebagai negara merdeka atau tetap  menjadi bagian dari UK.  Hasilnya ya itu tadi, Scottish say “NO” for independence ;).

Gambar : housesittersuk.co.uk

Gambar : housesittersuk.co.uk

Soalnya bisa fatal kalau ternyata Skotlandia berhasil ‘melepaskan diri’. Apa kabar tuh North Ireland yang dari dulu enggak pernah bener-bener ‘damai’? Nanti bakal kesulut semua, deh 🙁.

Memang agak ribet ini hubungan antara England-Wales-Scotland-North Ireland dan Republic of Ireland sendiri. Not mention, orang-orang yang masih suka bingung antara Irlandia utara dan Republik Irlandia.

Macam komentar yang saya terima dulu, “Ih, Irlandia kan rusuh melulu. Gak aman.”

Errrrr… North Ireland kali maksudnya hehe.

Republik Irlandia sendiri konon menolak masuk “anggota Schengen” dikarenakan UK yang juga menolak. Padahal soal keanggotaan di Uni Eropa, kayaknya Irlandia lebih aktif dan ‘berkenan’ ikut pakai euro juga.

Oiya a fun fact yang baru nyadar setelah tinggal di sini, (mungkin) di seluruh penjuru Eropa hanya UK dan Rep.Irlandia saja yang memakai bahasa Inggris. Sisanya punya bahasa lain. Tapi kurang tahu ya dengan negara-negara ‘mungil’nya. Yang jelas negara-negara hits macam Jerman, Perancis, Spanyol, Norwegia dkk punya bahasa dewe-dewe :p.

Plus minus ya. Plus-nya di negara lain kan jadi belajar bahasa baru misalnya bahasa Perancis, Spanyol, Jerman, Belanda, Norsk, Rusia, dll. Plusnya di Rep. Irlandia, emaknya gak ribet kalau anak-anak sekolah di sekolah negeri lokal (yang pastinya gratis tis tis itu hahahahaha). Bisa langsung klop karena kita kan rata-rata pasti bisa lah ya kalau bahasa Inggris doang 😉.

Pengalaman beberapa teman di negara lain, kalau anaknya sambung sekolah (alias enggak mulai dari awal), biasanya harus turun kelas karena kendala bahasa. Kecuali punya duit lebih untuk nyekolahin anak di international school.

Tambahan lagi, kurikulum UK yang juga diadopsi Rep.Irlandia ini termasuk ‘kejam’ untuk ukuran “pendidikan ala barat”. Tapi sekejam-kejamnya sih masih lebih jinak daripada “pendidikan ala timur” yang sepertinya masih dianut oleh orang Indonesia dll :D. Di sini, dari usia 4 tahun sudah diajarkan membaca dan berhitung serta menulis juga, lho, hehehe.

Anw, akses ke UK dari Republik Irlandia (biar gak nyaru sama Irlandia Utara :p) memang lebih gampang. Untuk pemegang paspor Uni Eropa tapiiiii. Kalau paspor ijo tua mah .. ya nasib, ya nasib, ya, Kakaaaa hahaha .

Katanya sih khawatir kalau Rep. Irlandia masuk schengen jadinya pendatang non Uni Eropa banyak yang nyelip ke Rep.Irlandia buat sekalian masuk UK. Karena selama ini pemeriksaan ‘imigrasi’ dari Rep. Irlandia ke UK itu lebih ‘longgar’. Jadi, kalau Rep. Irlandia ikut-ikutan ke Schengen, imigrasi UK ketiban kerjaan kali jadi harus lebih ketat pemeriksaannya hehehe.

Tapi enggak adilnya, kalau punya visa turis masuk UK, asal pernah menginap beberapa malam (minimal 3 malam kalau gak salah), pemegang paspor Indonesia boleh masuk Irlandia tanpa visa khusus. Nah, ini enggak berlaku sebaliknya huhuhu. Visa Irlandia ya enggak boleh melenggang bebas masuk UK, tetap harus apply visa UK .

Tapinya lagi, untuk masuk ke North Ireland, pemegang GNIB Irlandia katanya boleh-boleh saja masuk tapi pakai jalan darat. Zzzzz , ribet ya boooo hihihihi.

Jadi, teman-teman pemegang paspor hijau tua di Inggris harusnya bisa tuh main-main ke Irlandia . Ditunggu di Athlone, ya, kalau bisa bawain tempe hahahahahaha.

Saya sih pengennya damai-damai aja. Setertib apa pun proses referendum dan hasilnya, kalau ternyata Scotland harus lepas dari UK, pasti ujung-ujungnya ada ‘penyesuaian’ yang belum tentu ‘damai’ toh ya hasilnya . Rembetannya juga bisa tak terduga .

Memang sih, kalau dipikir-pikir apa juga hubungannya dengan Rep.Irlandia. Tapi kan tapi kan tapi kan, “perdamaian global” seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh makhluk bumi .

Comot quote dari Dalai Lama lagi, ‘Where ignorance is our master, there is no possibility of real peace.’

Selemah-lemahnya perhatian kita adalah … doa yang baik . Alhamdulillah, kali ini doa saya terkabul ^_^.

keep-calm-and-pray-for-peace-6

Mari berdoa untuk perdamaian di Palestina, di beberapa negara Afrika yang ternyata sampai sekarang masih ‘membara’ (padahal jarang dibahas ya di media-media tanah air), wilayah Rusia yang sampai sekarang juga belum jelas status konfliknya dengan Ukraina, dan lain sebagainya .

Btw, hasil referendum di Skotlandia-nya 54 vs 46, errrr… gak beda jauh, ya. Tapi so far, pihak “YES”-campaign sudah menerima hasil voting dan ada seruan untuk melakukan hal yang sama ke seluruh penjuru Skotlandia .

“Scottish First Minister Alex Salmond admitted defeat in Scotland’s independence referendum Friday — and urged the rest of Scotland to do the same.”

Alhamdulillah, orang-orang KPU sono sama MK-nya bisa langsung tidur nyenyak insya Allah hihihihi .

Congratulation, Scotland!

Gambar : alumni.umich.edu

Gambar : alumni.umich.edu

Salah satu eh salah dua beritanya bisa dilihat di sini 😉 …

http://www.bbc.com/news/uk-scotland-scotland-politics-29263022
http://edition.cnn.com/2014/09/18/world/europe/scotland-independence-vote/index.html

One thought on “Sekilas Info dari Ranah Barat Eropa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *