Cara Mendapat Uang dari Website via Hobi? Bisa Bangeeeetttt ;)

Cara mendapat uang dari website tuh banyak banget caranya. Apalagi kondisi sekarang-sekarang ini.

Masa pandemi memaksa sebagian dari kita (mungkin sebagian besar malah) untuk lebih banyak tinggal di rumah. Terasa kan?

Berbulan-bulan ngalamin seharian di rumah-rumah saja pasti lama-lama bosan juga kalau waktu digunakan buat nonton tivi saja hehehe. Mau baca buku juga kadang banyakan bosannya, eh…itu mah saya :p.

Scrolling up and down di medsos juga lama-lama bosan sendiri. Tadinya mau buat fun, eh lihat foto si anu kok kece jadi kesel sendiri hahahaha, lihat si onoh makan mulu malah jadi pengin tapi takut ke luar rumah, lihat video si unuh sibuk tik tok an makin sebel karena pengin tapi gak bisa-bisa hahahaha.

Daripada-daripada dst-dst mending memanfaatkan waktu di rumah dengan membekali diri tentang cara menghasilkan uang dari internet. Rumit? Enggaaaaa, jangan mikir kejauhan hehehe.

Kalo via website berarti harus jago nulis dong?

kacang tanah untuk diet

Begini Dear, menulis itu sebenarnya masalah keterampilan. Bakat mah nomor kesekian. Prinsip dasarnya kek naik sepeda aja, makin dilatih makin terlatih ;). Gak susah, yes?

Salah satu TIPS UTAMAnya TULISLAH SESUATU yang kalian sukai ^_^. Kalau punya hobi spesifik? Wah, mantep tuh! Bisa banget dijadikan niche andalan dari situs/website yang akan kalian bangun nanti.

Soal-soal teknis gimana cara bikin website, hosting, segala macam, tinggal googling ajah. Buanyaaaakkkkk informasinya sampai sedetil-detilnya.

Cara mendapat uang dari websitenya terus gimana? Macam-macam nih lahannya :

  • Memanfaatkan Google Adsense misalnya. Googling aja yah teman-teman cara masang Google Adsense di blog kita.
  • Tawaran untuk pasang link via tulisan/post di blog kita. Biasanya ada klien yang sudah menyediakan tulisannya, kita tinggal publish di blog kita. Klien pada umumnya minta backlink.
  • Diminta kerja sama sama teman sendiri atau brand tertentu untuk promo produk via tulisan. Biasanya dikirimin barang (yang tentunya gratis) untuk kita review.
  • Dll

Kira-kira hobi apa saja ya? Semua hobi, asalkan tidak berlawanan dengan hukum/UU yang berlaku, tidak melakukan kejahatan dst dst, pastinya bisa dimanfaatkan sebagai lahan untuk mendatangkan uang dari internet :D.

Misalnya nih :

  • Hobi skincare-an kayak saya hehehe. Tinggal ngasih review dan tips-tips skincare yang kita lakukan selama ini kan?
  • Hobi traveling apalagiiiii. Saya juga memasukkan tema traveling dalam blog saya ini. Traveling ini topiknya beragam banget : bisa tentang tips cari tiket hotel tur murah segala macam, pengalaman pribadi kita saat traveling ke tempat tertentu, tips tentang tempat wisata, info lokasi tertentu dsb dsb.
  • Hobi memasak? Cuuuusss! Blog saya juga dulu seriiiiing banget posting resep dan segala rupa urusan dapur :p. Sekarang sudah balik ke INdonesia dah males masak hahahaha.
  • Hobi bertanam tuh yang lagi happening banget.
  • Hobi seputaran melihara ikan, kucing, dsb juga boleeeeh.

Tapi…tapi…tapi, “Saya kan cuma ibu-ibu biasa, gak suka masak, gak terlalu demen skincare an, traveling juga kadang-kadang aja…”

Tetep bisa bangeeeeet. Segala rupa pengalaman saat hamil, melahirkan, tips merawat anak, tips memilih printilan ini itu buat buah hati, semuaaaa bisa jadi duit, BUIBU! #kibasRupiah :p.

Pokoknya menulis di website tuh topiknya luas banget. Segala rupa opini kita akan berbagai hal pun bisa kita share secara online via internet. Asalkan jangan menyebarkan kebencian dong ya ;).

Adakah manfaat lain yang kita dapatkan selain menulis di website kita sendiri atau kerja sama dengan siapa gitulah? Selain duit, ada banyak loh sebenernya manfaat lain yang tidak kalah istimewanya :).

  • Sarana self-contemplation. Seorang teman saya di Ireland melahirkan anak kedua yang berkebutuhan khusus (Down Syndrome). Dia cerita kalau dia iseng-iseng bikin blog khusus tentang anaknya. Surprisingly, menulis di blog bikin dese lebih ‘tenang dan damai’.

Tentunya tidak mudah membesarkan seorang anak berkebutuhan khusus. Perlu banyak kebesaran jiwa dan ketahanan batin <3. Good for her. Menulis bikin dia lebih “mengalir” dan lebih percaya diri tentunya ;).

  • Sharing is caring. Yang tidak kalah bikin hepinya tuh kalau ada yang tahu-tahu mengirim pesan kepada saya, “Mbak Jihan, seneng deh baca tulisannya yang bla bla bla, bikin aku lebih mengerti …”

Terus ada juga yang merasa terbantu dengan informasi yang kita sampaikan. Duh, ini bahagianya kadang melebihi rasa hepi kalok ada klien yang minta slot postingan berbayar di blog kita hihihihi. Serius!

raffi ahmad vaksin

Nah, bisa se-seru itu loooohhh menulis di website. Apalagi ada kemungkinan berduit-nya :p. Gimana, gimana, gimanaaaaaa ;).

Okay deh, segitu dulu ya cara mendapatkan uang dari website ala jihandavincka.com hehehehe. Semoga infonya membantu ya teman-teman semua. Tetep semangat! ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *