cara membuat soto betawi

Cara Membuat Soto Betawi yang Enak dan Enggak Ruwet :D

Cara membuat soto betawi tidak seribet yang dibayangkan hihihi. Maklum ya dulu-dulu pinternya makan doang, jarang nyentuh dapur.  Nah kebetulan nih sudah pernah bikin video live pembuatan soto betawi iniiiiii, jadi yang mau skip ocehannya langsung ceki-ceki videonya saja. Tenaaaang, resep lengkap ada di dalam tulisan ini juga kok ;).

Saya sudah pernah cerita ya, tetangga di Jeddah dulu, Mbak Andini yang jago masak banget. Nah, soto betawi ini salah satu andalannya si Mbak Andini. Suwer, enaaaaaaak :D. Terakhir makan soto betawinya Mbak Andini mungkin sudah 5 tahun yang lalu ya.

Nah, pas di Ireland kena batunya deh bingung mau minta dibikinin siapa hahaha. Makanya paling intensif masak itu pas tinggal di Ireland. Rumusnya, langsung praktik hihihi. Kalau dulu-dulu hobi download-download resep tapi entah kapan bikinnya, di Ireland hampir tiap hari download langsung praktik, ecieeeeee :p.

Di Texas agak terbatas nih peralatan dapurnya. Sudah pernah iseng nyari-nyari di Goodwill (toko second hand aneka barang hihihi), tapi tetap saja enggak selengkap peralatan tempur di Ireland. Dulu pas ngidam hamil anak ketiga tuh, gila deh beli ini itu demi bikin bakso-siomay-nasi uduk segala macam hahaha.

Pas mau ke Texas, ditinggal semua tuh perkakas di Ireland :(. Yah kan cuma sementara di Texas. Tadinya malah kirain 6 bulan ternyata ini diperpanjang sampai setahun. Tahu gitu bawa barang agak banyakan ya.

Ini judulnya cara membuat soto betawi kok ya malah curhat, Ceu? Hahaha.

Sejak di Ireland sudah tahu doooong cara membuat soto betawi ini. Secara umum, bikin masakan berkuah sebenarnya lebih enak ya. Mana ada kuahnya lagi jadi makannya bisa beberapa kali hihihi. Kalau bikin empal daging atau dendeng atau sambal goreng daging sapi, kan ya kayaknya bikin sekilo daging saja hasilnya sedikit.

Kalau pakai kuah macam soto betawi ini bisa jadi sepanci gede kalau daging 1 kg mah hehehe.

Cara membuat soto betawi ini nemu dari hasil googling. Ini katanya resep dari Ibu Fatmah Bahalwan yang empunya NCC. NCC menjadi tempat andalan nyari-nyari resep. Tahu kan sekarang banyak situs-situs resep palsu yang menguasai page 1 hasil pencarian Google.

Ah ya sekalian curhat bagian dua deh, itu blog resep saya yang Dapur Davincka, dicopas sama blog lain plek-plek. Duh ampe nangis saking keselnya. Udah mana ngelaporinnya ribet, harus dicopas satu persatu link URL yang dia copas dari blog saya. Dia ngambil hampir semuanya, sekitar 70 tulisan :(.

Ya sudahlah, nanti insya Allah pasti dilaporin deh ya. Gilak ah, saya juga nulis postingan resep kan selalu serius dan biasanya tulisannya panjang-panjang juga. Tega amat ya nyuri-nyuri tulisan orang lain buat kepentingan pribadi :(.

Duh, kebayang lagi sakit hatinya huhuhu. Mari kembali fokus ke topik postingan ini btw hihihi.

Ini ya resep lengkapnya ;).

Cara Membuat Soto Betawi Kuah Susu dan Santan

500 gr daging sapi sengkel/sandung lamur, potong kecil-kecil dan cuci bersih.
Kalau suka jeroan bisa ditambahkan 250 gr hati sapi atau yang lainnya, rebus terpisah.
2 batang sereh, memarkan
3 lembar daun salam
2 cm laos, iris tipis
5 butir cengkeh
3-4 cm batang kayu manis atau 1/2 sdt kayu manis bubuk
1 bawang bombay ukuran besar iris-iris, bisa diganti dengan 12 siung bawang merah iris
6 siung bawang putih iris-iris
5 butir kemiri sangrai dan haluskan
2 cm jahe iris tipis
2 sdt jinten bubuk
1 sdt merica bubuk
Garam + gula pasir secukupnya
300 ml susu putih tawar
300 ml santan kental

Cara Membuat :

Didihkan kurang lebih 1 liter air matang (nanti bisa ditambahkan air panas kalau kurang).
Setelah mendidih, masukkan daging sapi.
Masukkan sereh, daun salam, lengkuas dan cengkeh.
Didihkan sampai daging setengah empuk.
Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, kemiri, jinten dan merica.
Masukkan tumisan bumbu ke kuah daging.
Didihkan lagi dengan api kecil/sedang sampai bumbu meresap dan daging HAMPIR matang.
Masukkan garam-gula pasir secukupnya. Masukkan susu putih + santan. Aduk biar santan tidak pecah.
Koreksi rasa. Tambahkan garam + gula jika belum sesuai juga air panas jika kuah terasa kurang.
Didihkan sebentar.
Soto betawi siap dihidangkan dengan pelengkapnya.

cara membuat soto betawi

Maaf nih, fotonya yang asal-asalan banget huhuhu. Masih stres abis isi blog dan foto-fotonya dicaplok sama orang :(. Biarin deh pasang foto seada-adanya dulu sampai kelar saya laporin tuh si pencuri! -_-. Kalau cuma foto ginian mah, gak perih-perih amat kalau sampai kena curi.

Ya pastinya mau foto bagus atau enggak, mencuri itu tidak boleh yaaaaaaaa.

Padahal saya pernah menulis soal tulisan copas-copasan itu dan berlagak bijak :p. Waktu itu yang “dicuri” 1 artikel doang dan di share di medsos buat mendulang like ama share aja kayaknya. Nah blog resep saya dicopas untuk cari adsense!!! Mana ngambilnya banyak banget. Hampir 1 blog disikatnya semua plus foto-fotonya *nangis*.

Eniwei jadi gak fokus nih ngobrolin cara membuat soto betawi nya :(. Maap yak hehehe.

INi kuahnya agak bening harusnya. Saya kurang nambahin susunya. Harusnya 500 ml emang di resep aslinya. Tapi rasanya endes juga kok ;).

Ada juga cara membuat soto betawi yang pakai cabe merah jadi kuahnya agak kuning atau kemerahan itu. Saya lebih suka versi bening yang begini ^_^.

Selamat mencoba ya teman-teman. Semoga cucok deh sama cara membuat soto betawi versi yang ini ;).

cara membuat soto betawi