resep sop saudara khas makassar

Resep Sop Saudara Khas Makassar Sulawesi Selatan

Sudah lama nyari Resep Sop Saudara tapi beberapa kali nemu kok ya hasilnya kurang pas. Saya sudah lama banget enggak makan Sop Saudara. Di Jakarta saja jarang yang jual. Umumnya rumah makan khas Makassar hanya menjual Coto Makassar, Sup Konro atau Ikan Bakar.

Padahal Sop Saudara ini juga enak bangeeeeeet. Dulu pas masih tinggal di Jalan Pajennekang, sering beli Ikan Bakar di Warung Pangkep Jalan Andalas. Deket rumah banget. Nah ikan bakar ini disantap dengan nasi putih dan Sup Saudara.

Seringnya Sup Saudara memang bareng-bareng dengan ikan bakar. Tapi tanpa ikan bakar juga tetap enak banget. GIliran merantau, ya ampppuuuunnn, apa aja pengin dimasak sendiri dah kalu bisa mah hihihihi.

Lalu ketemu dengan blognya Mbak Hesti. Sekalian intipin Resep Sop Saudara ala Mbak Hesti ini. Waaaahhh, enaaaaakkkk. Walah, ngintip doang udah ketahuan enaknya? Ya dicoba dulu atuuuuuhhh resepnya hahaha :p.

 

Hanya saja resep dari Mbak Hesti kurang kacang tanah. Jadi saya tambahkan kacang tanah  dan beberapa modifikasi (minor aja sih) yang saya lakukan serta takarannya. Tapi resep Mbak Hesti juga udah enak enak tuh ;).

Sudah beberapa kali bikin Resep Sop Saudara ini, hasilnya lumayan stabil enaknya *ecieeeee*. Setidaknya buat lidah suami dan anak-anak.

Waktu di Texas pernah juga ngundang teman-teman main ke tempat saya dan saya hidangkan Sop Saudara ini. Kayaknya pada seneng tuh ada juga yang sampai minta resep. Tapi ya entah basa-basi aja apa gimana ya hahahaha.

Resep lengkapnya ada di bawah kok, tinggal sekrol dikit lagiiiii :D. Tapi yang punya kuota lebih boleh intip proses pembuatannya secara LIVE dari Dapur Davincka :D. Duh jadi kangen dapur di apartemen Texas yang nyaman ituuuu huhuhu.

Cara bikinnya juga relatif mudah lah ya. Cuma cemplung-cemplung aja lho. Kalau malas ngulek (kayak saya hahahaha), bawangnya cincang tumis dan lain-lainnya pakai bubuk. Cari bumbu bubuk rempah-rempah tapi yang kualitasnya bagus lho ya. Kalau di toko India mantap tuh bumbu bubuknya.

Tetap saja sih, lebih mantap kalau pakai bumbu segar ^_^. Yah sesuaikan dengan sikon saja. Kalau punya waktu lebih, pakai bumbu segar jauh lebih disarankan :D.

Oke, ini resep lengkapnya ya :`

Resep Sop Saudara khas Makassar Sulawesi Selatan

Bahan :

– 500 gr daging sapi (daging sengkel), potong kotak-kotak. Cuci bersih.
– 8 siung bawang merah atau 1 buah bawang bombay (di beberapa wilayah di luar negeri, agak sulit menemukan bawang merah), cincang
– 4 siung bawang putih, cincang
– 2 batang sereh, geprek
– 2 cm jahe, geprek
– 2 cm lengkuas, geprek
– 4 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 4 butir cengkeh
– 2 cm kayu manis atau 1-2 sdt kayu manis bubuk
– 1 sdt asam jawa diencerkan dengan air matang.
– 100 ml santan encer
– Segenggam kacang tanah tanpa kulit (disangrai dan dihaluskan, giling kasar juga boleh).
– 1 atau 2 butir telur kocok lepas
– 1 sdm gula merah
– Garam dan gula secukupnya

Bumbu dihaluskan :

resep sop saudara khas makassar

– 3 butir kemiri sangrai
– 1 buah cabe merah besar
– 1 sdm ketumbar sangrai
– 1 sdt jintan sangrai atau yang bubuk juga bisa
– 1 sdt lada/merica bubuk
– 1/2 sdt pala bubuk

Cara Membuat :

– Didihkan daging dalam 1.5 liter air matang sampai setengah empuk.
– Tumis bawang merah/bombay + bawang putih sampai wangi. Tambahkan bumbu halus, semua rempah (sereh, daun salam, daun jeruk, jahe, lengkuas, kayu manis, cengkeh). Aduk rata.
– Tambahkan santan. Aduk lagi sebentar.
– Jika kuah daging sudah mendidih dan daging sudah setengah empuk/matang, tuangkan tumisan bumbu ke dalam panci yang berisi daging tersebut. Aduk sebentar.
– Masukkan air asam jawa beserta garam dan gula secukupnya.
– Masukkan gula merah dan kacang yang sudah dihaluskan.
– Aduk sebentar.
– Masukkan telur yang sudah dikocok lepas lalu langsung aduk cepat sehingga telur melebur ke dalam kuah dan TIDAK menjadi keras.
– Didihkan sampai daging benar-benar matang dan bumbu meresap lebih sempurna.

Sop Saudara siap dihidangkan bersama pelengkap :

– Perkedel kentang polos tanpa isian.
– Soun/bihun rebus.
– Paru goreng.
– Bawang goreng, daun bawang.
– Sambal

Selamat mencobaaaaa ^_^. Seger lho ini rasanya ;). Tanpa pelengkap juga oke-oke sajalah dimakan dengan nasi putih :D.