The American’s Diet : Welcome to The Fast Food Nation!

Iklan-iklan kesehatan terkait menurunkan berat badan di televisi lokal Amerika Serikat ini isinya kalau enggak obat-obatan diet, diskon-diskon di gym dan peralatan olahraga ya operasi plastik! Hihihihi.

Soal MAKANAN SEHAT hampir tidak pernah disebut-sebut secara publik. Ada sih di sekolahan tempo hari kampanye makan sayur. Tapi di Amerika Serikat, sekolahan kan punya kantin. Boro-boro jualan sayur, kantin ya kebanyakan menjual sosis-sosis an, sandwich isi daging-daging olahan misalnya hot dog, susu juga ada, dll.

Gamnar : pixabay.com

 

Anak-anak juga bekalnya bebas kalau di Texas / USA secara umum. Di Ireland kan memang tidak ada kantin :D. Jadi orang tua di-encourage untuk menyediakan makan siang yang sehat buat anak-anak. Permen jelas tidak boleh.

Di Irlandia, waktu ada kampanye makan buah dan sayur, sekolahan benar-benar menyediakan sayur dan buah gratis buat anak-anak di sekolah ^_^.

Amerika Serikat cukup terkenal dengan istilah “Fast Food Nation”. Banyak sekali brand-brand makanan cepat saji yang tersohor di pelosok dunia yang lahir dan berkembang dari Amerika Serikat. McDonalds dan KFC, dua diantaranya yang sudah sangat mendunia.

Yang lainnya? Masih banyaaaaaaaaakkkk …

Gambar : nationofchange.org

 

Kondisi di supermarket-supermarket umumnya juga sama. Terutama di Walmart tuh, ya. Paling cuma 1-2 lorong yang menyediakan makanan segar baik berupa sayur atau buah-buahan. Sisanya … ya makanan kaleng dan teman-temannya.

Konsumsi makanan jadi makin marak karena ternyata “bahan makanan yang lebih sehat” harga dan effortnya cukup mahal. Literally. Bayangkan, dengan 5 dolar saja kita bisa membeli satu porsi makanan jadi lho. Coba kalau beli dan masak sendiri, pasti pada malas kaaaaaan hehehe.

Beban pengeluaran di Negeri Jantung Dunia ini memang warbyasak. Cicilan mobil saja tiap keluarga bisa punya 2! Texas sendiri transportasi umumnya sangat minim. Enggak bisa nyetir, ribet deh hehehe. Mau tak mau harus memiliki lebih dari 1 mobil. Buat yang punya remaja, siap-siap nambah cicilan mobil.

Belum cicilan rumah, persiapan sekolah anak. Walau di public school tetap harus kerja keras dengan les ini itu karena persaingan masuk perguruan tinggi sadis, Cyiiiiinnn hehehe. Sadis dan mahal hahahaha. Plus cicilan gadget-gadget an karena pesatnya perkembangan teknologi juga ada di Negeri Paman Sam iniiiiiiii ^_^.

Anak kelas 3 SD saja boleh boooo nenteng-nenteng iPad ke sekolahan. Anaknya pakai iPad, ya masa iya ortunya pakai Oppo, yes? Hahahaha. Melihat teman-temannya pada bawa gadget ke sekolah sempat bikin anak-anak baper :p. Saya bilang saja, “Bentar lagi  balik Ireland. Di Ireland jelas gak boleh bawa-bawa gituan ke sekolah buat anak SD!”

Dengan banyaknya fasilitas makanan siap saji dengan harga sangat bersaing dan rasa menggoda, tak sedikit keluarga yang takluk pada sosis-sosis an dan nugget-nugget an dkk buat menu sehari-hari di rumah :). Lama-lama menjadi gaya hidup  yang umum di Amerika Serikat.

Murah, praktis dan enggak perlu maksa anak-anak makan kali ya hehehe. It’s so true :D. Pernah saya ikutan nitip beli makanan model begini ke seorang teman. Ya kebetulan dia menawari sih. Kalau tidak ditawari juga enggak tahu mau beli beginian di mana :D.

 

Sekantong besar chicken fritter atau chicken wing seharga 16-17 dolar sajah.  Isinya bisa sampai 20 potong. Gede-gede lho. Makan satu saja anak-anak sudah kenyang. Bayangin itu sebijinya kagak nyampe 1 dolar. Sungguh butuh semangat luar biasa untuk tetap tekun memasak tiap hari di rumah hehehe ;).

Nah buibu jangan terlena sama makanan beginian yaaaaaa. Bolehlah buat sekali-sekali saja, jangan sampai menjadi kebiasaan harian ;).

Negara Amerika Serikat sendiri memang termasuk dalam 20 negara dengan masalah obesitas tertinggi. Texas termasuk yang cukup rawan nih kalau lihat ilustrasi gambar ini :

American Obesity Rate (gambar : The Health eZine)

 

Padahal kunci utama untuk mencapai berat badan ideal ya POLA MAKAN . Pengaruh pola makan itu sekitar 70-80%. Sementara olahraga dan lain-lain hanya menyumbang sisanya.

Tapi ingat lho, gerak tubuh atau olahraga itu penting untuk menjaga stamina dan meningkatkan fungsi-fungsi organ tubuh seperti jantung dll. Apalagi kalau rewel pengin punya bentuk bodi yang tetap oke ya wajib atuhlah olahraga hehe.

Kalau ingin menurunkan berat badan tapi tidak mau repot-repot mengubah pola makan yang kurang tepat kayaknya sih sia-sia deh ya, walau olahraga 10 jam per hari sekali pun .

Kalian jangan mau ditipu sama obat-obatan diet. Coba lihat saja, pasti deh, segala obat-obatan itu (hampir) SELALU mensyaratkan perubahan pola makan. Minum obatnya thok ya tidak cukup. Jadi intinya memang di pola makan, yes? 

Nah, soal pola makan ini panjang ceritanya. Apalagi sekarang banyak diet-diet yang mengabaikan pentingnya keseimbangan zat gizi dalam tubuh.

Sebenarnya, kalau mau menurunkan berat badan dengan cepat memang diet tinggi protein (Mayo dll) dan diet tinggi lemat (keto dll) itu sangat unggul, lho . Berat badan bisa dipangkas dengan cepat kalau kita sanggup mengurangi karbohidrat dengan gila-gilaan. Bahkan ada yang menyarankan karbohidrat 0%.

Untuk jangka singkat, terus terang saya beberapa kali mencoba hehehe. Tapi hati-hati, dalam jangka waktu lama, itu bukan hal yang tepat.

Begitu mencapai berat badan ideal, segera kembalikan pola makan ke “prinsip gizi seimbang”. Karena tubuh kita perlu 3 zat gizi makro setiap harinya : Protein, karbohidrat, dan lemak.

Tapiiiii kalau ngomongin karbohidrat ya jangan mentok di nasi putih dan roti sajaaaaaaa . Nasi merah itu karbohidrat yang jauh lebih sehat .

Industri makanan jadi memang cukup menjanjikan secara ekonomi. Menyerap banyak tenaga kerja dan pemicu kreativitas juga. Kalau semua orang masak di rumah, entar resto dan rumah makan sepi, dunk. Padahal itu serapan karyawannya tidak sedikit, kan?

Gambar : bariatricfreedom.com

 

Makanan kalengan juga keluaran pabrik. Nah lho, itu sayur-sayuran kalau tinggal metik gimana cara muter duitnyaaaaaa :D. Tapi kalau diangkut ke pabrik, dikalengin, pasti butuh tenaga kerja mulai dari produksi-packaging-orang gudang-transportasi dan segala macam. Ekonomi akan terus berputar ^_^.

Mengerti kan sekarang mengapa iklan-iklan di televisi dijejali dengan obat diet, gym, personal trainer dll? Ya yang begitu-begitu yang membuat uang bisa terus beredar. Kalau disuruh banyak makan sayur dan jalan kaki, waduh, enggak ada duitnya kali ya hehehe.

Asuransi kesehatan juga enggak murah lho di Amerika Serikat. Bayangkan perjuangan kalangan menengah ke bawah menyesuaikan berbagai fenomena hidup begini. Tapi jangan salah, justru drama-drama perjuangan model begini juga salah satu  letak kelebihan tinggal di Amerika Serikat.

Ha? Gimana-gimana? Ah sudah kepanjangan hahaha. Next article, yak.

Mengurus negara super dengan penduduk segabruk-gabruk memang dikira gampang? :p.

Entahlah apa semua itu sebanding dengan efek samping dari pola-makan-instan seperti ini? Hmm, welcome to The United States of America, yang hingga kini masih bercokol di posisi teratas sebagai penguasa ekonomi dunia. Well, selalu ada harga yang harus dibayar ;).

Tentu saja tinggal di Amerika Serikat itu juga asyik, kok. Banyak juga yang tetap langsing dan sehat pastinya (y). Ujung-ujungnya ya hidup ini memang pilihan. Tapi kadang, lingkungan itu punya pengaruh yang besar terhadap pilihan yang akan atau malah HARUS kita ambil :).