Lebaran di Arab Saudi : Eid Mubarak 1433 H

Tahun ini, lebaran ke-3 di tanah Saudi, di kota Jeddah. Lebaran di Arab Saudi tentu beda dengan lebaran di kampung halaman.

Jadi ingat, libur lebaran tahun lalu, gue sekeluarga ke Yanbu-Badar. Perjalanan yang sangat-sangat menyenangkan sekaligus ‘menguntungkan’. Bulan lalu, kisah jalan-jalan itu berhasi di’duit’in karena dimuat di Femina hihihihihi.

Sayang sekali, tahun ini, suami malah terbang ke Dublin 5 hari huhuhu. Mungkin tertunda liburan ke luar kota, nunggu majikan balik dulu :D.

Inginnya salat Eid di Masjidil Haram, Mekkah. Tapi berangkatnya mesti jam 2 malam. Duh, kasihan anak-anak :(. Sempat iri dengan teman-teman lain yang tetap semangat salat Eid di Haram. Tapi lega juga dengar cerita mereka yang akhirnya gelar sajadah di bawah tangga masjid saking penuhnya areal Haram. Hehehehe.

Jadi, pagi hari tepat di hari raya itu, tetap terbangun jam 5 pagi. Thanks to alarm yang masih ke-set di jam segitu :P. Tapi gak ikutan salat, jagain para bocah di rumah. Suami yang salat di masjid dekat rumah. Abis itu kita sarapan pake…nasi goreng! Ahahahahahahaha.

Gue masak, kok ;). Tapi buat menu siang. Yaeayalaaahh, masaknya baru jam 6 pagi :P. Masak gulai ayam + goreng persediaan empal gepuk di kulkas. Lumayanlah. Empal itu udah gue bikin 3 hari sebelumnya. Sengaja bikin dalam porsi banyak, buat persiapan hehehe.

Sorenya baru deh halal bi halal bareng teman-teman Keluarga besar Telko di kota Jeddah. Kita kumpul-kumpul di playground dekat Corniche. Menu utamanya Kari Rajungan bikinan Mbak Ratna. Sayang euy, biarpun lahir dan besar di kota pantai, gue dari dulu gak demen makan rajungan atau kepiting :D. Selain kari tadi, juga ada ayam goreng, sayur nangka, sambal ati, lontong, dll. Kenyang lah ^_^.

Baru deh 2 hari kemudian, si Papa capcus ke Dublin.

Overall, tetap senang sih dengan lebaran kali ini :). Suasana yang memang beda banget dengan tanah air lama-lama ilang sendiri. Entah ya, makin lama makin terkikis rasa nasionalisme sejak tinggal jauh dari tanah air hehehe.

Nih, ada foto para Madam yang lagi santai-santai di playground kemaren itu ;). Kinclong sekali dong ya kita-kita ini hahahaha.

9 comments
  1. foto para madam nya kinclong semua yaaa.. kaya di studio foto!

    tiap taun lebaran di KSA? dijatah brapa tahun skali pulang ke indonesia?

    pernah sholat ied di Masjid al Harom?

    1. Weitttsss, ‘kekuatan’ LENSA kamera memang sangat berpengaruh hihihihi. Setahun sekali pulangnya. Kalau saya dan suami males sih pulang lebaranan. Senengnya pas pulang pas Jakarta sepi selama sebulan. Tapi…kapankah itu??? hihihihihi…

  2. Wow…. ini tho emak-emak di Saudi hihihii…”
    pa kbr mba ? Met Lebaran yaa.. mohon maaf lahir batin

    1. Ini sih belum full team ya, ahahahahahaha. Masih ada setengah kompi yang lagi mudik ke Indo, atau lagi leyeh-leyeh di Madinah :D. Met lebaran juga, taqabbalallahu minna wa minkum :).

  3. Salam kenal mba Jihan. Eaaaa ada Madame Anggie Mutia juga di pic nya.

  4. Salam kenal mbak Jihan. Saya nggak sengaja nemu blog nya embak… Masha Allah mbak… Mbak bisa tinggal menetap di Saudi gimana ceritanya?? Pengen baca ceritanya.. :))

    1. SUdah sering kok ditulis di blog hehehehe :D. Suami dapat kerja di Jeddah ya saya dan anak-anak tinggal ngikut :D.

  5. Salam kenal Mba Jihan … aduh gak sengaja saya baca cerita nya mba saya jadi terharu sekaligus nangis ( lebay kaleee hehhe ) soalnya saya jadi ke ingetan waktu umroh kemaren … belum puas seeeh tapi namanya umroh waktunya sebentar , baca cerita mba 1 jam menuju ke mekkah saya jadi pingin ke sana lagi lebih lama lagi, doain ya mba semoga saya bisa ke sana lagi …. aamiin
    Siapa tau bisa ketemu mba hehehe….

    1. Saya udah gak tinggal di Jeddah hehehehe. Sudah pindah sejak hampir 3 tahun lalu:D.

Comments are closed.