Cerita lebaran dari tahun ke tahun

Ini apa yaaaa, masih bulan ramadhan, baru masuk hari ke-6 dah mikirin lebarannya aje hehe.

 

Dari lahir sampe tahun 1990, bisa dipastikan lebaran selalu bareng bokap – nyokap, kakak laki-laki 4 orang, plus satu adek cewe (si buntel). Saban lebaran, pasti adaaaa aja yang berantem.

Kakak-kakak saya itu macem-macem yah tipenya. Yang nomer 4 ini dari kecil emang resik banget kalo soal penampilan, termasuk perlengkapan semacam sisir dan minyak wangi selalu komplit.

Saban lebaran, untuk salat Ied, ibu saya pasti mengeluarkan koleksi sarung donggala-nya. Si Mamah di masa jayanya punya koleksi sarung donggala yang buanyaaakkk banget, segala macam warna ada. Beliau punya selera ‘fashion’ yang lumayan emang :p.

Saya dan si Buntel sih, secara tiap lebaran pasti bermukena putih, pakai sarung warna apa saja pasti matching. Nah, si kakak no 4, kostumnya berupa kemeja / atasan lebaran yang berubah-ubah, jadi tiap malem si doi udah nyiapin sarung donggala yang WARNAnya pas.

Kakak no 3 cuek abis orangnya, enggak mau repot. Habis mandi, lihat ada sarung tergeletak manis di atas meja setrika langsung disikat hahaha. Kakak no.4 ya keki boooo, sudah mana ngamuk-ngamuk enggak mau pake warna lain! –> “Tida’ cocokki sama warna bajuki. Tida’ mecing ki kodong” (Enggak cocok dengan warna bajuku. Enggak matching).

Belom lagi kalau sisir si kakak no.4 dipakai sama kaka no.2. Nomor 4 bisa bete abis. Soalnya kakak no.4 kan perawatan rambut juga dijaga bener hahaha. Begini deh kalau di dalam rumah ada tipe yang selonong boy, tipe artis, tipe cuek :D. Masalahnya yang selonong boy sama si cuek suka seenaknya pakai barang orang. Mau ikutan tampil trendi tapi enggak mau repot hahaha.

Tahun 1991 – 1992 , ada yang baru. Adek bungsu saya lahir. Ada ‘mainan baru’ saban sahur, ya dicolek-colek lah, digendong-gendong lah, tapi tidak ada yang sudi memandikan atau gantiin popok hahaha. Sungkem dulu sama Mamah :p. Iya dwong, pengin yang enak-enak ajah ^_^ .

Namun, siapa sangka tahun 1992 itu lebaran terakhir bersamap Bapak :'(.

Tahun 1993 – 1995 , lebaran masih di rumah yang sama. Menu lebaran itu-itu juga. Tapi tentu terasa super beda karena Bapak sudah tidak ada.

Tahun 1996 – 1998, akhir tahun 1995, wind of change! Lebaran sudah tidak bisa bareng-bareng lagi. Untung saya masih bareng si Mamah. Ikutan lebaran ke kampung Mamah bersama keluarga besar dari Mamah. Si buntel sudah ke Jakarta. Seru juga sih, banyak sepupu-sepupu dan puas makan-makan hihihi. Mamah pun waktu pindah ke Jakarta, tiap lebaran selalu mudik.

Tahun 1999, lebaran pertama di Jakarta. Enggak mudik? Enggaaaaaa huhuhu.

Tadinya mau di kosan saja, cuma ya ampun berasa anak terlantar banget gak sih hehehe. Jadinya ke rumah tante dimana si Buntel tinggal. Tante saya sekeluarga ternyata mau pulang ke makassar. Karena satu dan lain hal saya dan adek saya enggak ikut. Pertama, ongkosnya piye? Hihihi. Enggak enaklah mau ngerepotin sodara. Kedua, mau tinggal di mana gituh? Hahaha.

Instead, kita berdua “jaga kandang” di rumah tante. Lumayan lah jadi seksi kebersihan selama rumah tante ditinggal mudik hehehe.

Sedihkah kedua kakak beradik yang imut-imut ini? Iiihh, apaan, kita berdua malah sibuk ngitungin uang lebaran dari om-om dan tante-tante hahaha. Dibanding-bandingin sama tahun lalu dan berharap tahun depan ada kenaikan. Anak yatim suka mendadak jadi kapitalis emang :p. Kegiatan yang cukup mencoreng nama baik hari raya idul fitri hahaha.

Pas salat Ied, kita berdua ketiduran dong. Karena mungkin untuk membunuh rasa murung (yah, there are things that money can’t buy kan kan kan :p), kita nonton tipi sampai jauh malam. Jadinya enggak ikutan salat di lapangan huhuhu.

Tahun 2000 – 2005, selalu lebaran ke rumah tante. Kecuali tahun 2001 kalau tidak salah, tante saya sekeluarga liburan ke Amerika ngunjungin adek sepupu yang kuliah di sana. Seperti biasa, saya dan si buntel jaga rumah saja. Lumayan makan gratis karena kulkas sudah dilengkapin dengan berbagai macam hidangan yang lebih dari layak buat para anak yatim ini hihihi :D.

Tahun 2006, lebaran di rumah kontrakan saja. Saya lupa kenapa enggak ke rumah tante ya. Kayanya tante ke mana gitu. Si buntel malah mudik, si doi sudah kerja jadi sudah sanggup beli tiket sendiri hahaha. Kakak-kakak lain ada yang mudik, ada yang sudah menikah jadi lebaranan dengan ‘keluarga baru’nya.

Kalau saya memang enggak pernah heboh mau lebaranan di Sulawesi lagi (bilang aja mau irit :D), manalagi tahun depannya tahun 2007 saya mau nikah jadi mesti mengencangkan ikat pinggang. Lebaran berdua sama temen kantor yang enggak mudik juga.

Dia anak kosan, teman di kosan yang dulu,  jadi saya ajak ke kontrakan saya lebaranan berdua. Kasihan deh, dia nampak stres gitu. Pertama kali dalam hidupnya enggak lebaranan sama ibu dan keluarga besar. Dia menangis pas subuh-subuh. Ya sudah, saya pura-pura enggak tahu saja hehehe. Been there done that :).

Akhirnya bisa ceria lagi pas saya ajakin bikin bolu coklat bermodalkan oven besi andalan saya dulu hahaha. Oven ontang apa ya namanya. Biarpun bolunya enggak sukses-sukses amat :P. Lumayan untuk sementara bikin dia lupa sama kampung halaman. Sabar, ya, Dek :).

Tahun 2007 – 2009, lebaranan di rumah mertua terus. Karena siangnya sudah acara di keluarga besar suami, saya suka males malem-malem sowan ke rumah keluarga besar saya. Duuuhhh, dasar saya, dari dulu enggak pinter jaga tali silaturahmi :(.

Tahun 2010, lebaran di Jeddah! hihihihi, hamil muda lagi mood swing abis, enggak salat Ied. Padahal diajakin salat Ied di Masjidil Haram.

Tahun 2011, insya allah diberi kesempatan untuk lebaranan di Jeddah lagi.

Jadi, dari tahun 1999, enggak ada tuh lebaranan bareng si  Mamah dan yang lain. Yah, mudah-mudahan diberi umur panjang, kita semua bisa lebaran sama-sama lagi yaaaa ^_^. Aamiin.

Foto di bawah : foto sebelum saya berangkat ke Jeddah tahun 2010 lalu. Cuma ada si Mamah, si kaka no.4, si buntel, ama para krucils (abil + anaknya si buntel, Myiesha). Ada sih si adik bungsu, cuma dia disuruh ambil foto hahaha.

4 comments
  1. sama kyk gw yah.. merantau sejak 1995, sejak itu lebaran bersama keluarga dah gak jd prioritas banget.. ini aja dah 3 kali berturut2x gw gak lebaran bareng ortu di sumsel… tp bedanya gw ama lo, gw masih usahakan dlm 1 thn mudik, hehehehe.. klo lo kan dah kyk slogan merantau tak inget kembali, hahaha.. *piss*

  2. yah, kan “wind of change” nya gag dibahas detil ya booo jadi tak mengapa bila menganggap “merantau tak inget kembali” :D… 3x berturut-turut ya? bagus lah, kalo gw kan dah belasan kali hehehehehe….

  3. lebaran tahun 2011 gimana? tercapai ga shalat ied di masjidil Harom?

  4. engga lah san hahahahahaha… ngeri boookkk, ramai begitu di harom kalo sholat ied, jadi kita sekeluarga lebaran di jeddah sahajahhh ^_^

Comments are closed.