Ber-Mahabharata-Ria

Tadinya saya bingung kenapa ada draft cerita Mahabharata ini, ya?

Terus lama-lama ingat, ini gara-gara pas siang-siang di hari sebelum draft ini dibuat, saya jalan-jalan bersama suami muter-muter  Jeddah. Anak-anak pada ketiduran di mobil. Kita rencananya mau ke Supermarket Sarawat mau beli paru sapi. Ternyata tutup huhu, jadinya ngider-ngider Jeddah aja.

Terus biasalah, suka ngobrol2 gitu ama suami di mobil. Entah siapa yang mulai kita jadinya ngobrolin cerita Mahabharata. Berdebat abis2 an tentang tokoh2 nya. Siapa namanya siapa… perannya di perang Mahabharata. Karena penasaran pas dah nyampe rumah, gw baca abis-abisan di wikipedia tentang cerita Mahabharata ini.

Kalo dipikir2 kisah ini udah kaya sinetron ya booo hehehehhe… baru gw perhatiin tokoh-tokoh yang berendeng dalam kisah ini saling berhubungan satu sama lain. Dan kisahnya emang panjang abis, padahal perangnya sendiri cuma 18 hari. Tapi ini sinetron versi keren tentu saja ;).

Cerita Mahabharata
Gambarnya diambil dari intelindia.com

Gw pun dulu rajin mantengin kisahnya di tipi. TPI dulu kalo gag salah yg muter. Tapi cuma inget pokok-pokoknya aja dan gag begitu tau latar belakang tokoh-tokohnya. Setelah baca-baca lagi di wikipedia, baru deh ngeh hehehehe….

Hampir semua tokoh (yang setau gw) jahat ternyata punya kisah masing-masing di balik ‘kejahatan’nya. Dalam  cerita perang Mahabharata sendiri, yg bertarung adalah Kurawa vs Pandawa, dimana kasarnya Pandawa = kebaikan, Kurawa = kejahatan. Kalo dalam kisahnya kan, banyak juga tokoh-tokoh yang berdiri di bawah panji Kurawa gag jahat-jahat amat, bahkan ada yang baik malah.

Coba lihat dulu tokoh-tokoh di pihak Kurawa :

1.Si Bhisma misalnya. Kakek nya para Kurawa dan Pandawa ini kan sebenernya 100% membela Pandawa. Apa daya sudah terikat sumpah.

2. Gandari (ibunda para Kurawa) juga gag ada jahat-jahatnya pisan, tapi yah namanya anak ya booo… belahan jiwa para Ibu.

3. Bapaknya Kurawa pun aslinya gag jahat, tapi lagi-lagi atas nama cinta seorang Bapak kepada anak-anaknya jadilah dia diperdaya abis-abisan buat memihak anak-anaknya.

4. Terus ada Drona, gurunya para Pandawa-Kurawa. Sayang stenga mati ama Arjuna. Tapi akhirnya berperang di pihak Kurawa. Drona ini dendam amat sangat ama raja Drupada (bokapnya Drupadi). Gara2 mereka temenan waktu kecil, tapi pas gede Drupada menolak mengakui Drona sebagai temen. Drona dari kasta orang biasa, pengen banget keluar dari kemiskinan demi kebahagiaan istri dan anaknya. Again, Drona gag 100% jahat. Nafsu duniawi yang bikin si doi jadi gimanaaa gitu. Tapi doi juga bokap teladan saking cintanya ama Aswatama, anaknya. Drona bisa dikalahkan karena diperdaya oleh Khresna, seekor gajah yang bernama Aswatama dibunuh dan Drona salah nangkep.

5. Lalu Karna, musuh bebuyutan Arjuna. Karna itu sebenernya kakaknya para Pandawa. Anak yg lahir gara-gara keisengan Ibu Kunti. Tapi waktu itu dibuang ama Kunti ke sungai. Diasuh oleh seorang kusir. Jadi deh si Karna dianggap kasta rendah. Karna pada dasarnya hebat luar biasa, tapi sakit hati karena ditolak oleh Drona untuk dianggap murid dan diam2 berlatih sehingga akhirnya menyamai kesaktian Arjuna dalam memanah. Tapi yah, dendam karena selalu disepelekan dan akhirnya tau kalau dia anak buangan bikin si doi jadi ‘buta’ sesaat…ceile… konon di kahyangan nanti, Karna tetep masuk nirwana loh ceritanya hehehehe…

6. Duryudana pun, si sulung Kurawa, sejahat-jahatnya, masih berbakti sepenuh hati pada Ibunda tercinta (Gandari). Sekalipun dalam peperangan, Gandari selalu menasihati : “yang benar pasti menang anakku” dan secara implisit Ibunda gag perna membela Kurawa, tetep dong si sulung ini saban hari nyamperin Ibunda tercinta untuk sekedar nengokin dan meminta doa restu :). How sweet. Dan oh ya, Duryudana ini juga pembelanya Karna, dia yang ibaratnya ‘mengangkat’ Karna jadi masuk golongan kasta raja. Biarpun mungkin maksudnya biar Arjuna ada lawannya kali yah. Ini nih yg bikin Karna merasa berhutang budi berat ama si sulung Kurawa ini.

Dan para tokoh yang berada di ‘balik layar’ Pandawa pun bukannya tanpa noda.

1. Drupadi, duile ni cewe perna sombongnya stenga mati. Sebenernya dalam sayembara memanah pas si bokap (Drupada) nyari jodoh buat Drupadi, Karna lah yang menang. Tapi Drupadi ogah jadi istri orang biasa, jadilah Karna makin bete (lagi-lagi ai direndahin, makanya Karna ini dendam abis ama si Drupadi). Jadilah abis itu Arjuna ternyata juga bisa memenangkan sayembara itu.

2. Bima, si Pandawa nomer 2 juga punya peran dalam penumpukan dendam di hati Karna. Secara doi nolak mentah2 pas Karna nantangin Arjuna adu memanah. Alasannya ya lagi-lagi karena Karna dianggap gag pantes nantangin kasta yang lebih tinggi, secara waktu itu kan si doi dikenal sebage anak kusir.

3. Yudistira juga punya kelemahan, karena suka impulsif, liat aja tuh waktu permainan adu dadu, dia mauuu aja diajak bertaruh terus2 an biarpun udah abis harta yang dipertaruhin. Biarpun emang Kurawa maen curang sih biar bisa menang.

Yah, kalo diterangin satu-satu bisa kapalan jari gw ya boooo hehehehehe… Seru yaaaa, sinetron abis bukan? ;). Manalagi banyak bener tokoh yang mati akibat dendam dari pihak lain yang udah bersumpah akan membunuh si tokoh yang bersangkutan, ahahaiiiii… sambung menyambung terussss…

Intinya sodara-sodara,
1.memang yg namanya pembagian kasta itu lebih banyak mudharatnya gag sih? padahal ini cerita Hindu yang percaya kasta ya? hehehehe…

2. Dan seringkali memang we don’t judge others, because often we don’t know the whole story.. dulu gw gag nyimak kirain ni Karna ngapain sih jutek abis ama Pandawa. Ternyata begitu dikilik-kilik kisah lengkapnya, yah namanya manusia biasa, wajar gag sih kalo si doi menyimpan dendam sama adik2 nya sendiri? Drona pun begitu.

3. Nafsu duniawi ujung-ujungnya malapetaka la yaowww. Liat si Drona, dia kan jadinya mati-matian pengen jadi orang kaya, banyak duit… hasilnya jadi gitu deh…malah jatoh2 nya diperbudak oleh harta, dan kecintaan yang berlebihan ama anak bikin dia langsung lemes dan dengan mudah terbunuh pas ngirain anaknya tewas di kurusetra. Inget, segala hal di dunia hanya milik Allah semata, apa seeehhhhh hehehehhe… tapi ya wajar lah, orang tua mana yang gag sanggup mati buat buah hati tercinta… oke deeehhhhh :P… Karna juga begitu, saking pengennya ‘dianggep’ jadinya mati-matian pengen naik kasta malah jadi dendam deh jadinya berantem ama adek-adek sendiri.

4. Jangan sombong. Kaya Bima tuh. Dia ikut ambil bagian kan dalam hal mengapa Karna mendendam ke Pandawa. Drupadi juga, mentang-mentang kece hehehehe…
5. Pada dasarnya semua orang diciptakan dengan sisi kebaikan. Ya balik lagi ke no 1,2,3 sih penjelasannya :).

Dan seterusnya…dan seterusnya…

Ini cerita Mahabharata sangat menarik yah sebenernya. Ya iyalah, ini kan bukan sastra biasa :D. Dan tambahan lagi : we do forgive others… not because they deserve forgiveness, but it’s we who deserve peacefulness :)… Jadi stop judging and continue forgiving hehehehe… Happy ramadhan for everyone, maap lahir batin ;)….

3 comments
  1. jadi ini tho background story dibalik quote di status FBmu yg nampaknya kl daku ga salah nyimak, diposting lebih dari 1x….

  2. Kenapa ya film mahabharata nongol Θi TV Ώyå cuman setengah jam ? Dan aku juga suka banget sma arjuna, kerena orgnya ganteng gagah dll.

  3. wah mantap bagus tulisannya runut banget, enak dibaca. Btw sekarang Mahabarata ada di antv uda nonton?

Comments are closed.