Bahasa ketiga di Madinah?

Tadinya gw gag ngeh yah, mungkin karena uda terbiasa banget baca tulisan dalam bahasa indonesia hehehe.

Pas di dalam masjid Nabawi ada tulisan gede-gede : “Area khusus untuk wanita tanpa anak-anak” … Iyah, waktu itu kebetulan pas sholat Isya, si Pops mau berbaik hati jagain Abil, jadinya si Abil dibawa ke tempat laki-laki, gw bisa melenggang bebas jadinya :P.

Biasa aja tuh pas gw baca tulisannya. Di bagian atas tulisan arab gituh, dan di bagian bawah kalimat bahasa inggris dengan arti yang sama. Jadi setiap petunjuk biasanya dalam 3 bahasa : inggris, arab, dan…. bahasa Indonesia! Waaah, bangga juga booo bahasa indonesia lumayan terkenal di Madinah.

Terbukti kalo jemaah umroh dan haji terbesar dominasinya emang dari negara kita. Kenapa pemerintah masih maju mundur dan takut-takut ya soal TKW bermasalah di saudi ini? :(. Padahal ternyata kalo dipikir-pikir Saudi lumayan tergantung kali ya sama Indonesia.

Bukan cuma karena mereka pake banyak bedinde ato supir dari negara kita tapi sekaligus dapet untung dari banyaknya jemaah haji/umroh asal Indonesia. Sampe toko-toko di seputaran masjid Kuba, ama penjual-penjual pinggirannya pun banyak yang pake bahasa Indonesia dan nawar-nawar in dagangannya dalam bahasa kita : ” Ayo beli, murah, murah….” hehehe.

Yuk mareeee, soal belanja emang kite, orang Indonesia, deh ahli nyeeee =)).

Tidak cuma dalam lingkungan masjid. Sampai-sampai yang suka jualan dekat pagar masjid tuh, jago-jago bouw bahasa Indonesianya :D. Kalau soal angka-angka ya cincay lah.

Dekat pagar, apalagi kelar shalat Subuh, ramai penjual jual ini itu. Paling banyak sih pashmina, kain jilbab dkk gitu lah. Abaya-abaya juga ada. Daster-daster segala macam.

“Murah ini, murah ini. Sepuluh, sepuluh, sepuluh.”

“Siti Rahmah, murah, murah, murah. Lima, lima. Sepuluh, dua puluh. Sini, sini.”

Berasa jalan-jalan di Tenabang deh jadinya kali ya hehehe. Padahal belum tentu juga kali yang berkerumum mau beli orang Indonesia semua :p.

Kalau di Balad itu lebih seru lagi, lho. Tapi kapan-kapanlah diceritain lebih lanjut soal Balad hahaha.