ALDI Supermarket, Kesayangan Emak-emak Se-Eropa :D

Siapa yang tidak kenal ALDI Supermarket kalau tinggal di Eropa mah ya hehehehe. ALDI dikenal karena harganya yang relatif lebih murah daripada supermarket waralaba lainnya di Eropa.

Etapi ALDI ini tidak hanya ada di Eropa. Di US juga adaaaaa. Kami ini semasa tinggal di Texas pun, belanjanya tetep sering ke ALDI. Walau pergi-pergi juga ke Walmart dll. Di Australia pun ada.

Ini vlognya udah ada, nih. Mau skip langsung ke vlog juga boyeeeeeee :p

Lokasi apartemen kami yang sekarang tuh hanya 4 menit -an jalan kaki dari Supermarket ALDI. Cocok banget buat saya yang paling males sekali belanja kudu satu troli hahahaha.

Kami sekeluarga belanjanya sistem harian gitu. Atau mingguan lah. Ke ALDI itu sudah kayak ke tukang sayur. Bisa tiap hari hihihi.

Saya rada clumsy juga. Sering belanja pagi-pagi sebelum masak, terus sampai rumah tepok jidat, “Halaaaahhh lupa beli anu…” Jadi deh lari-larian lagi ke ALDI supermarket buat beli bahan yang ketinggalan tadi.

Tapi ALDI ini barangnya tidak selengkap supermarket lain yang lebih besar. Kalau di Irlandia ada TESCO (dari UK) dan Dunnes Store (lokal Irlandia) yang barang-barangnya jauuuuhhh lebih lengkap. Tetap saja, ALDI ruameeeeeee. Karena MURAH, yes? hehe.

Kenapa sih bisa murah?

Karena ALDI ini semua barang sudah di-packaging atau dibungkus-bungkus gitu. Tinggal bawa ke kasir dan dibayar. Gak ada lagi yang ditimbang-timbang segala macam.

Tempatnya juga rata-rata tidak terlalu besar, ya. Dibandingkan Walmart (kalau di US) ya kalah jauuuuuuhhhhhh hehehe.

Karyawannya juga tidak terlalu banyak. Mereka pun kerjanya bener-bener padat. Kalau lagi sepi di kasir, pegawai ALDI akan sibuk beberes di gudang atau nata-nata barang.

aldi supermarket

Kalau di Indonesia kan biasanya kasir ya kasir, yang ngatur barang ya ngatur barang. Nah, kalau di ALDI nih semua karyawan serba multifungsi. Harus bisa ngerjain semuanya.

Lincah banget deh itu kasir kalau ngitungin belanjain. Cepet banget.

Gudang penyimpanan juga kecil. Jadi jangan heran kalau sore-sore gitu ada barang yang habis ya jarang di-stok lagi. Harus nunggu besok atau beberapa hari lagi kadang-kadang.

Oiya, ALDI tidak menyediakan troli gratis. Trolinya harus pakai duit 2 euro! Biar orang disiplin dan ngembaliin troli ke tempat yang telah disediakan. Nanti kalau udah dibalikin, duit 2 euro tadi juga akan kembali.

Nah, kalau di US cuma pakai koin 25 sen. Makanya pada bandel hihihi. Itu troli dibiarin aja terlantar deket parkiran :p.

aldi supermarket

Jangan lupa juga bawa kantong belanjaan sendiri. Di ALDI juga banyak sih kantong belanjaan aneka rupa. Tapi HARUS BELI. Biar hemat ya bawa kantong yang bisa dipakai berkali-kali. Mayan itu, harganya 70 sen minimal kalau gak salah satu kantong plastik. Kalau tas kain lebih mahal lagi.

Tapi biasanya banyak kardus sisa yang ditaruh begitu saja dan bisa kita ambil sebagai pengganti tas belanjaan. Gratis. Daripada capek-capek juga kali ya buang-buang sampah. Mending ditaruh buat pelanggan yang kebetulan lupa bawa kantong belanjaan dan ogah beli.

Harga-harganya emang dahsyat, deh. Tapi memang merek-merek dan brand-brand tiap toko tuh ya bisa beda-beda kalau di Irlandia. Misalnya makanan sejenis, biskuit coklat misalnya, persis penampakannya tapi mereknya bedaaaa. Rasanya ya kadang beda juga meski mirip-mirip.

Cemilan-cemilan di ALDI banyak banget yang di bawah 1 euro. Sen-sen an boooooo.

Daging susah beli di sana karena belum menjual yang halal. Tapi kalau ikan dan seafood lainnya, saya beli di ALDI aja, sih. Ikannya ya khas perairan Atlantik seperti Ikan Cod, Basa, atau Haddock.

Beras dan santan juga lengkap. Bumbu dapur khas Asia hampir tidak ada. Kalau bumbu-bumbu ginian saya belinya di Toko Asia atau Toko Halal (India atau Pakistan).

Tapi jangan beli yang lain-lain selain makanan sehari-hari sih, ya. Harganya suka aneh-aneh. Kayak seprei misalnya. ALDI kan random banget barang-barang non-makanannya. Suka berubah-ubah tergantung stok atau entahlah. Harganya gak murah yang ginian. Hati-hati aja, sih. Bandingin sama toko lain.

Kalau makanan mah kemungkinan besar PASTI lebih murah daripada supermarket lain dengan “ukuran” yang relatif mirip/sama.

Pokoknya ALDI ini sahabat sejati eike dan suami dah di mana-mana. Di Ireland, di Swiss, di Texas, ALDI supermarket mania dong senantiasa hihihihi.

aldi supermarket

1 comment
  1. Jadi kepo si Aldi.. Biasanya ke Coles terus di Australia sini.. Next week coba ah..

    Thanks infonya, mba Jihan ?

Comments are closed.