Biaya Hidup Tinggal di Republik Irlandia (Kota Athlone, Westmeath)

Kalau ngomongin biaya hidup, perbedaannya bukan cuma terkait tinggal di negara mana. Karena dalam negara yang sama pun, kalau tinggalnya di kota berbeda, biaya hidupnya bisa beda banget loh :D.

Misalnya saya semasa tinggal di Republik Irlandia tinggalnya di Kota Athlone yang jumlah penduduk cuma 25 ribu compared to tinggal di ibukota Republik Irlandia (Dublin) yang penduduknya sejutaan. Tentu jauuuuhhhh bedanya hehehe.

Komponen lain yang tidak kalah pentingnya : GAYA HIDUP personal, yes? Nah, rasanya saya nih termasuk yang gaya hidupnya agak-agak pelit hahahaha. Nanti saya jelaskan secara detail di bawah :D.

Baca Juga : “Pengurusan Visa Irlandia”

Jadi, yang akan saya rinci adalah perkiraan biaya hidup untuk kota kecil di Republik Irlandia, Kota Athlone. Sebenernya Athlone untuk ukuran Irlandia bisa dibilang kota menengah. Tapi dibandingkan sama kota-kota di Indonesia so pasti tergolong kota imut-imut ye kan hahahaha.

Ini untuk biaya sekeluarga ya, kira-kira untuk keluarga dengan suami dan serta serta 2-3 anak. Kalau single ya silakan dikurang-kurangi sendiri aja hehehehe.

Yuk, kita bahas satu satu :

1- Biaya Sewa Rumah/Apartemen

Ini adalah komponen yang pengeluarannya paling gede. Di Dublin sewa apartemen 2 kamar tidur aja itu jatuhnya bisa 2000 euro per bulan (untuk fully furnished). Sebagian besar rumah/apartemen di Republik Irlandia memang biasanya sudah sepaket dengan isi-isinya. Mayan lengkap loh ^_^.

Di Athlone, sewa rumah atau apartemen harganya gak beda-beda jauh. Kisaran harga tahun 2020, rata-rata 1000 euro per bulan untuk fasilitas 2 kamar tidur.

Malah kadang harga rumah lebih murah. Tapi harus diingat kalau tinggal di rumah, misalnya biaya pengurusan sampah itu TERPISAH, jadi harus bayar lagi. Kalau tinggal di kompleks apartemen, biayanya sudah include.

Saya selalu tinggal di apartemen selama 7 tahun di Athlone.

Intermezzo dikit nih, ada yang mau tau Athlone kayak apa kotanya? Yuk, ikut jalan-jalan ama saya ;).

Apartemen pertama saya di Northgate Street, persis sebelah Hotel Radisson Hotel. Namanya SIlverquay. Waktu itu tahun 2013, murah banget, cuma 625 euro per bulan.

Tahun 2018 (setelah kembali dari Texas), kami pindah ke Ard Ri, ini letaknya lebih strategis. Ard Ri ini juga favoritnya Athlone makanya lebih mahal. Kami beruntung dapat harga 800 euro per bulan. Gak pernah naik sampai kami pergi di tahun 2020.

Tapi pasarannya itu 1000 an euro per bulan (fasilitas 2 kamar tidur).

Keuntungannya apartemen itu karena letaknya biasanya di City Center dan sekitar. Kalau kota sekecil Athlone enak banget jalan kaki ke mana-mana. Ard Ri tuh cuma 5 menit jalan kaki ke supermarket ALDI :D. Ke sekolah juga jalan kaki hihihihi.

Ke mal, ke klinik, janjian ama geng Simpedes ngopi di kafe, semuanya bisa jalan kaki :p. Gak percaya? Nih Gaeeesss, vlognya ada loh 😀

Kalau rumah biasanya agak ke suburb jadi perlu punya kendaraan pribadi. Ke mana-mana harus naik mobil. Jalan kaki ya bisa tapi kan lama dan pegel, hahahahaha.

Enaknya sewa rumah, biasanya dapat backyard yang gedeeee, asyik buat main-main dengan anak-anak. Tapi di Ard Ri juga enak, karena ada lapangan rumput segede gaban bisa buat maen 100 an anak pokoknya hahaha.

Jadi kira-kira kita kunci harga sewa rumah/apartemen di harga 1000 EURO (rumah/apartemen 2 kamar), yak ^_^.

2. Bayar Listrik

Komponen listrik termasuk yang lumayan menguras kantong kalau kita tinggal di negara-negara 4 musim. Apalagi Ireland nih yang nyaris jarang banget disamperin summer beneran. Kalok summer palsu mah tentu tiap tahun ada :p.

Jumlah yang harus dibayar itu tergantung musim, sih. Kalau bulan-bulan September sampai Maret di mana cuaca mayan dingin dan kayaknya mustahil gak nyalain heater, bayar listrik rata-rata 150 euro per bulan.

Keluarga saya biasanya nyalain heater pas mau tidur malam sampai pagi. Agak siangan sampai sore, biar hemat kami pakai sweater + kaos kaki dalam rumah. Tenaaaaannggg, orang lokal juga begini kok. Bukan karena kikir semata hahahaha.

Bayar listrik juga tergantung pakai apa heaternya. Kalau heater pakai gas rata-rata lebih murah. Apartemen saya tuh, baik Silverquay maupun di Ard Ri semuanya pakai heater listrik huhuhu. Relatif lebih mahal.

Masuk summer, biasanya april sampai agustus, cuaca lebih bersahabat. Bayar listrik rata-rata bisa 80 euro per bulan atau kurang. Bisa tanpa heater all day. Kalau pas lagi dingin ya paling nyalain 2-3 jam di malam hari. Karena cuaca labil banget. Kadang summer pun bisa mendadak di bawah 10 derajat berhari hari.

AC enggak ada yaaaaaaa :D. Makanya kalau pas suhu mencapai 30 dercel atau lebih, kagok euy :p. PUanaaassss. Tapi santai ajalah, jarang banget Ireland suhunya segini dalam waktu yang lama. Paling beberapa hari aja. Atau beberapa jam doang malah hahahaha.

Itu udah listrik total ya. Saya sebut2 heater soalnya heater ini yang konsumsinya pualing gede sendiri.

Kita kunci harga bayar listrik bulanan di harga 125 euro.

3. Biaya Sekolah?

Santaaaaiiii, sekolah gratiiiissss hihihi. Paling harnya beli buku-buku saja. Tapi buku-buku pun sebagian besar bisa disewa dari sekolah. Hanya beli beberapa saja yang modelnya macam LKS gitu beserta peralatan tulis menulisnya.

Untuk sewa buku tahunan biayanya sekitar 40 euro per tahun. Inget loh ya pertahun. UNtuk printilan lain-lain sekitar 30 euro (pensil dsb). Ini juga buat setahunan lah ya.

Selain buku, seragam juga harus beli. Di Ireland, sekolahnya pakai seragam :). Tapi belinya tuh bebasssss, boleh di toko mana saja. Ada yang murah ada yang mahal. Biasanya sekolah cuma nentuin warna saja. Contoh seragam, boleh ceki-ceki 2 vlog saya tentang sekolahan anak-anak di Ireland, ya ;).

Biaya seragam, ambil harga tengah saja, ya. Karena jumper/sweater tuh ada yang 5 euro sampai yang 30 euro (bahannya tebel, kualitas lebih yahud pastinya). Kira-kira perlu 2 pasang, atasan-bawahan-jumper-baju olahraga dll, 120 euro. Ini udah untuk setahun.

Ada juga pengeluaran macam field trip dan iuran renang dll, saya perkirakan sekitaran 50 euro pertahun.

Total biaya sekolah untuk SATU TAHUN kira-kira 340 euro. Satu bulannya kira-kira 30 euro (dibuletin yak biar gampang aja nanti ngitung totalannya :p).

4. Biaya Transportasi (Kepemilikan mobil, Naik Bus, dll)

Hmmm, kalau tinggalnya di City Center ongkos bus bisa dibilang ENGGAK ADA :p. Walau begitu, suami saya kan tiap hari ngantor bolak balik. Jadi sekalian aja dese yang nganterin anak-anak ke sekolah.

Nanti saya yang jemput. Jemput mah jalan kaki ajaaaa. Tuh cek vlognya di atas :p.

Mobil juga penting buat jalan-jalan. Transportasi publik di Republik Irlandia ini masih lumayan tertinggal dibanding negara maju lainnya di benua Eropa. Apalagi kalok tinggal di kota-kota kecil huhuhu. Busnya miniiiiiim.

Tiap weekend kami biasanya pergi hiking ke mana lah gitu. Langsung diceki-ceki aja beberapa vlog hiking kami sekeluarga selama di Ireland. Busyet ini iklan channel aja dari tadi hahahaha :p. Sekalian, yes? 😀

Kira-kira sebulan untuk bensin pengeluaran kami sekitar 100 euro.

Selain bensin, ada lagi yang namanya NCT (National Car Test). TIAP TAHUN, setiap kendaraan harus melewati proses NCT untuk mendapatkan surat izin penggunaan. Wajib pakai banget.

Buat safety emang penting banget sih proses semacam NCT ini. Jadi kendaraan yang lalu lalang tuh bener-bener yang sudah “lolos sensor” dan gak ada yang namanya ‘jalan belakang’ hehehe.

Biayanya 55 euro per tahun. Kira-kira sebulan dibuletin jadi 5 euro aja ya.

Adalagi yang namanya Road Tax yang kira-kira sekitar 300 per tahun. Apaan sih ini? Googling aja yak, masih panjang nih yang harus ditulis. Pokoknya biaya ini juga mandatory. Dijadiin bulanan, berarti sekitar 25 euro per bulan.

Next, ada asuransi kendaraan. Wajib jib jib asuransi kalau di negara-negara maju. Besaran pajak kendaraan tiap tahun tergantung banyak hal. Misalnya kalau baru datang dan mengemudi di Irlandia, preminya lebih besar.

Kalau baru punya SIM L (baru belajar mengemudi) preminya juga guedeeee. Jika sudah bermukim agak lama dan mengajukan asuransi untuk kesekian kalinya baru ada pengurangan.

Nah, suami saya setelah mengemudi 2 tahunan dan punya SIM ‘beneran’ (apa sih istilahnya ya, lupak, hahahaha), bayarnya sekitar 600 euro per tahun. Kira-kira 50 euro per bulan.

Ditotalin biaya transportasi bisa 180 euro per bulan.

Nah kalau tinggal agak ke suburb dan gak punya kendaraan pribadi, ada sih bus. Tapi waktunya agak terbatas, sekali naik sekitar 1-2 euro. Mayan mahal jugak. Silakan diitung sendiri yak bulanannya :D.

5. Biaya Belanja Bahan Makanan dan Kebutuhan RT lainnya

Astagah, ini kok baru keingetan hihihi. Okay, ini juga tergantung banget gaya hidup dan kebiasaan tiap keluarga. Kami berlima (2 dewasa, 2 anak usia di atas 7 tahun dan 1 balita) menghabiskan kira-kira 125 euro per minggu. Ini relatif murah sih emang hehehe.

Ini biaya belanja ke supermarket. Saya tuh juga belanjanya ke ALDI, supermarket yang memang terkenal harganya miring :p. Sudah termasuk belanja beras, lauk, cemilan, peralatan pembersih rumah dst dst.

Selain ALDI, bisa juga ke LIDL yang harganya mayan bersaing. Tapi apartemen saya deketnya ke ALDI jadi ngapain dah jauh-jauh hehehe.

Iklan lagi aaaah, ada looooh vlog pas belanja belanja ke ALDI, hahahaha. Hajar teroooosss :p.

Berarti sebulan kira-kira 500 euro, ya.

Kami gak suka jajan. Saya seringnya masak. Tapi dalam sebulan ya ada aja acara makan di resto. Makan di resto di Ireland tuh bikin bokek banget dah huhuhu. Karena resto pajaknya gede, bayar karyawan segala macam, bla bla bla. Jadi satu menu tuh rata-rata dibandrol 10 euro.

Makan berlima abis udah 50 euro :p. Kecuali jajan-jajan kebab ala-ala hehehe. Banyak looohhh kebab halal di Irlandia, bahkan di kota-kota kecil pun, rumah makan halal bertebaran.

Anggaplah makan di luar ini sekitar 100 euro per bulan. Totalnya 600 euro.

6. Uang Les Anak-anak

Tergantung ikut les apa aja. Anak-anak kami ikutan renang. Yang bungsu waktu itu belom sih. Renang bayarnya per term 12 x pertemuan 1 minggu 1x, 90 euro per anak. Kira-kira 30 euro per bulan 1 anak. 2 anak jadi 60 euro.

Anak-anak juga ikut les ngaji, sekitar 75 euro per bulan 2 anak.

Udah sih itu doang. Totalnya kira-kira 135 euro per bulan.

7. Beli Kebutuhan Sandang

Hmmm, ini tricky juga ya. Soalnya beli baju relatif jarang. Negara 4 musim yang cenderung dingin kayak Irlandia, jarang keringet, jadi gak perlu sering-sering ganti baju. Mandi saja bisa 2 hari sekali hahaha.

Jaket aja tuh saya bisa 2 tahun sekali baru beli. Anak-anak yang agak sering. Lagian enaknya di Ireland bisa beli-beli baju preloved. Preloved sandang di Ireland banyak yang bermerek dengan kondisi masih muluuuusss :D.

Jaket sama sepatu yang sering beli preloved. Apalagi buat anak-anak. Cepet kekecilan jadi ngapain beli baru terus :D. Pilihan masing-masing saja ya ^_^.

Sandang juga termasuk beli cover selimut, seprei dll. Ini gak perlu tiap tahun banget sih belinya. Kalok saya yaaaaa hihihi. Emang ngirit anaknya :p.

Let say kebutuhan sandang kami mungkin sekitar 600 euro per tahun. Ini udah berlima ya. Suami yang paling gak rewel hahaha. Sebulan berarti kira-kira 50 euro. Kan gak tiap bulan belanja juga sih.

8. Miscellanous

Biaya misc ini kira-kira berapa ya, hmmm, repot juga ini ngitungnya hehehe. Kita kira-kira sekitar 100 euro sebulan.

YAK, it’s a wrap. Udah ke-cover semua, yak. Nanti kalo keingetan lagi baru diedit lagi hihihihi.

Jadi total sebulan kira-kira berapaaaaa? Jeng, jeeeeng. Yok, totalin…totalin…

1000 + 125 + 30 + 180 + 600 + 135 + 50 + 100 = 2220 euro PER BULAN. Kondisi hidup berlima, anak 3. Kurang lebihnya segitu.

Jangan lupa ini untuk BIAYA HIDUP DI KOTA SELEVEL ATHLONE hehehehe. Inget yak, di Dublin sewa rumah/apartemennya aja bisa DUA REBU sendiri :D.

Makanya salah satu solusi buat keluarga yang bekerja di kota-kota besar adalah melipir ke suburb hehehe. Sekitaran Dublin kan ada beberapa kota-kota satelit yang mudah-mudahan harganya lebih bersahabat. Aamiin, hahhaha.

Semoga infonya membantu ya teman-teman ^_^.