Resep Empal Gepuk Daging Sapi

Kangen posting-posting resep? Makanya mau nulis tentang Resep Empal Gepuk Daging Sapi iniiii. Kali-kali ya bisa menjadi menu alternatif lebaran. Yaelaaaa, bulan puasa saja masih belum, kok ya udah ngomongin lebaran hihihi.

Sebenarnya posting resep sering sih, di blog Dapur Davincka 😀. Tapi biarin deh menu khusus posting di sini jugak. Resep Empal Gepuk Daging Sapi ini menu kenangan banget lah. Karena bikin ini pertama kali sejak masa tinggal di Jeddah.

Resep Empal Gepuk Daging Sapi

Resepnya dari Mbak Herti’s Kitchen, salah satu punggawa dalam urusan dapur di era-era permulaan *tsaaaah* :D. Itu aja blognya Mbak Herti masih model pbase gitu.

Oiya, ini juga lagi rajin-rajinnya bikin vlog resep buat kenang-kenangan juga. Nanti kan kalau sudah pulang ke Jakarta terus ingat lagi, “Eh dulu gue rajin masak juga”. Secara kalau balik Jakarta suatu hari nanti ya pasti akan sering berurusan dengan Go Food, yes? Hahaha.

Untuk Resep Empal Gepuk Daging Sapi, videonya boleh dilihat di sini. Video praktis kok, dijamin tetap detail walau durasi kurang dari 2 menit #hematKuota ;).

Buat yang Food Combining kalau masak ginian ya jangan tiap hari. Lagian siapa juga kali yang mau bikin empal gepuk tiap hari ya hehe. Maksudnya, protein hewani ini termasuk yang sukar dicerna dalam sistem pencernaan manusia lho.

Hati-hati ya memilih metode diet. Untuk menurunkan berat badan memang cara paling cepat dengan memangkas asupan karbohidrat. Jadi banyak yang ikut metode diet yang high protein bahkan ada yang sama sekali mengeliminasi karbohidrat. No carb at all.

Karbohidrat itu asupan yang sangat penting buat otak kita lho ;).

Kalau durasinya tidak terlalu lama, mungkin masih bisa ditolerir oleh tubuh kita. Tapi kalau sudah sampai berbulan-bulan bahkan tahunan, apa sehat gitu ya? Kita kan bukan karnivora hehehe. Jangan bandingin sama hewan-hewan pemakan daging kayak singa dll dong :p.

Kan ada tuh yang ngeles, “Tuh harimau langsing padahal makan daging doang. Lihat sapi dan gajah, bisa segede itu padahal makan rumput ajah.” Hahahaha. Helooooo :p #sodorinBukuBiologi.

Ini kenapaaaaa, posting-posting resep daging terus ceramah soal protein hewani coba yaaaaaa hahaha. Kan ceritanya mau ngasih alternatif menu lebaran, yes? :p. Lebaran mah setahun sekali eh dua kali sama hari raya kurban. Nah ini pas dah bisa buat lebaran Idul Fitri bisa buat alternatif menu di lebaran Idul Adha jugak :D.

Resep Empal Gepuk Daging Sapi ini juga tingkat keberhasilannya tinggi. Asalkan didiemin dalam kulkas minimal semalaman (6-8 jam), bumbunya tuh benar-benar meresap ke dalam daging (y). Endeeessss.

Resep Empal Gepuk Daging Sapi

1 kg daging sapi paha/gandik (tanpa lemak).
500 ml santan
1 bawang bombay ukuran besar cincang halus
4 siung bawang putih cincang halus
1 sdm ketumbar bubuk
2 sdm gula merah
5 cm lengkuas iris halus
Garam + gula secukupnya
3 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan

Cuci bersih daging sapi, potong melebar dan agak tebal.
Didihkan daging dalam air sampai tenggelam. Jaga jangan sampai hancur.
Pukul-pukul daging hingga melebar.
Didihkan santan + semua bumbu. Masukkan daging dalam santan mendidih.
Masak sampai santan bumbu terserap habis oleh daging.
Sisihkan daging dan simpan dalam kulkas minimal 6-8 jam agar
bumbu meresep sempurna.
Goreng daging dalam minyak panas sampai kecoklatan.
Angkat dan hidangkan.
Taburi bawang goreng kalau mau.

***

Serius, enggak susah toh ya ;). Tinggal lihat videonya juga kalau mau versi “live show” #eaaaaa :p.

Kalau saya sendiri menu lebaran dari masa kecil tuh, untuk olahan daging sapi, selalu ingat Resep Sambal Goreng Daging Sapi yang khas Makassar itu lho ^_^. Nyam, nyam, abiisss.

Waktu saya lahiran anak ke-3, Mama saya datang menemani saya di Ireland. Langsung deh minta training khusus bikin Sambal Goreng Daging Sapi.

Nah, ini juga sudah ada videonya lhooooooo ;).

Tuh, dalam satu postingan sudah ada 2 alternatil resep olahan daging sapi :D. Yaelaaa, prepare buat bulan puasa dulu kali yak malah ngurusin menu lebaran hahaha.

Maaf lahir batin menuju bulan puasa ya teman-teman <3.