Galway, Pesisir Barat Irlandia

Pulau Irlandia berbatasan langsung dengan Laut Atlantik di pesisir baratnya. Jadi, kalau mau ke pantai terbuka, mari kita jalan-jalan ke wilayah barat. Salah satunya ke Kota Galway ^_^.

Galway, termasuk kota terbesar di Repulik Irlandia. Nomor 3 kalau tidak salah setelah Dublin dan Cork. Galway, kota besar yang letaknya paling dekat dengan kota tinggal saya. Makanya sudah beberapa kali main ke sini. Tapi baru kali ini sempat ditulis hahahaha :p.

Salt Hill Galway foto Dani Rosyadi di Irlandia

Salthill Beach di Galway, foto : Dani Rosyadi

Btw, Galway juga termasuk kota wisata di Republik Irlandia buat para turis yang paling direkomendasikan ;). Umumnya pada pengin ke Pulau Aran yang bisa dituju dari pesisir pantai di Galway.

Kunjungan pertama saya ke Galway, tahun 2013 silam, hanya main ke pantainya saja. Kunjungan selanjutnya baru ke City Centernya. Jadi postingan terpisah saja, ya. Biar banyak hihihihi. Sekarang fokus di pantai Galway saja yang menghadap ke samudera Atlantik.

Konon, Atlantik ini suhunya cukup dingin. Iya, sih. Rasanya pas ke sana sudah mulai masuk musim panas tapi suhunya ya enggak panas-panas amat. Jangan bayangin pantai-pantai di Indonesia yang hangat di hampir sepanjang tahun :p. Di Atlantik ini, anginnya tetap lumayan di musim panas sekali pun.

Jalan-jalan ke Galway, Irlandia

Akomodasi dari Dublin ke Galway

Menuju Galway dari Dublin bisa ditempuh via bus dari stasiun Bus Busarat yang letaknya di City Center. Naik saja bus nomor 20 atau X20, Dublin – Galway. Kalau mau ke Athlone dari Dublin juga naik bus ini. Mampir di Athlone dulu boleh Kakaaaaaaa hehehe :p. Mampir di halte bus bandara juga lho bus ini ;).

Hampir tiap jam busnya ada ^_^. Dublin-Galway naik bus kira-kira 3 jam lamanya.

Kota Galway tujuan turis di Irlandia foto Dani Rosyadi

Salah satu sudut kota di Galway. Foto : Dani Rosyadi

Saya sekeluarga naik mobil dari Athlone. Jaraknya lebih dekat. Hanya menyetir sekitar sejam.

Waktu itu memang kepengin main ke pantai ^_^. Mumpung cuaca lumayan hangat. Tapi sehangat-hangatnya cuaca di pesisir Atlantik, tetap harus jaketan. Jaket tipis saja sudah cukup sih.

Pantai di Salthill Galway

Menuju Salthill, wilayah pantai di Galway, relatif gampang. Banyak penunjuk jalan. Tapi kami dibantu oleh Sygic hehehe. Dari City Center Galway sekitar 15 menit-an.

Salthill Galway pantai atlantik foto dani rosyadi

Wisata ke Salthill Galway, foto : Dani Rosyad

Ada trotoar cukup lebar di pinggiran pantai. Jadi enak kalau mau lihat-lihat dulu. Buat dorong-dorong stroller juga nyaman. Tentu saja para bocah sudah enggak sabar ke area berpasir.

Saat itu lumayan banyak pengunjung lain yang lagi ke sini. Tapi kayaknya enggak penuh. Terakhir ke sana, nyari parkiran sampai muter-muter. Nah, tahun 2013 itu, langsung dapat parkiran pas datang dan ada lebih dari satu slot kosong.

Di pesisir yang  berpasir,  anak-anak ketemu teman baru. Asyik deh main bola bareng :D. Kami gak bawa tikar waktu itu. Jadi duduk-duduk di batu saja liatin anak-anak main di pasir.

Salthill Galway pantai Irlandia foto dani rosyadi

Main bola bareng, foto : Dani Rosyadi

Lihat gak tuh, anak-anak bule ada juga yang pakai baju renang. Udah biasa kali ya, enggak terasa dingin :p.

Oiya, Salthill ini terletak di pinggir jalan raya yang banyak dilalui kendaraan. Bus-bus dalam kota juga pada lewat sini. Kayaknya masih wilayah dalam kota. Jalan rayanya ramai bener.

Di promenade-nya juga banyak yang duduk-duduk. Atau sekadar jalan-jalan, entah jogging sendirian, sambil bawa hewan peliharaan, atau berduaan sama pasangan atau satu paket dengan anak-anak kayak kami hihihi.

Galway Irlandia pantai Atlantik foto Dani Rosyadi

The Salthill Promenade, foto : Dani Rosyadi

Lumayan lama juga di Salthill, suami soalnya sambil motret-motret juga. Keasyikan motret anak-anak dan pemandangan, motret bini ampe lupa ya Bang, zzzzzz -_-. Ya nasib, ya nasib. Dulu aja, bulan madu di atas pelangi, hanya kita  berduaaaaa …. #eaaaa. Kenapa jadi baper iniiiii hahahaha.

Ke Pantai Connemara

Dari Salthill, masih pengin lihat pantai yang satu lagi. Mari kita ke Connemara :D. Sebenarnya pengin ke Connemara National Park tapi kayaknya jauh. Eh, entah jauh entah gak ketemu ya hihihihi.

Soalnya, pengin makan siang di Connemara. Jadi, pas ketemu pantai, langsung parkir. Makan di dalam mobil biar bocah enggak rusuh lari-lari :p.

Connemara Beach Ireland pic : Dani Rosyadi

Pantai Connemara, Galway. Foto : Dani Rosyadi

Di Salthill kan di seberang pantainya ada perumahan, perkantoran, dan jejeran toko-toko yang enggak kalah ramainya.

Connemara ini pantainya lebih sepiiiiiii. Sudah agak ke luar kota. Jalanannya saja sunyi begini :D. Enggak ramai mobil lalu lalang. Di sisi satunya juga cuma padang rumput yang nyaris kosong begitu.

Connemara Beach Galway foto : Dani Rosyadi Ireland

Pinggiran jalan di tepi pantai Connemara. Foto : Dani Rosyadi

Sebenarnya kepengin nyobain makan di rumah makan di pinggiran pantai di Connemara ini. Lihat foto di bawah, di pojokan itu ada tulisannya kan, “Fresh Seafood”. Tapi biasanya pasti mahal dah hahahaha. Lagian sudah kenyang abis makan. Bawa bekal dari rumah kayak biasa :p.

Jadi ya, difoto ajalah  buat kenang-kenangan hihihi. Next time mana tahu ke sini lagi, bolehlah dijajal seafood ala Atlantik :p.

Connemara Galway Irlandia jalan-jalan foto Dani Rosyadi

Connemara, foto : Dani Rosyadi

Di Connemara, gak terlalu  banyak orang main di pasir pinggiran pantai. Makanya juga enggak lama-lama di sana. Garing, euy, hihihihi. Saya juga banyakan dalam mobilnya. Dingiiiiin, anak pantai tropis disuruh ke Atlantik emang gak nyambung dah hahaha.

Anak-anak saja sama suami yang pecicilan di pantai.

Pantai Connemara tidak terlalu ramai, foto : Dani Rosyadi

Pantai Connemara tidak terlalu ramai, foto : Dani Rosyadi

Sudah agak sore pas kami beranjak pergi dari Connemara. Sudah enggak semangat mau ke National Park-nya. Lagian kalau mulai gelap, iya kali mau jalan-jalan di hutan, hiiiyyyy *bergidik*. Siang-siang saja suka horor sendiri kalau hiking di area hutan yak –> dasar penakut! Hahaha :p.

Mau muter di City Center saja sudah malas. Jadi, langsung cabut balik ke Athlone.

Tapi 2014 kemarin sempat datang lagi ke Galway, jalan-jalan di City Center, ke mal, sampai nyari-nyari toko Asia buat beli tempe hihihi. Next time ya. Ini kirain bakal pendek. Tapi panjang juga ternyata postingannya :D.

Until we meet again, Galway! <3

Foto : Dani Rosyadi

Foto : Dani Rosyadi

2 thoughts on “Galway, Pesisir Barat Irlandia

  1. hallo mbak salam kenal ya!
    saya master student di jerman dan kemungkinan mau ikut volunteer gt sebulan di daerah gallway. mbak masih tgl dideket2 sana ya? kalo visa di approved, mau brgkt awal april ini. karna aku sndirian, jd bakaln seneng kalo ada ketemu temen baru disana. kalo bs ketemuan, kabarin ya mbak.

    salam winter dr jerman,

    merry

    • Di Galway ada si Nurul sih, dia mahasiswi S3 di sana :D. JOin di grup Indonesian Irish Group aja di Facebook kalau punya akun Facebook. Tempat saya agak jauh nih dari Galway. Tapi kalau mau ketemuan ya tetap bisa lah ^_^

Comments are closed.