Resep pallumara ikan makassar

Resep Palumara Khas Makassar Enak dan Segar

Resep Palumara khas Makassar ? Umm…sebenarnya ini juga masakan khas orang Bugis bahkan orang-orang di Sulawesi pada umumnya :D.

Tapi di Bugis umumnya disebut “Nasu Bale” kalau di daerah asal orang tua saya, Kabupaten Sidrap. Bugis dari Bone bilangnya beda lagi. Lupa namanya hehehe.

Resep Palumara Khas Makassar
Pallumara, foto : Dani Rosyadi

Nama Palumara itu dari bahasa Makassar. Pallu = masakan. Pernah dengar kan … Pallubasa, Pallubutung dll :D. Palumara artinya masakan asam. Mara itu artinya asamm kalau tidak salah. Duh, enggak jago bahasa Makassar nih *sungkem*.

Saya juga enggak paham resep aslinya harusnya bagaimana. Ini hasil tanya-tanya ke si Mamah aja. Apalagi tempo hari Mama sempat tinggal di sini selama 2 bulan. Sempat beberapa kali bikin Resep Palumara ini ;).

Tapi kepengin nambahin beberapa tambahan bumbu. Belagu banget yak, sok-sok modifikasi hihihihi.

Dulu, di Jeddah, di depan apartemen juga orang Sulawesi ^_^. Mertua teman saya itu orang Bone. Pas datang, sempat diajarin cara bikin Resep Palumara ini. Kalau Mamah saya bikinnya sederhana saja bumbu-bumbunya. Sementara mertua teman pakai bumbu lebih lengkap. Saya lebih suka yang bumbunya lebih banyak  hehehe.

Kalau Mamah kan hanya pakai kunyit, asam jawa, garam, penyedap rasa terus udah deh. Kayaknya lebih sedap kalau pakai bawang-bawang segala macam, nyam nyam :D.

Sekarang soal bahan utamanya : ikan. Waktu kecil dulu sih, biasanya resep palumara ini pakai aneka ikan laut. Bisa ikan Tongkol/Cakalang atau ikan Bolu/Bandeng. Bisa juga ikan Mairo yang ukurannya agak besar. Saya gak paham deh ini ikan Mairo nama formalnya apa ya hihihi. Ikan teri yang agak gede apa ya? CMIIW ya ^_^.

Baca : Resep Ikan Pesmol Kuning

Tapi di Ireland sini adanya ikan fillet gitu. Ada sih ikan-ikan segar yang masih utuh tapi mahal, Cyiiiinnn hihihi :p.

Pakai ikan fillet juga rasanya cetaarrrrrr ^_^. Biasanya saya pakai Ikan Cod atau Ikan Basa. Cod warnanya putih, kalau Basa agak kecoklatan. Dua-duanya enak kalau dibikin resep palumara.

Resep Palumara Khas Makassar

Bahan :

1- Ikan fillet, sekitar 300 gr

2- Kunyit, 1 sdm

3- Asam Jawa, sekitar satu sendok makan. Remas-remas dengan air.

4- Bawang merah, 3-4 siung, cincang kasar/halus

5. Bawang putih, sebiji aja cukup cincang kasar/halus

6- Jahe, sekitar 2 cm, keprek dikit

7- Minyak 1 sdt buat menumis

8- Air, sesukanya pengin banyak kuah atau sedikit

9- Garam Gula secukupnya

10- Cabe hijau besar, 2-3 buah

11- Kaldu blok. Kaldu ikan ya. Kalau enggak ada pakai kaldu ayam aja. Itu kalau mau. Enggak ada juga gak apa. Saya pakainya cuma sejumput kadang juga enggak pakai sih.

Cara Membuat :

1- Ikan diberi air sedikit. Sekitar 2-3 sendok makan. Campurkan kunyit, garam sedikit, asam jawa yang sudah diremas ke dalam panci yang sudah berisi ikan tadi. Campur rata. Beri air sekitar 200 cc.

2- Rebus ikan dan bumbu tadi di atas kompor. Apinya jangan gede-gede yak. Ikan kan cepet aja  matangnya ;). Masukkan cabe hijaunya. Biar matang bareng.

3- Tumis bawang merah, bawang putih dan jahe sampai harum.  Lalu campurkan ke panci yang isi ikan dan bumbu tadi.

4- Aduk sebentar lalu tambahkan air secukupnya. Jangan banyak-banyak sih enaknya biar lebih kental :D.

5-  Tambahkan garam, gula dan kaldu (kalau mau). Koreksi rasa. Matikan api.

Hasil dari Resep Palumara siap dihidangkan ^_^. Kuahnya segar-segar asam hasil campuran asam jawa, kunyit dan jahe :D.

Btw, ada juga yang langsung memasukkan semua bumbu dan dimasak bareng tanpa ditumis. Kalau saya prefer ditumis sih, biar lebih wangiiiiii :D.

Gampang kaaaaan? Ya iyalah, kalau enggak gampang, gak bakalan sering-sering saya bikin hahahaha :p.

Selamat mencoba resep palumara khas Makassar ini ;).

Resep palumara ikan makassar
Resep Palumara siap dihidangkan :D, foto : Dani Rosyadi