Transportasi subway di Tehran Iran

Tehran urban and suburban railway (metro)

Kemaren pas mau beli oleh-oleh , ternyata Mas Syahrul (mahasiswa asal  Indonesia yang kuliah di Tehran, yang baek banget ama kita :D) enggak bisa nganterin karena saudaranya masuk RS.

Tadinya mau naik darbas (taksi) ke tempat / toko-toko penjual souvenir bersangkutan. Karena enggak tahu jalan dan alamat lengkapnya jadilah kita naik Metro!

Metro? Metromini? hehehe. Saya juga tadinya menyangka kayak bis gitu. Sempet ogah-ogahan. Tapi suami nerangin kalau metro itu kaya MRT di singapura, subway gitu lah. Waaahhh… malah keluar norak nya dan jadi semangat Hahaha.

Tadinya tidak berharap banyak. Kirain subway-nya enggak sebagus dan sekeren yang di singapura. Ternyata… enggak kalah lho! Bersih, keren dan enggak rame-rame banget. Jadi nyaman. Dan jangan coba-coba bandingin ama kereta di jakarta yak :P. Hehe.

Tehran Subway Station (Gambar : wikimedia.org)
Tehran Subway Station (Gambar : wikimedia.org)

Sayang disitu enggak boleh foto-foto dan saya gengsi berat dunk buat difoto sembunyi-sembunyi sama suami. Enggak maksimal nanti senyumnya hehehehehe…. Jadilah cerita Metro ini lewat postingan ini sajah :).

Cara beli karcis mirip di singapura, cara masuk nya juga. Tapi di sini, beli karcisnya ada yang one way saja. Kalau di singapura, belinya bisa paketan dan nanti ngurangin sendiri tergantung tujuan kita, bener enggak, sih? Agak lupa juga :P. Ke Singapura tahun 2007 hihihi.

Tempatnya bersih, nyaman dan tiap pemberhentian juga dikasih tahu nama stasiunnya. Enggak terlalu berdesak-desakan. Oiya, disini ada gerbong khusus perempuan. Dan bener-bener tertib orang-orangnya. Jadi, jangan harap ketemu laki-laki di gerbong2 khusus ini.

Gimana kalau yang pergi dengan suami dan anak-anak? Masa pisah-pisah? Nah, selain gerbong khusus perempuan, semua orang bebas naik. Jadi saya Dan suami plus si Abil naiknya ya gerbong umum itu.

Tapi, kalau di Singapura jalurnya kayanya dah lumayan lengkap. Jadi hampir semua tempat sudah bisa dijangkau via MRT. Di iran, masih terbatas banget.

Saya menikmati banget bepergian dengan Metro di Tehran ini, sambil berkhayal kapan kah kiranya di Jakarta bisa menikmati fasilitas angkutan umum seperti ini? :). Nanti pasti bisa! Amin ^_^.