Museum Titanic Belfast : Kenangan atas Tragedi Titanic

Aish, ini sebenernya cerita jalan-jalan hampir 5 tahun yang lalu hahaha. Better late than never. Gini nih, kalok lagi kangen Ireland sibuk bongkar-bongkar foto dan video-video lama.

Barulah tergugah untuk bikin postingannya :p. Dulu sudah pernah saya tulis, sih, soal Titanic ini di tulisan yang ini.

Cuma gak papa diulang lagi untuk versi traveling yang fokus ke jalan-jalan dan seluk beluk tempatnya :D.

Yang mau lihat vlognya, monggo cuuussss :

Titanic Belfast Museum terletak di kota Belfast, ibukota Irlandia Utara. Sekali lagi mohon diingat kalau Irlandia Utara ini adalah bagian dari negara UK. Jadi kalau mau ke sana harus apply visa UK, BUKAN visa Irlandia yaaaaa :D.

Baca Juga : “Pengurusan Visa Irlandia”

Alamat Titanic Belfast :

1 Olympic Way, Queen’s Road, Belfast BT3 9EP, United Kingdom

Titanic Belfast Museum kira-kira berjarak 2.5 km dari Belfast City Center. Kalau jalan kaki, sekitar setengah jam. No worry, di Ireland cuacanya enak banget buat jalan kaki, kok. Gak bakal keringetan parah :D.

Bentuk gedungnya berupa bongkahan es batu gitu. Warnanya juga putih silver. Abu-abu muda dengan efek semacam kaca gitu. Unik ya hehe.

Baca Juga : “Biaya Hidup Tinggal di Irlandia”

Bangunan museum mulai dibangun tahun 2009 dan dibuka untuk umum sejak tahun 2012. Selain membahas soal tragedi Titanic, fokus utama dari Titanic Belfast Museum ini adalah tentang perusahaan (White Star Line), tempat di mana RM Titanic diproduksi.

Kalau sekadar lihat-lihat di lantai bawah, jajan-jajan di kafetaria, atau lihat-lihat ke dalam toko suvenir, gratis saja. Selain itu pekarangan gedung juga lumayan banyak sudut yang lumayan buat foto-foto :D.

Kalau mau masuk sampai ke dalam museum (di lantai 2), family ticket sekitar 43 pounds. Cek lagi ya, saya ke sana kan akhir 2016 hehehe. Tapi biasanya inflasi di yurop enggak gede-gede amat, sih.

Biaya 43 pound sudah termasuk biaya masuk ke SS Nomadic. Kapal ini adalah kapal peninggalan terakhir yang pernah dibuat oleh perusahaan White Star Line.

Di video yang saya share belum ada video tentang SS Nomadic ini. Nanti deh video terpisah :D.

Kami janjian dengan Emil & Maya sekeluarga. Seru, sih. Sebelum masuk ke museum, kami foto-foto dulu di luar, ngobrol sambil cekikikan membahas kegalauan apakah akan bayar tiket masuknya secara lumayan mihil, yes? :p.

Tapi akhirnya ya masuk laaaaah. Udah jauh-jauh dari selatan, masa iya, cuma numpang lewat ye kaaan :D.

Apa saja yang dilihat di dalam museum, here we go (monmaap Gaeess, ini folder fotonya belum nemu, nanti begitu ada langsung tempelin di sini deh ya 😀 #sungkemDulu) :

1- Boomtown Belfast. Sebuah ruangan yang menampilkan suasana di Kota Belfast kala menjadi salah satu pusat industri di Eropa. Di masa-masa inilah Kapal Titanic mulai dibangun oleh perusahaan White Star Line.

2- The Shipyard. Di ruangan ini, para pengunjung diangkut oleh semacam kereta kecil. Kita seolah dibawa berkeliling di tempat konstruksi pembangunan kapal Titanic saat itu.

Tempatnya gelap gitu, cek di video ya. Tapi sebenernya kelihatan beberapa potongan video gimana para pekerja memotong kayu, me-las besi (apa sih ini bahasanya, bener gak? hahaha), ada semacam perapian tiruan lengkap dengan percikan api ala-ala.

3- The Launch. Ditunjukkan gimana saat-saat Titanic diluncurkan pertama kali. Memulai pelayarannya di musim semi tahun 1912. Pas di sini malah terkenang sama pilem Titanic 1998 yang fenomenal itu, malah jadi agak sedih huhuhu.

4- Replika ruangan dalam kapal Titanic. Pas lihat bagian ini lebih sedih lagi. Ada replika kamar-kamar yang dibagi dalam 3 kelas dalam kapal. Bener-bener terkenang scene dalam film saat kapal mulai tenggelam.

Sayup-sayup terdengar suara Celine Dion bersenandung, “Every night in my dream … ”

Karena sibuk jagain anak-anak makanya enggak sampe drama beneran, sih, hahaha. Baru mau sedih, eeehhh udah harus pelototin anak-anak satu-satu yang maunya lari-larian sana sini zzzz -_-.



5- Suasana di pelabuhan saat kapal mulai berlayar ke laut lepas. Seru loh yang ini. Karena kita seolah ada dalam kapal. Tapi ya itu, sediiiiihhhh :'(.

6- Momen tenggelamnya kapal Titanic. Duh, gong banget deh pas di sini. Ada layar besar yang menampilkan lampiran percakapan antara Titanic dan penjaga menara di saat-saat terakhir. Aduuuhhh, kaaaannn, sedih beneran :(.



Dijelasin gimana proses rusaknya kapal dimulai, karena apa, dan proses penyelamatan penumpang.

Siapa saja nama-nama penumpang, Nama arsitek.dan kapten kapal lengkap dengan biografi masing-masing. Juga ada beberapa potongan berita di saat itu terkait tenggelamnya si kapal mewah ini. Info tentang siapa saja yang jadi korban dan siapa saja yang selamat juga ada.

7- Sisa-sisa peninggalan kapal yang ditemukan dan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim pencari dan seterusnya. Ada puing-puing kapal yang ditampilkan di layar.



NAH, kira-kira ada 7 bagian dalam museum itu yang bisa kita nikmati. Worth it lah bayar segitu. Menarik banget kok.

Kalau ada kesempatan ke Irlandia Utara, kunjungilah museum kece ini ;).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *