Eid Mubarak 1440 H dari Irlandia

EID MUBARAK 1440 H DARI IRLANDIA ?

Sangat terasa pertumbuhan pendatang muslim di kota tinggal kami di Republik Irlandia.

Mungkin saat datang pertama kali awal 2013 silam, hanya ada belasan keluarga muslim. Sekarang mungkin sudah 100 keluarga muslim di kota tepian Sungai Shannon ini.

Penduduk Athlone cuma sekitar 25 ribu. Lumayan banget lah bisa punya 100 keluarga muslim dari berbagai negara.

Cussss yang mau langsung lihat vlognya ūüėČ

Keluarga muslim Indonesia di Athlone ada berapa? Cuma 1 keluarga doang cobak hahahaha. Gak papah, biar kenal-kenalan sama negara-negara lain ;). Banyak yang bisa di-kepo-in ye kaaaaannnn :p.

Tadinya ada 3-4 keluarga Malaysia di Athlone. Sekarang habis, bis, bis, gak tersisa satu pun. Paling ada beberapa mahasiswa/wi yang datang sebagai “bujangan” (entah bujang beneran atau tidak membawa keluarga).

Lebaran yang jatuh di hari selasa, 4 Juni 2019, pas banget dengan hari libur anak-anak. Kecuali yang bontot. Tapi tetep dia ikut kami liburkan hihihihi.

Hujan mengguyur Irlandia sejak 2 minggu terakhir. Musim panas yang sangat luar biasa :p. Setelah berbulan-bulan didera musim dingin dan perpanjangan musim dingin via musim semi, eeeehhh musim panasnya dikasih cuaca hujan berangin dan tetap duingiiiinnnn. Oke sip (y).

Sarapan sekeluargaa di rumah. Biasanya bikin opor, sekarang nyobain sayur labu santan. Lontong males bikin. Jadi pakai nasi putih saja. Rendang dan kering kentang kacang pastinya selalu ada hehehe.

Sate ayam + kari ayam minggir dulu, buat besok aja deh :D. Biar besok libur masak ^_^.

Gak punya fotonya, langsung lihat di vlog aja lah tuh di link atas hehehe.

Sore sekitar jam 7, berangkat ke Monksland Community Center untuk menghadiri acara lebaran bersama komunitas muslim di Athlone. Yang datang tidak banyak tapi tempatnya enggak gede jadi kesannya penuuuhhh banget.

Tapi kelihatan deh, walau sama-sama muslim, entar duduknya berkelompok menurut etnis masing-masing. Meja dekat jendela misalnya, dikerubungi oleh muslim Afrika.

Yang India-Pakistan mojok di ruangan sendiri. Yang etnis Arab (dari berbagai negara) juga ngumpul bareng. Mungkin lebih nyaman aja kali ya bisa ngobrol dalam bahasa yang sama :). Tak ada niat untuk sok-sok ekslusif.

Beberapa ibu-ibu Turki juga melipir di sudut yang lain.

Pasti beda lah ngobrol dengan temen sesama rumpun. Lebih leluasa juga kali meramu bahan rumpi-rumpi dengan teman sesama negeri. I completely understand. Walau pedih #eaaaaaaaa.

Yang dari Indonesia, embak-embak single fighter, ya pura-pura sibuk aje bikin video hahahahaha. Menegur sebisanya. Mana tadi hujan dingin, jadi niat pakai tunik + batik batal. Malah pakai kaos + jins + jaket. Abis dah dipelototin ama ibuk-ibuk yang bajunya heboh semua hahahahaha.

Somehow, saya itu sebenarnya enggak paham juga bedanya India vs Pakistan vs Bangladesh. But they manage to recognize each other :D.

Mirip dengan Indonesia – Malaysia mungkin. Saya sih dari cara pakai jilbabnya aja langsung bisa bedain mamak-mamak Indonesia vs Malaysia¬†:p. Tapi di mata teman-teman bangsa lain, Indonesia – Malaysia ya sama aja!¬†ūüėÄ

Pelan-pelan yaaaaaa, hidup membaur itu memang perlu waktu, kok. Teringat dulu di Jeddah pun saya mainnya sama madam-madam Indonesia kabeh hehehe. Di Texas juga sama. Main sama komunitas Indonesia seringnya.

Kini terasa perihnya jadi super minoritas. Tapi mereka tetap ramah banget. Berusaha menegur walau paling ngobrol 2-3 kalimat. Nawar-nawarin makan segala macam <3.

Kayaknya mereka itu canggung kalau harus berbahasa Inggris kepada sesama etnisnya. Misalnya yang Pakistan kalau ngobrol berdua saya ya bahasa Inggris, begitu temennya datang otomatis switch ke Urdu dst dst.

Jadi, yah ….

Dinikmati ajah ;).

“Diversity maybe the hardest thing for a society to live with, and perhaps the most dangerous thing for a society to live without.” -William S Coffin Jr-

Perbedaan adalah keniscayaan. Our destiny. Mari tetap bekerja keras bersama-sama dalam perbedaan untuk berjalan terus menuju kebaikan kapan pun dan di mana pun. Insya Allah <3.

Kami di Irlandia siap-siap ke peraduan dengan perut yang isinya sudah diversity banget ini, dari sayur labu, rendang, biryani, baklava, kari kambing khas Pakistan, dst dst dst hehehe.

Sementara yang di Indonesia sedang siap-siap atau lagi sedang Shalat Eid? ^_^

Selamat hari lebaran teman-teman semua. Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H.

Taqabbalallahu minna wa minkum, semoga Allah SWT berkenan menerima amal baik kita semua.

EID MUBARAK <3.