Jejak Para Texas Rangers di Grapevine Downtown Historic District Texas

Kisah para Texas Rangers tak sulit ditemukan jejaknya di berbagai kota di negara bagian Texas. Misalnya, di Grapevine ini. Di jajaran toko-toko sepanjang Grapevine Downtown Historic District tidak sulit menemukan toko-toko penjual minuman anggur. Ada yang berbentuk kafe/kedai juga.

Sesuai dengan namanya, Grapevine, kota ini dulunya memang menjadi salah satu tempat dimana pohon-pohon anggur tumbuh liar dengan suburnya. Sampai sekarang sih ya efeknya banyak penjual minuman anggur tadi. Sebelum lanjut, monggo Kak vlognya sudah bikin dari dulu lho hihihi :p.

Paling hits untuk kota koboi-koboi gini sih di Fort Worth ya. Namanya tempatnya Stockyard.

Waktu ke Grapevine, kayaknya lebih  banyak merekam pakai GoPro. Foto-foto yang ada malah foto-foto dari Stockyard hahaha. Gak apa deh, pasang di sini jugak nanti :p.

Sebagian kota-kota di negara bagian Texas memiliki kawasan Historic Downtown yang identik dengan kehidupan masa lalu Texas. Termasuk kisah para koboi dan Texas Ranger-nya.

Texas Ranger awalnya hadir melawan para bandit atau perampok yang dulu ramai merajalela di berbagai wilayah Texas. Termasuk Nat Barret dan Willy Majors. Kisah kedua bandit yang hendak merampok sebuah kereta ini diabadikan dalam atraksi “Would be Train Robber” di sebuah menara di persimpangan jalan Main dan Hudgins Street di Grapevine.

Setelah Texas melepaskan diri dari Mexico dan berdiri menjadi Republik Texas di tahun 1836, situasi keamanan menjadi sangat tidak kondusif. Tentu saja pihak Mexico tidak begitu saja melepaskan Texas dengan ‘tenang’. Situasi ekonomi juga masih kocar kacir. Para bandit berkeliaran dengan bebas di mana-mana. Tidak hanya merampok, mereka tidak segan-segan membunuh dan menganiaya.

Karena baru merdeka, Texas belum memiliki divisi keamanan (macam siskamling gitu-gitu kali ya hihihi) yang mantap. Tapi masyarakat sangat khawatir dengan keselamatan mereka. Karena itulah, mereka pun urunan sendiri untuk mengamankan wilayah.

Terbentuklah yang namanya “The Texas Rangers”. Itu kisah koboi-koboian ya awalnya dari Texas Rangers ini.

Jadi, orang-orang setempat saling bersepakat untuk mengirimkan laki-laki dewasa sebagai perwakilan tidak resmi untuk mempertahankan wilayah masing-masing dari serangan para bandit. Sekumpulan laki-laki ini tidak digaji tapi mendapat makanan dan fasilitas secukupnya. Seringkali, senjata pun harus disiapkan secara mandiri.

Mereka berpatroli dengan seragam ala koboi dengan tunggangan kuda. Mereka tidak menetap di tempat tertentu. Tapi muter-muter saja menjaga keamanan di wilayah-wilayah tertentu.

Kelompok Texas Rangers ini terus berkembang. Hingga akhirnya muncul beberapa grup-grup terkenal dan ditakuti oleh para bandit. Dari sini, wilayah lain pun sering meminta bantuan dari grup-grup Texas Rangers yang sudah terlatih dan tersohor ini. Tentu dengan imbalan tertentu.

Misalnya, beberapa keping emas untuk menangkap si bandit X dst dst.

Nah, balik lagi ke cerita dua bandit, Nat Barrett dan Willy Majors di Grapevine tadi :D. Mereka berdua ini juga incaran para Texas Ranger banget. Sherif (pemimpin wilayah/semacam walikota atau kepala desa) juga dibikin sakit kepala dengan para bandit yang hobi nakut-nakutin warga ini.

Gambar : pixabay.com

 

Bahkan setelah Republic of Texas memutuskan untuk bergabung dengan The Union (USA) 10 tahun kemudian di tahun 1846 pun, kehadiran Texas Rangers tetap penting. Masa-masa peralihan malah membuat situasi keamanan di wilayah Texas makin genting.

Sementara saat itu, The Union belum cukup kuat untuk melindungi Texas dari rongrongan Mexico dan para bandit lokal. Yah, memang panjang perjalanan Amerika Serikat menjadi negara super power ;). Enggak ujug-ujug merdeka terus happily ever after :p. Masih panjang ceritanyaaaaaaaaaaaa :D.

Tapi ini topiknya khusus perkenalan dengan para Texas Ranger aja, ya. Buat kenang-kenangan nanti karena pernah tinggal di Texas walau mungkin cuma setahun aja hehehe. Sangat layak dikenang minimal lewat tulisan :D.

Nantikan kisah para koboi selanjutnya, ya. More to come ;). Yiiiihaaaaaa *benerinTaliLaso* :p.

Gambar : pixabay.com