Resep Gulai Daun Kale enak

Sayur Kale : Resep Gulai Daun Kale (Pengganti Daun Singkong)

Resep Gulai Sayur Kale seperti apa rasanya? Ya kayak judulnya ituuuu…seperti daun singkong yang digulai! Enaaaakkk.

Pas acara kumpul-kumpul 17 belasan di Dublin beberapa bulan lalu ketemu Mbak Nayu. Mbak Nayu ini doyan masak ya saya tanya saja, “Mbak, tau Curly Kale gak? Itu enaknya diapain yah, biar cocok sama lidah Indonesia kita.”

“Lah, itu daun kale namanya. Rasanya persis kayak daun singkong. Digulai saja kayak biasa.”

“Ha? Masa sih?”

Sayur Kale : Resep gulai daun kale pengganti daun singkong
Gulai Daun Kale (pengganti daun singkong)

Curly Kale ternyata bisa disebut Daun Kale, dimana saya juga baru tahu hahaha.

Sering banget melihat si daun sayur Kale ini di sini, pas diskon saya pernah beli banyak-banyak. Tanpa diskon pun harganya juga enggak mahal-mahal amat dan banyak dijual di mana-mana. Tapi bingung mau dimasak apa. Pernah saya tumis sesuai petunjuk resep via Google. Rasanya kurang, euy :(. Tapi kalau dimasukin ke jus ya enak-enak saja :D.

Benar dong, pas saya cari-cari di google pakai kata kunci ” Sayur Kale ” baru deh keluar tuh semua infonya. Memang, Daun/ sayur Kale ini saudara kembarnya si daun singkong. Tapi penampakannya bagaikan bumi dan langit. Gak ada mirip-miripnya -_-. Mungkin kembar beda telor hahaha *krik,krik,krik*.

Suami saya itu doyan banget sama yang namanya gulai daun singkong. Tapi di mana pula nyari daun singkong dimari :p.

Begitu tahu si sayur Kale ini punya citarasa 11-12 dengan daun singkong, yang saya cari ya resep gulai daun singkong. Dan ke mana lagi mencari selain ke blognya Mbak Diah Didi atau ke Mbak Endang :D. Nemunya di blog Mbak Endang (Just Try and Taste itu lho :D). Ini ya resep aslinya :D.

Saya tulis ulang di sini karena saya pakainya daun kale dan ada bumbu-bumbu lain yang kebetulan habis jadi saya sesuaikan sendiri. Daun salam sih sudah pasti skip terus, belum pernah nemu di sini :(. Kebetulan juga lengkuas lagi gak ada. Terus takaran bumbunya juga suka-suka saya aja :p. Tapi rasanya sih tetap enak ^_^. Setidaknya saya dan suami makannya rebutan! Hahaha :p.

Buat yang Food Combining, ini memang bukan menu ideal. Tapi boleh kok disantap pakai tempe goreng + sayuran segar lainnya. Saya potongin timun dan tomat segar sih kayak biasa ;). Tetap endeus rasanya <3.

Sayur Kale : Resep Gulai Daun Kale (Pengganti Daun Singkong)

Bahan

1. Sebungkus Daun Kale yang direbus sampai halus. Kira-kira 200-300 gram.
Catatan :Cobain saja. Kalau sudah tidak liat berarti sudah halus :D.

2- Cabe besar sekitar 3 biji.
Catatan : Warnanya random nih di sini, ada yang kuning ada yang orens ada yang merah hahaha :p.

3- Bawang merah besar setengah biji
Catatan : di sini adanya bawang merah yang hampir segede kepalan tangan orang dewasa

4- Bawang putih 2 siung
5- Ketumbar halus (kira-kira hampir satu sendok makan)
Catatan : Saya jarang beli ketumbar butiran, enggak punya ulekan 😀

6-  Jintan halus (kira-kira setengah sendok
7 – Kunyit halus (kira-kira hampir satu sendok teh)
8- Jahe secukupnya
9- Batang Serai, karena kecil saya pakai 2.
10- Daun Jeruk 3 lembar
11- Garam dan gula pasir, kombinasikan sesuai selera
12- Kaldu blok, saya cuma pakai secubit seukuran setengah kuku jari. Pakai dikit saja sudah pengaruh kok ;).
13- Merica secukupnya
14- Santan cair
15- Air kira-kira 2 gelas belimbing atau disesuaikan

Cara Membuatnya :

1- Daun kalenya sudah saya potong-potong sebelum direbus. Saya buang batangnya yang besar-besar. Direbus dengan air garam sesuai dengan resep aslinya :D. Setelah teksturnya halus, buang air rebusan. Sisihkan.

2- Karena saya pakai mayoritas bumbu dalam bentuk bubuk, yang dihaluskan hanya bawang merah, bawang putih, jahe dan cabe besar. Saya nguleknya di talenan kayu :p. Setelah halus, saya campur ke dalamnya bumbu-bumbu bubuk (ketumbar, jintan, dan kunyit).

3- Tumis campuran bumbu tadi sampai harum. Lalu masukkan, sereh + daun jeruk. Aduk-aduk sedikit sampai bercampur dan baunya keluar semua.

4- Lalu masukkan daun kale yang sudah direbus tadi. Aduk-aduk bentar.

5- Tambahkan air, didihkan.

6- Masukkan gula, garam, merica, kaldu blok, dan santan. Tunggu sampai mendidih lagi sambil diaduk-aduk. Koreksi rasa. Kalau sudah oke, matikan apinya. Siap disantap :D.

Ini dia nih hasil akhir dari resep gulai sayur Kale :D. Bagi yang tinggal di daratan Eropa, setidaknya kita (eh saya aja kali yang baru tahu) nyadar ternyata ada alternatif lain  menikmati gulai daun singkong. Mari makaaaaaannnn ^_^

Sayur Kale : Resep Gulai Daun Kale enak
Gulai Daun Kale
5 comments
  1. akhirnya ya mbak, nemu juga subtitusinya daun singkong. Klo di tempatku daun singkong masi bisa ketemu, ada 2 temenku yang nanem daun singkong. klo lg panen, rebus setengah mateng, taro freezer ato bagi-bagiin…hihi…

  2. Hihi ini ya resep lengkapnya. Bisa dicoba juga nih. Disini namanya boerenkool mbak, banyak orang Belansa yg ga suka, tapi buat org Indonesia (yg saya tahu), pakai boerenkool ini sebagai pengganti daun singkong. Lumayan lah hehe..gulai boerenkool, rendang, sama sambe padang…enaknyo..:-)

  3. makasih infonya mba…setelah digugel trenslet, curly kale bhs jermannya ternyata Grünekohl (arti harfiah: kol hijau -_-). Akan segera nyari di toko 🙂

  4. Mba, saya nyontek resep ya. Punya kale di kulkas mo dibikin gulai kok ragu. Nemu resep gulai singkong kok ribet pake ngulek. Makasih sudah ngasih ide. Salam kenal ya mba

    1. Sama-sam Mbak :D. Salam kenal juga ya ^_^

Comments are closed.