Yaaayyy, Umrah Ramadan!!

Akhirnya tahun ini, di bulan ramadan terkini, jadi juga umrah ke Mekkah.

Awalnya ragu, sih. Bawa-bawa 2 bocah apa bisa, ya? Jadilah yang sulung dititipin temen hehehe.Thanks ya Ibu Peri Mira ;). Yang bontot aja yang dibawa.

Sengaja memilih waktu abis dzuhur biar gak padet-padet banget. Iya sih gak padet. Tapiiiiii…puanassnya pollllll :P. Aduh, ampe keliyengan gitu. Pas Sa’i jadinya naik kursi roda hihihihi. Dan pas si Narda malah bobok didorong-dorong gitu :D.

Pas tawaf gak konsen mau baca doa. Berkali-kali copotin kacamata hitam buat ngelap keringat yang ngumpul di daerah mata dan bikin burem :(. Tapi enaknya, ada Ibu-ibu yang lalu lalang nyiram-nyiram kita pake air es hehehe. Khusus buat anak-anak, ditawarin minum segala. Narda kesenangan diciprat-ciprat air dingin :P.

Milih siang juga biar kita bisa parkir di Kudai. Parkirannya lebih deket dari Haram, dan banyak bis pulang pergi. Kalau berangkatnya setelah ashar, besar kemungkinan gak bakal boleh tembus masuk sampai Kudai. Harus parkir di deket checkpoint. Jauh dan bisnya jarang-jarang pula.

Setelah selesai umrah, nyari-nyari kresek isi sepatu yang kita jejelin ke rak-rak sepatu sebelum mulai tawaf. Mulai panik. Lupa ngapalin nomernya :(. Ternyata…ilang dong, dong, dong! Huhuhuhu… udah capek banget, mulut udah pahit saking keringnya, masih kita bolak-balik berusaha bongkarin rak berkali-kali.

Tapi apa daya, si Malindi – Candy dan sendal suami gue memang bener-bener ilang :(.

Nyeker deh keluar masjid. Kita udahan sekitar jam setengah 6. Wiihhh, abis ashar emang langsung heboh. Tawafnya bener-bener padet. Sudah rame orang-orang nyiapin menu berbuka. Waktu masih nyeker di pelataran masjid, masih adem. Begitu masuk ke pelataran mal, alamaaaakkk, ampe jinjit-jinjit lari-lari saking panasnya. Ahahahahaha.

Untunglah ada Bin Dawood di Zam-zam Tower, yang letaknya persis di depan salah satu pintu keluar masjid. Bin Dawood ini semacam supermarket selevel Hero kalau di Indonesia. Sambil nyari-nyari sandal jepit, juga beli jus + susu + cemilan buat buka. Mood udah kacau balau :(. Manalagi mungkin orang-orang heran ngeliat kita nyeker dalam toko hihihihihi.

Pas udah turun dari bis, dimana gue kesel (LAGI) karena suami gue salah milih tempat turun, kita mesti jalan agak jauh ke tempat parkiran mobil kita. Pas udah lempar badan ke jok, nyalain AC, baru deh, “alhamdulillaaaahhhh…”

Kita ninggalin Kudai sekitar jam 6.40. Jadwal beduk masih setengah jam lagi. Suami kayaknya udah kepayahan. Hebat euy. Dia bener-bener konsen umrahnya. Segala doa dalam buku habis dilahap. Tawafnya pun gendong si Narda sepanjang waktu. Pas Sa’i juga dia jalan sendiri. Konsen banget baca doanya. Gak mau nyiram-nyiram kepala pakai keran air zam-zam yang ramai dikerubutin orang. Takut ketelen alasannya. Subhanallah :).

Sembari nyetir pulang, suami bilang mulutnya udah bener-bener pahit, ludahnya udah kering banget. Gue nawarin mampir dulu tapi dia bilang entar aja pas buka puasa, mampir di pompa bensin. Alhamdulillah jam 7.03 (waktu jam mobil), suara azan berkumandang dari radio.

Nenggak susu sebotol penuh ahahahaha. Botol jus segede gambreng juga langsung ludes. Untung tadi sempat dapat pembagian kurma :). Berbuka puasa dengan buah kurma memang beda :). Gue baru ngeh sekarang-sekarang. Dulu-dulu ogah makan kurma. Setelah mampir sebentar, akhirnya tancap gas menuju Jeddah, langsung ke Aziziyah jemput Abil di rumah Tante Mira.

Pas nyampe rumah langsung tepar dong? Ho-oh. Tapi gak lama-lama. Dapur belum diberesin dari siang, karena pas nitip Abil, gue sempetin pagi-paginya bikin lauk buat keluarga Mira. Sambil nyuapin anak-anak, jadi gak keburu beres-beres sebelum berangkat umrah. What a day ^_^.

Suhu sore itu di sekitar Masjidil Haram – Mekkah adalah 38 dercel. Bayangin, siangnya kayak apa. Sepertinya sekitar 43-45 dercel. Hebat juga si Narda tahan banting. Pas salat ashar, banyak tangisan anak-anak di shaf gue, dia anteng aja duduk-duduk deket kaki gue. Hehehehe. Hebat anak mama. Mamanya nih yang payah :(.

Alhamdulillah. Umrah ramadan kesampaian juga :).
Foto di bawah bukan pas umrah kemarin. Foto lama, sih. Gak ingat kapan hehehe. Pokoknya foto pas depan Masjidil Haram biar rada nyambung ama postingannya :D.

 

9 thoughts on “Yaaayyy, Umrah Ramadan!!

Comments are closed.