Masakan Sulawesi : Resep Kue Sanggara Balanda

Ini salah satu kuliner khas atau masakan Sulawesi –> Sanggara Balanda (bahasa Bugis) artinya Pisang Goreng Belanda :D. Kok bisa kayak gitu ya namanya? Hihihi.

Konon, menurut mama saya nih ya, pisang goreng ini kan menggunakan mentega dan keju. Di masa lalu, kedua jenis makanan ini identik dengan makanan orang Belanda. Zaman dulu pan, banyak lho orang Belanda di berbagai wilayah Indonesia. Katanya sih  mereka yang memperkenalkan keju, mentega dkk ini ke orang pribumi di Indonesia.

Jadi, resep ini sudah resep turun temurun untuk orang Bugis. Bukan resep bikinan orang Belanda! :p. read more

Menu udang di Al Baik Mekkah

Memori Ayam Goreng Tepung Al Baik Makkah

Ingat tanah suci, ingat Ka’bah, juga ingat … ayam goreng tepung Al Baik Makkah! :D. Padahal dijualnya bukan di Kota Makkah saja kok :D.

al baik

Al Baik, si ayam goreng tepung, tenar abis di Kota Jeddah. Sebelum saya menginjakkan kaki di kota Jeddah, suami saya sudah sering banget mengelu-elukan si ayam goreng tepung yang satu ini. Padahal biasanya suami kurang suka dengan segala menu-menu an yang berupa ayam. Ini pasti ada apa-apanya nihhhh *memicingkanMata*.

Jadilah baru 2 hari menghirup udara Jeddah, di suatu malam, diajaklah saya ke Serafi Mall, khusus buat icip-icip si Al Baik ini. Pas di food court, melihat antriannya yang panjang, saya cukup optimis saya bakal suka ama Al Baik ini. Tapi setelah nyobain …eng ing eng…. enggak ngerti enaknya dimana, mungkin selera saya yang kurang pasaran :D. read more

[Resep Food Combining] Martabak Mini Isi Jagung

Eh, kok dijadiin resep Food Combining? Isi jagung pula? Bukannya martabak pasti ada telurnya, ya? Kan enggak boleh menggabungkan protein hewani dan karbohidrat?

Hehehe. Kritikannya benar sekali. Tapi, setelah beberapa kali bikin dan mencermati komposisi si telur ayam dalam adonan isinya, resep ini masih bisa ‘dimaafkan’, kok. Pembenaran bagi penggemar martabak! Hahaha.

Etapi serius ini. Di resep martabak yang biasanya saya bikin ini, telurnya cuma sekitar 3 butir dan menghasilkan sekitar 16 potong martabak mini. Jadi kira-kira, satu potongnya mengandung 3/16 butir telur, kurang dari 1/5 kan? Masih aman lah ;). Komposisinya dianggap sedikit. read more

Cara Membuat Semur Tahu Kacang Merah

Food Combining? Apaan, tuh? Teori dasar tentang Food Combining cek di sini dulu :). Pengantarnya mungkin sedikit gengges di sana tapi ya sudahlah yaaaa hihihihi :D. Nama pun Ratu Drama disindang :P. Sekarang kita bahas cara membuat semur tahu kacang merahnya, deh.

Nah, kalau sudah dari link di atas pasti familiar dengan istilah “Kombinasi Makanan Serasi.” Inilah salah satu ciri khas pola makan ala “Food Combining” . Dengan memperhatikan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang membantu prosesnya, FC meyakini bahwa sebaiknya karbohidrat dan protein hewani tidak disantap di waktu yang bersamaan. read more

Orang Bilang Tanah Kita Tanah Surga?

Rendang, Sate, Ketan, Durian, Baju Kurung, Candi-candi … Punya Siapa?

Bergaul dengan orang-orang Malaysia dan beberapa orang Filipina semasa bermukim di Jeddah dan Athlone (Irlandia) membuat saya tak sedikit pun meragukan bahwa dalam beberapa hal, BENAR bahwa kita adalah bangsa yang serumpun. Apalagi kalau menilik soal makanan *elusElusPerut*.

Saat memenuhi ‘jemputan’ (dalam bahasa Malaysia, jemputan = ¬†undangan) dari rekan Malaysia, saya dan suami selalu bersemangat. Karena kami tahu, makanan Malaysia mirip sekali dengan makanan Indonesia. Berbeda saat menerima undangan makan dari rekan Pakistan, Mesir atau India. Selalu terbersit keraguan, “Duh, enak gak nih, makanannya?” Hehehe. read more