melva balemong resort semarang jawa tengah

Melva Balemong Ungaran-Semarang, Resort di Tepian Sawah dan Kaki Gunung

Melva Balemong ini tempat pertama yang kami datangi di luar kota sejak pulang dari Ireland tahun lalu. Si Eneng Coronces bikin gerak kita terbatas huhu.

Melva Balemong adalah sebuah hotel-resort yang terletak di Ungaran. Kata temen yang dari Pekalongan, Ungaran ini semacam Puncak-nya Semarang. Menuju Melva Balemong hanya sekitar 10 km dari Kota Semarang, Jawa Tengah.

Mau langsung cussss liat versi vlognya? Yyyiiiuuukkk 😀

Memasuki lobi sudah terasa nuansa klasiknya. Sampai ada bangunan joglo segala di dalam lobi loh. Di sini pun hasrat pengin foto-foto sudah membuncah hahahaha. Walau pengunjung dikit, tetep aja malu ya mau pepotoan, jadi yuk bikin video aja :p.

Kami menuju Melva Balemong pas long weekend sebelum bulan puasa kemarin, tuh. Huaaaaa, muacetnya pas berangkat *nangis*. Berangkat jumat pagi, dikirain cuma makan waktu 5.5 jam sesuai petunjuk Mbah Google, ternyata …. 8 jam!

Banyak perbaikan di jalan tol dan memang pada ke luar kota ramai-ramai. Mungkin mau nyekar, pas pula long weekend, terus sudah mau puasa, ditambah lagi ada larangan mudik pas lebaran, jadilah tumpah ruah semua orang di jalan pas jumat pagi itu.

Milih Melva Balemong karena pengin agak jauhan, suami bosen ke Bandung. Padahal ke Bandung juga jarang, gimana dah hahaha. Waktu itu juga hotel udah full-booked semua di Bandung, Nyari sekitaran Bandung, hotel dan resort yang lucu-lucu gak ada yang available.

AKhirnya nyobain Semarang. Eh, terus lihat Melva Balemong. Lokasinya memang di Ungaran, tapi dari Semarang paling cuma 15 menit kayaknya, deh. Cmiiw :D.

Mau ke Yogya jauuuuuhhhhh hehehe.

Singkat cerita, setelah melewati kemacetan yang bikin hawa memanas dalam mobil (hahahaha, tukang berantem emang gue tuh :), tibalah kami di Melva Balemong. Aih, dari pekarangan aja udah ngerasa adem hepi gitu-gitulah.

melva balemong resort semarang jawa tengah

Setelah check in, para tamu diantar menggunakan mobil khusus gitu (warna putih, lihat di video ya, apa sih namanya mobil kayak gini hihihi), ke kamar masing-masing.

Kami booking Family Suite. DI Melva Balemong ini, penginapannya ada kamar standar ala hotel di sebuah bangunan khusus dan ada juga paviliun-paviliun berbentuk joglo. Ukurannya macam-macam.

Nama joglo kami Joglo Nugraha. Terdiri dari 1 tempat tidur Queen dan 1 tempat tidur single. SInglenya yang ukuran 120 cm ya jadi bisalah gue tidur berdua si #boy3 hehehe.

Joglo Nugraha punya 2 ruangan kamar tidur yang tersambung dan satu kamar mandi yang guedeeeeeeee. Udah berasa di Bali deh suasananya.

Interior dan desain bangunan di Melva Balemong memadukan budaya Jawa, budaya Tionghoa, dan budaya Belanda. Klasik dan unik. Enggak serem kok. Tadinya sempet gimanaaaa gitu. Tapi pas nginep dan muter-muterin areanya, biasa aja. Adem sejuk nyaman malah ^_^.

Bukan endorsement Gaeesss, sumpah ini bayar sendiri semuaaaa hahahahaha :p.

Pemilik resort Melva Balemong ini keluarga Verhoeven. Pendirinya orang Belanda yang terpukau dengan budaya Jawa dan seneng ngumpul-ngumpulin joglo buat dipugar dan ditaruh di dalam resort ini.

Areanya sendiri sekitar 5 hektar. Pas lah buat jalan-jalan sekeluarga.

Kami tiba sore hari sekitar pukul 4.30. Langsung goler-goleran di kamar, mandi, ngemil snack. Saya jalan-jalan sendiri ngelurusin kaki muter dikit sambil liat-liat fasilitas yang ada. Suami udah gempor nyetir full. Saya gak berani nyetir di tol luar kota. Ganas-ganas euy hahahahaha.

Kolam renangnya outdoor dan lumayan gede. Ada kolam besar ada kolam kecil. Ada fasilitas gym juga.

Melva Balemong ini juga bisa digunakan untuk tempat rapat, outbound, kumpul keluarga, acara kawinan, foto prewedding (secara memang instagramable banget di mana-manah! :D), aneka rupa gathering dst dst.

Paginya sarapan di Restoran Kembul Bujana. Restoran ini juga dibuka untuk umum, loh. Tapi mungkin pas sarapan khusus buat tamu hotel/resort saja. Menu sarapannya macem-macem, menu tradisional sampai sajian kontinental. Komplit (y).

Saya kebayang tempatnya bakal ramenya kayak apa kalau enggak ada si COronces ya. Tapi kemarin pun enggak kosong-kosong amat. Walau mungkin hanya 30% fasilitas penginapan yang terpakai. Sepiiiiiiii hehehe.

Setelah sarapan, kami sekeluarga jalan-jalan muterin area resort. Pengin ngajakin anak-anak ke belakang resort yang berbatasan dengan tepian sawah dan bisa melihat Gunung Ungaran dengan sangat jelas. FOto-foto deh sambil video-an sambil muter-muter.

Balik kamar sebentar, baru ke luar lagi menuju kolam renang. PUas-puasin deh tuh bertigaan main di kolam. Bapaknya gak mau nyebur. Takut capek karena mau nyetir balik siangnya. Iya nih, cuma nginep semalam huhuhu.

Abis berenang, para bocah lanjut maenan air di bath tub kamar mandi. Kamar mandinya emang segede bagong dah hahaha. Lalu leyeh-leyeh bentar sebelum diangkut ke mobil lagi :p.

PUlangnya mampir makan siang di Pekalongan lalu cuuuussss sampai ke Jakarta. Mampir pipis ama isi bensin sama jajan-jajan lah ya sekali di jalan tol. PUlangnya sih lancaaarrr karena masih sabtu. Puncak arus balik biasanya kan hari Minggu sore ampe malam tuh hehehe.

Begitulah acara weekend an ke Melva Balemong sekeluarga. You should try it too ;). Diskon-diskonnya mayan loh hihihihi. Very worth price lah nginep semalam dengan harga segitu. Dapat salah satu joglo yang paling ciamik pula ;).

Tertarik ke Melva Balemong jugak? Cuuuuussss :D. SElamat liburan, teman-teman ^_^.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *