Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya, kantung mata terjadi karena bertambahnya usia. Selain karena faktor usia, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan terbentuknya kantung mata. Salah satunya adalah karena kurang tidur.

Kurang tidur menyebabkan pembuluh darah yang ada di bawah kulit mata menjadi melebar dan kemudian menciptakan warna yang lebih gelap.

Pelebaran pembuluh darah inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di sekitar mata yang kita kenal dengan kantung mata. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit, namun kantung mata sering dianggap mengganggu penampilan. Kantung mata akan membuat wajah jadi tampak layu atau kurang segar.

Oleh karena itu, banyak wanita yang menyamarkan kantung mata dengan concealer supaya mata tampak lebih segar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menghilangkan kantung mata secara alami, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kompres dengan Air Dingin

Cara ini bisa dilakukan jika Kamu kurang tidur dan menyebabkan kantung mata membesar. Gunakan kain yang lembut untuk dicelupkan ke dalam air es. Perasa kain tersebut, lalu letakkan pada area sekitar mata selama beberapa menit.

Bisa juga dilakukan dengan cara membungkus sebongkah es batu kecil menggunakan kain. Selanjutnya, tempelkan kain yang membungkus es batu tersebut ke area sekitar mata.

2. Tidur dengan Posisi yang Benar

Image by Claudio_Scott from Pixabay

Posisi tidur ternyata juga bisa mempengaruhi terbentuknya kantung mata. Untuk mengurangi atau menghindari terbentuknya kantung mata, Kamu bisa mencoba posisi tidur dengan kepala lebih tinggi daripada badan.

Perlu diketahui bahwa posisi seperti ini akan mencegah terjadinya penggumpalan cairan di area mata. Untuk itu, Kamu bisa menggunakan bantal tambahan saat tidur.

3. Istirahat yang cukup

Ingat bahwa salah satu penyebab terbentuknya kantung mata adalah karena kurang tidur. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memperbaiki jam tidur.

Mulailah untuk menerapkan istirahat yang cukup. Tidur selama 8 jam per hari akan meminimalisir risiko kantung mata semakin membesar.

4. Bersihkan Make-up Sebelum Tidur

Aktivitas sehari-hari yang begitu padat tentunya membuat tubuh lelah. Masih menggunakan make up selama berjam-jam saat tidur juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Sebelum tidur, pastikan Anda telah membersihkan seluruh make up dari wajah.

5. Gunakan Masker Mata Dari Bahan Alami

Banyak sekali bahan alami yang berkhasiat untuk membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Contohnya adalah lidah buaya, tomat, madu, dll.

Bahan alami tersebut memiliki kandungan senyawa tertentu yang bisa membantu menyegarkan, meregenerasi, serta melembapkan kulit wajah. Melakukan perawatan dengan bahan alami tentunya juga lebih aman dari produk-produk berbahan dasar kimia.

Untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan, maka semua cara di atas harus dilakukan dengan rutin. Bila Anda masih ingin mencoba cara lainnya, silahkan gunakan beberapa cara alternatif lain untuk menghilangkan kantung mata secara alami agar wajah bisa tampil lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *