Sekolah Dasar di Luar Negeri : Pre School & Primary School di Irlandia

Note : Ini khusus sekolah dasar di luar negeri khusus wilayah Republik Irlandia, ya. Irlandia Utara itu termasuk dalam wilayah UK. Mungkin sedikit beda. CMIIW.

Wajib belajar di Republik Irlandia dimulai dari jenjang pendidikan PRIMARY SCHOOL – Junior Infant (kira-kira setingkat TK A) di usia minimal 4 tahun. Maksimal usia 6 tahun sudah HARUS masuk sekolah.

Setelah Primary School ada Secondary School. Sampai level ini, ada fasilitas sekolah publik GRATIS. Tapi Secondary School nanti aja dibahasnya. Agak ribet dan harus ngumpulin info dulu .

Primary School selama 8 tahun dari Junior Infant, Senior Infant (TK B gitu kali ya), 1st class – 8th class.

sekolah dasar di luar negeri
My kiddos ^_^

 

Pemerintah Irlandia juga menyediakan pendidikan gratis untuk usia pra-sekolah. Namanya The Early Childhood Care and Education (ECCE). Masuk ECCE minimal usia 2 tahun 8 bulan.

Di ECCE bisa maksimal 2 tahun. Jadi masuk Primary Schoolnya kira-kira 5 tahun. Tapi kalau anak-anak saya mah di ECCE satu tahun aja jadi masuk Primary School (Junior Infant) usia 4 tahun .

ECCE tidak wajib. Mau langsung Primary School juga boleh. Cuma kata suami, “Enak ajeeee, dah bayar pajak semahal itu masa gak dinikmatin!” ???

sekolah dasar di luar negeri (Irlandia)
Anak bontot yang di Pre School

 

Di ECCE, masuk sekolah dari senin – jumat, pukul 09.30 – 12.30.

Untuk Primary School, juga enak deh jam sekolahnya. Masuk pukul 09.20, pulangnya pukul 14.00 (untuk Junior & Senior Infant). Untuk 1st class – 6th class : dari pukul 09.20 – 15.00.

Bandingkan dengan Texas dulu yang masuknya pukul 07.45 pulang pukul 15.00 (untuk level yang sama) –> ini bisa ngopi-ngopi di kafe + jumpalitan di rumah anak-anak belum pulang juga hahahhaha.

Bedanya? Di Texas, enggak ada PEER. Ada sih, tapi optional. Boleh dikerjain kalau mau dan tidak akan masuk penilaian.

Ini vlognya ya, siapa tau mau versi video saja 😉

Nah, di Irlandia TIAP HARI ADA PEER. Dari level Junior Infant sudah ada PEER : dasar-dasar menulis dan membaca + simple Math. Usia 4 tahun sudah diajarkan membaca dan menulis.

Pekerjaan Rumah untuk 1st class – 6th class ya begitu-begitu juga cuma levelnya saja yang meningkat.

Mata pelajaran enggak banyak. Fokusnya itu ke Matematika – Membaca (Reading Comprehension) – Menulis (Writing). Sama kok di Texas juga begitu.

Tapi pelajaran lain-lain juga ada –> Sains, Art & Music, PE (Physical Education, pelajaran olahraga, ada renang segala), Geografi dan Sejarah, Bahasa Irlandia (Gaeilge, baca : Guelga).

Terus satu lagi… pelajaran AGAMA KATOLIK. Karena bisa dibilang hampir 100% sekolah publik di Republik Irlandia adalah sekolah Katolik. Tapi murid yang beragama NON KATOLIK tidak perlu ikut pelajaran agama.

Beda dengan Texas. Di USA secara umum, SEMUA SEKOLAH PUBLIK tidak boleh melibatkan diri dalam perayaan apa pun yang berhubungan dengan agama TERMASUK NATAL. Tapi menggunakan atribut-atribut keagamaan di sekolah itu BOLEH dan punya HAK PENUH –> sedang bikin vlog/tulisan tentang SEKULARISME, so we’ll go deeper ’bout this later .

Jadi pakai jilbab ke sekolah boleh. Di Irlandia juga boleh sih, tergantung kesepakatan dengan sekolah. Di sekolah anak saya, BOLEH . Tapi semua anak saya, saya larang mati-matian pakai jilbab, ya buyuang sadonyo alias orane maneng, lanang kabeh ???.

Kegiatan di luar sekolah ya standar lah ya, mereka ikut pelajaran mengaji dan agama Islam di tempat terpisah. Bersama teman-teman muslim di kota sini (kebetulan banyak muslim Pakistan-India & beberapa negara Arab), kami bikin “sekolah” sendiri hehehe.

Sewa ruangan + guru khusus selama 3x seminggu, 1 jam untuk tiap pertemuan. Biayanya urunan. Untuk hal ini enakan di Texas lah ya. Banyak masjid gede-gede yang membuka sekolah mengaji dan pelajaran agama Islam lainnya. Kita tinggal daftar. Negara kafir yang sangat syar’i ?.

Juga ikut les berenang sesuai sunnah rasul *benerinKudung*. Cuma naik kuda dan memanah belum dulu ?.

Terus yang nomor 2 ikut sepakbola. Dan di rumah diajarin main gitar sama Papa-nya. Mau kursus kok ya mahal , jadi kita optimalkan skill ortu masing-masing aja hahahahaha.

Oiya di rumah juga dilatih BOXING sama Papanya. Yang ini sih saya enggak sepakat sebenarnya, ngapain dah anak-anak diajarin gini-ginian ???.

Tiap weekend saya wajibkan nulis blog hihihihi.

Tadinya mau diajarin bikin vlog cuma ya Allah gue kapan masaknya kapan beresin rumahnya ye kaaaannn ???.

Kalau di Texas dulu tidak ada seragam baju bebas tiap hari, maka di Irlandia HARUS pakai seragam setiap hari.

Saya #timSeragam sih. Anak lakik juga ada yang ribet soal penampilan. Waktu masih baju bebas di Texas, anak saya yang nomor 2 walau kelihatannya paling preman dan paling lakik, ya ampun tiap hari berantemin saya soal outfit ke sekolah.

Entah celananya gak matching sama bajunya lah. Kaos kaki gak matching ama celana lah, pengin lengan panjang padahal musim panas lah dst dst dst. Makanya enakan seragam .

Baju bebas juga bikin mereka ngiler-ngileran dengan teman-temannya . Seragam itu meminimalkan iri-iri an dst #hidupSeragamSekolah ???.

Pre school sih enggak ada seragam. Tapi anak bontot saya pengin pakai jumper kayak abang-abangnya jadi deh dibeliin jumper jugak tapi beda warna.

Kalau American-English bilangnya ‘Sweater’, di UK dan sekitar bilangnya ‘Jumper’ ? .

Oiya ketinggalan. Untuk Primary School, tidak ada sistem zonasi. Jadi dari kota A boleh sekolah di kota B dst. Soalnya di country-side kadang harus ke kota sebelah buat sekolah . Tapi ini negara mungil yak, tentu kompleksitasnya beda antara negara penduduk 5 juta vs 260 juta ??.