Olahraga di rumah bersama fitnessblender

Olahraga di Rumah Bersama Blogilates dan FitnessBlender

Disiplin lagi olahraga di rumah yang super ketat mulai besok nih. Ceritanya mau serius ngurusin body-shape lagi.

Sisa-sisa lemak Texas masih bertaburan di mana-mana hahahaha. Well, mendingan dikit lah. Tapi belum balik ke berat badan dan bentuk badan tahun 2016 kemarin.

Tahun 2016, 6 bulan setelah melahirkan, berhubung si dedek sudah lepas ASI ekslusi

f jadi kepikiran untuk nurunin berat badan. Tidak optimis-optimis amat. Karena saya pikir, helooooo udah 36 tahun memang sudah saatnya gendita nan montika, yes? Hahaha :p.

Nih foto hamil tua pas anak ke-3. Si koneng melendung -_-. Masih hamil 7 bulan nih hahaha.

olahraga di rumah
Super gendita (Agustus 2015)

Waktu hamil tua anak ketiga itu saya takut nimbang pas hamil tua begitu terakhir nimbang sudah menyentuh 68 kg. Belum pernah berat badan separah itu. Jadi kemungkinan itu tembus 70 kg kali cuma gak ditimbang saja.

Sampai adek bayi umur 5 bulan itu stuck di 59 kg. Yah, pasrah sih. Toh kayaknya dengan tinggi badan 158 cm, berat segitu itungannya masih “acceptable”. Tapi tetap pengin turun ke 52 kg aja udah happy banget.

Turunnya pelan-pelan. Sebelum masuk bulan puasa nyampe 52 kg *sujudSyukur*. Eh 3 minggu puasa, turun ke 48 kg. Takjub sendiri, “Eh ternyata bukan hal yang mustahil, ya.” Makanya pas mudik ke Jakarta, Juni-Agustus 2016 itu lagi langsing-langsingnya hihihi.

Ini sudah langsing ecieeeeee :p (Juli 2016)

 

Balik ke Ireland, sampai Desember yah naik dikit ke 50-51 kg. Dan begitu ke Texas setahun sejak Januari 2017, tidak terkendalikan lagi hahahaha. We love Texas too much :D. Sampai gak mikirin gini-ginian lagi. Balik ke Irlandia, berat badan udah 57-58 kg lagi *nangis*.

Makanya ini mau serius lagi balikin ke 48 kg. Kali ini mau pakai olahraga super rutin. Kemarin-kemarin ya olahraga juga. Cuma terlalu santai, ah. Kalau gak bisa, banyakan tiduran di lantainya aja hahaha.

Olahraga di rumah jadi pilihan tepat buat beberapa kalangan ibu-ibu kayak saya ini nih. Kombinasi dari malas keluar rumah dari sononya :p, masih punya anak yang belum sekolah pula dan tidak ada tangan ketiga/ART/dll. Jadi masih harus full bareng anak.

Sebenarnya ikut kelas di tempat fitness atau di tempat olahraga yang sekarang lagi menjamur di Jakarta pasti seneng juga. Karena memang “asyiknya tuh rame-rame”, yes? Lebih semangat dan termotivasi.

Tapi masih banyak yang pakai alasan macet dan tidak punya waktu. Padahal dengan makin majunya teknologi alasan beginian bisa ditepis dengan mudah asal memang MOTIVASI dari dalam sudah kuat ;). Koneksi internet yang lancar tidak hanya untuk nonton streaming drakor kan yak hehehe.

Bolehlah dipakai buat mantengin Youtube juga.

Target saya kali ini memang ke PEMBENTUKAN, bukan hanya penurunan berat badan. Makanya, harus super duper serius olahraga di rumah *pijetPaha*. Target utama area perut dan sekitar serta paha.

Lengan aman. Karena memang rutin dilatih TIAP HARI selama setahun terakhir ini! Iyah, tiap hari hehehe. Walo makan suka ngasal, latihan lengan tidak pernah absen :D.

 

Buat yang mau olahraga di rumah dan kesulitan menemukan motivasi well, I couldn’t help you more. Karena motivasi itu memang harusnya datang dari dalam diri sendiri sih :). Kalau yang sudah termotivasi tapi bingung detailnya gimana, nah mungkin info ini bisa membantu.

Pastilah sekarang koneksi internet sudah canggih-canggih ya jadi bisa streaming di Youtube hehehe.

Sekarang sudah banyak banget workout channel di Youtube. Mulai dari latihan-latihan fitnes sederhana, yoga, pilates, yang ala-ala dance, pokoknya banyak banget, deh.

Favorit saya so far ada 2 :

  1. Blogilates

Channel Blogilates ini punyanya si Cassey Ho yang sudah bertahun-tahun upload video-video mengenai gerakan-gerakan olahraga di rumah. Modal karpet kecil doang. Hampir enggak pakai alat lain. Praktis. Tapi ngikutinnya bener-bener gempor hahahaha.

Cara mengecilkan lengan olahraga di rumah
Cassey Ho (gambar : plungedindebt.com)

 

Senengnya si Cassey ini dia punya macam-macam video buat fokus ke pembentukan area tubuh tertentu. Misalnya khusus paha, khusus perut, khusus lengan, khusus betis, banyaaaaaakkk ^_^. Udah ada ratusan video kayaknya. Untuk pembentukan paha saja misalnya bisa ada belasan video. Jadi, jangan takut bosan :D.

Gerakannya memang ada yang diulang-ulang di video berbeda. Tapi mayan lah, tetap terasa beda karena urutannya tidak sama.

Durasi video juga pendek-pendek. Rata-rata untuk latihan 5-10 menit lho untuk pembentukan ini. Tapi gilak, intens banget. Awal-awal susah banget ngikutinnya banyakan leyeh-leyeh di lantai aja hahahaha. Kalau dibiasakan insya Allah meningkat terus kok kemampuan kita (y).

Ini contoh videonya, untuk pembentukan paha nih, bener-bener mantap bikin paha kerja keras :D.

Idealnya jangan ngikutin satu video saja apalagi kalau durasinya di bawah 10 menit hehehe. Cassey sendiri menyarankan tiap hari, kalau lagi serius mau pembentukan + penurunan berat badan, selain jaga makan / semacam “clean eating”, pilih 4 video buat olahraga di rumah.

4 video kira-kira sama dengan 28 menit. Gak papa pilih video-video yang 5 menit sebanyak 4. Soalnya kalau 5 menit biasanya lebih gila emang gerakan-gerakannya hahahaha.

Contoh lain kombinasi untuk gerakan pembentukan paha dari video Blogilates :

2. Fitness Blender

Channel yang satu itu digawangi oleh pasangan suami istri Daniel and Kelli. Situsnya ada di FitnessBlender.com.

Video-video mereka di youtube juga banyak bangeeeeettt. Yang ini lebih detail. Sampai pembagian tingkat kesulitan juga ada. Jadi misalnya beginner bisa mengikuti gerakan-gerakan di video A. Video B untuk yang advanced dst. Komplit (y).

Saya pikir awalnya agak boring karena gak pakai musik dan ngomong-ngomong doang. Eh, ternyata oke juga dan jadi betah ngikutinnya hehehe.

Olahraga di rumah bersama fitnessblender
Gambar : fitnessblender.com

 

Durasi video-video FitnessBlender juga bervariasi. Mau yang 30-40 menit ada, yang durasi cuma 10 menit juga ada.

Ini nih salah satu video yang saya suka. Latihan abs tapi gak pake bobok-bobok hihihi. Kadang malas telentangan gitu apalagi kalau si bocah lagi wara wiri. Didudukinnya perut kita zzzzz -_-.

Ini latihan abs dengan posisi berdiri :D.

No worry, IT’S ALL FREE 😀 😀 :D.

Semangat ya teman-teman. Jangan mau kalah sama Dian Sastro dkk (hihihi), jangan kasih kendor, yes? ;).

Nanti saya update ya, hasil “perjuangan” saya hahaha. Saya reviewnya tiap minggu. Untuk minggu pertama ini target turun 2 kg dan paha kempisin dikit :p. Aamiin. Selamat berjuang! –> ngomong ke diri sendiri :D.

UPDATED –> inilah dia hasil di minggu pertama 😀