5 Keuntungan Menggunakan Online Booking

Keuntungan menggunakan online booking ya hampir sama dengan keuntungan yang kita rasakan di era serba online sekarang ini :D. Apa sih yang sekarang enggak bisa online. Belanja saja, demen bener deh tinggal duduk manis, ceklak ceklik hahaha :p.

Saat liburan tentu kita akan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Terkadang kita pun butuh tiket pesawat untuk bepergian ke tempat yang jauh. Nah, inilah kegunaan OTA. Dalam hal ini, OTA bukan orang tua asuh -_-.

Adanya OTA atau Online Travel Agency akan memudahkan kita untuk membooking tiket maupun kamar hotel saat liburan tiba. Bahkan, kita bisa membooking di jauh-jauh hari, sehingga rawan untuk kehabisan tiket maupun kamar hotel yang kita inginkan.

Keuntungan Menggunakan Online Booking

(Sumber Gambar : blog.itravelsoftware.com)

Tentu kita menginginkan liburan yang nyaman dan efektif, dong, ya ;).

Booking via OTA cukup menguntungkan dalam berbagai hal.

5 Keuntungan Menggunakan Online Booking :

1-  Kita bisa membooking dimanapun dan kapanpun kita inginkan.

Di zaman Android sekarang juga banyak aplikasi OTA yang dapat kita unduh langsung melalui Playstore, sehingga lebih cepat dan praktis. Hare geneeeee, hape hanya buat update status nyinyir? Yassalam :p.

Kita tidak perlu menghabiskan waktu perjalanan pergi pulang hanya untuk membeli sebuah tiket pesawat. Atau kita tidak perlu khawatir kehabisan kamar hotel karena mengetahui ketersediaan kamar hotel hanya melalui situs agen yang kita pilih.

Kita bisa booking di mana saja kita berada, entah dalam keadaan sibuk maupun longgar, tinggal mengunjungi situs OTA maupun membuka apikasi OTA, seperti Traveloka, Agoda, Pegipegi, dan lain sebagainya. Pilihannya ada banyak.

2- Kedua, beberapa agen juga memberikan informasi yang cukup lengkap mengenai fasilitas, testimoni pengunjung sebelumnya, dan juga penjelasan mengenai harga per malamnya.

Begitu juga dengan pembookingan tiket pesawat, Anda juga dapat mengetahui harga yang ditawarkan pada tanggal yang Anda inginkan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir mengenai budget, karena dapat menyesuaikan.

Keuntungan Menggunakan Online Booking

(Sumber Gambar : plesiryuk.com)

3- Tak jarang OTA menawarkan diskon maupun promo yang cukup menarik perhatian konsumen.

Memang benar, pada dasarnya ini adalah salah satu cara marketing untuk mengambil perhatian para konsumen. Hal ini membuat para konsumen lebih memilih booking online dibandingkan dengan direct booking. Apalagi, kalau promo di high season.

Biasanya, hanya member newsletter OTA yang seringkali mendapatkan info mengenai promo atau voucher discount.

Keuntungan Menggunakan Online Booking

(Sumber Gambar : loyaltylobby.com)

4- Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita bisa melihat gambaran kondisi kamar hotel yang ada.

Dengan begitu, kita dengan mudah memilih kamar yang sesuai dengan selera.

Memang benar, terkadang gambar tak sesuai dengan kenyataannya. Maklumlah banyak yang “palsu” juga :(.

Akan tetapi, kita juga dapat membandingkan dengan testimoni para pengunjung sebelumnya. Kita juga bisa mengetahui bagaimana fasilitas kamar tiap kelas, sehingga kita bisa memilih kelas kamar yang sesuai dengan kebutuhan.

5- Metode pembayaran juga cukup mudah

Kita bisa memilih berbagai cara transaksi, mulai dari transfer melalui i-banking, Paypal, atau melakukan transaksi pembayaran di Indomaret. Hal itu akan menghemat waktu kita dalam melakukan pembookingan, bukan?

Masih banyak hal lagi yang kita dapatkan dengan membooking melalui OTA. Bandingkan saja dengan booking secara langsung atau direct booking. Misalnya saja, kita tidak mengetahui kepastian ketersediaan tiket maupun kamar hotel. Padahal kita sudah berada di lokasi dan mempersiapkan segala hal.

Masa liburan kudu bubar #bantingKoper.

Jika kita direct booking, terkadang budget yang kita bawa juga tak sesuai dengan kamar hotel yang tersedia. Awalnya kita sudah membayangkan akan membooking kamar hotel kelas deluxe, sesuai kebutuhan.

Namun yang ada ternyata kelas superior yang harganya lebih mahal, belum lagi tidak adanya kamar kosong, padahal tidak ada kemungkinan kita untuk mencari penginapan lain.

Apalagi emak-emak kayak kita nih. Duile, selisih ribu-ribu aja (rupiah yaaaaaa hahahaha), kayaknya gemes-gemes gimana gitu :p.

Masih banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan layanan OTA dari pada direct booking. Liburan kita akan lebih nyaman tentunya dengan layanan yang cukup cepat dan efektif, menghemat waktu dan juga biaya.

2 thoughts on “5 Keuntungan Menggunakan Online Booking

  1. Setuju banget, sekarang kalau mau pesan tiket atau hotel udah ga ribet. Mau liburan kemana tinggal search, pilih yang sesuai budget dan bayar. Kalau jaman dulu mau nginep di hotel kita kudu tlp ke call center satu per satu dan harus nanya masih available atau tidak. Dengan adanya travel online seperti sekarang otomatis semuanya menjadi mudah..

Comments are closed.