Kota Toledo

Kota Toledo Spanyol, Jejak Sejarah Tiga Agama Ibrani

Berkunjung ke Kota Toledo di Spanyol masih bagian dari kisah liburan musim panas 2019 silam. Telat bener postingnya hahahaha. Better late than never :p.

Setelah di hari pertama jalan-jalan ke San Bernabeu markasnya Real Madrid, dan di hari setelahnya kami main ke Kota Segovia, di hari ketiga kami mengunjungi Kota Toledo.

Kalau main ke Madrid, Segovia dan Toledo ini termasuk kota-kota sekitaran Madrid yang menarik untuk dikunjungi. Jadi jangan sampai kelewatan, yes? 😉

Sudah ada vlognya nih temen-temen. Yuuuukkk ;).

Kota Toledo berjarak sekitar 70 an km dari Kota Madrid. Letaknya di tengah-tengah wilayah negara Spanyol. Kota Toledo cukup istimewa karena pernah menjadi ibukota kekaisaran Spanyol.

Kami berangkat pagi-pagi dari Madrid. Less drama lah karena memang niatnya berangkat setelah sarapan bener-bener selesai, sudah mandi dan segala macam. Jadi jam 9 an baru jalan.

Butuh sejam untuk tiba di Kota Toledo. Nyetirnya juga santai, sih :D.

Kota Toledo
Kota Toledo – Spanyol, Juni 2019

Parkirannya agak jauh dari lokasi wisata di Kota Toledo. Setelah parkir harus naik bus naik ke atas. Wilayahnya memang agak menanjak. Terasa pas naik bus.

Waktu itu enggak terlalu ramai dan enggak ngantri bus. Malah jelang pusat tempat wisatanya, bus sudah mulai kosong. Memang ke sananya pas weekday sih ya. Mungkin juga karena tempat wisata utama di Spanyol adanya di Barcelona dan sekitar.

Kota Toledo Spanyol Juni 2019
Kota Toledo, Spanyol – Juni 2019

Tapi Madrid dan seputarannya juga oke kok. Still worth a try. Dulu itu pilih ke Madrid lebih karena tiket dan akomodasinya lebih murah, hahahaha #ups.

Kota Toledo diresmikan sebagai salah satu Situs Warisan Budaya Dunia oleh Unesco di tahun 1986. Salah satu keunikan kota ini adalah sebagai pusat percampuran budaya dari 3 agama : Yahudi, Kristen, dan Islam.

Kota Toledo

Islam pernah ikut menorehkan sejarah di kota ini ketika Dinasti Umayyah II menaklukkan wilayah Toledo pada tahun. Dalam bahasa Arab kota ini dinamakan Thulaithalah.

Kami berkunjung ke Kota Toledo di musim panas 2019 tapi udaranya nyaman banget. Panas sih, suhu mencapai 29 dercel tapi karena angin sepoi-sepoi tempatnya terasa sejuk. Anak-anak gak ngomel-ngomel. Waktu ke Segovia mereka ngamuk kepanasan hehehe.

Ah ya, sekalian titip vlog Segovia yaaaaaaa :p

Back to Toledo, tempat paling khas dan berkesan itu adalah jajaran rumah-rumah kuno yang masih berdiri tegak dengan jalan-jalan sempit yang melaluinya. Hebatnya, jalanan sempit dan dirubung turis begitu masih juga dilalui mobil loh :p.

Bangunan antik di sisi jalanan itu punya banyak jendela dan didominasi warna-warna abu-abu atau coklat. Lihat sendiri dalam foto di bawah ini (maap ada model numpang sekeluarga hahahaha) :

Kota Toledo
Berfoto di jalan sempiiiiittt yang kiri kanannya banyak rumah-rumah antik yang masih berdiri tegak (Toledo-Spanyol Juni 2019)

Banyak toko dan restoran yang berjajar di antara bangunan-bangunan antik di Kota Toledo. Jadi beberapa gedung dimanfaatkan menjadi tempat menjual aneka rupa suvenir atau dijadikan rumah makan.

Kalau jalan-jalan hati-hati sama mobil ya. Siap-siap diklakson aja. Orang Spanyol nih rada-rada gak sabaran kalok nyetir, beda dengan kebiasaan nyetir di Eropa daratan pada umumnya :D. Salah satu sifat khas negara dengan penduduk melimpah? Hehehe.

Sesuai dengan sejarahnya yang dilintasi 3 budaya dari 3 agama berbeda tadi, ada macam-macam bangunan peninggalan rumah ibadah ala Yahudi, Kristen, dan Islam.

Sinagog ada rupa-rupa. Katedral apalagiiiii, buanyaaaaakkkk :D. Salah satu yang terkenal : Catedral Primada de Toledo.

Ada Alcazar juga, bangunan semacam benteng yang ada menara tingginya. Terus dikelilingi dinding-dinding yang tinggi. Kami hanya melintas tapi enggak masuk ke dalam.

Cuma numpang ngaso terus duduk-duduk di depannya, yang ada lobi outdoor buat duduk-duduk. Ngapain aja di sana? Ya foto-foto laaaaaahhhhh hahahahaha :p.

Dari atas sekeliling Alcazar juga mantep buat foto-foto dengan bekgron pemandangan Kota Toledo dari atas.

Nih, suami saya foto bareng #boy1 dan #boy2. SElfie-selfie mereka bertiga hihihi. Saya dan #Boy3 enggak ikutan ke sana soalnya lumayan ribet kalau bawa stroller. Jadi saya jagain si #Boy3 aja sambil selfie-selfie sendiri hahahahaha.

Kalau kalian lihat di video juga ada semacam tram / kereta yang dimanfaatkan buat ngangkut para turis. Lihat di vlog link pertama di atas yak. Saya merekam doang pas keretanya melintas, enggak ikut naik hehehe.

Kami makan siang di sebuah restoran seafood. Mudah-mudahan halal ya soalnya mereka cuma jualan seafood aja. Kami nyobain Paella yang isinya cumi udang dll. Lumayan lah rasanya ;).

Kira-kira yang lain-lainnya monggo dilihat langsung di vlog yang saya share di awal postingan ini ya teman-teman :D. Semoga info tentang Kota Toledo-nya membantu. Asyik banget kok muter-muter di sini seharian dari pagi sampai sore ^_^. Worth a day ;).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *