Hiking di Glendalough Ireland, Musim Panas 2019


Salah satu spot wisata paling terkenal di Repulik Irlandia. Biasanya pada hiking di Glendalough. Selain itu bisa jadi destinasi wisata keluarga bagi yang pengin piknik santai-santai. Enggak perlu hiking, sih.

Banyak juga yang datang untuk duduk-duduk gelar tiker di atas padang rumput sambil lunch atau nge-teh sore. Bebaaaasss :D.

Nah, ini saya udah upload vlognya ke Youtube. Musim panas 2019 silam saat kami road trip + hiking ke Glendalough.

Ini vlognya panjang karena segala road tripnya dimasukin hihihi. Waktu itu saya baru belajar nyetir. Jadi 50-60 km pertama saya yang nyetir and you can hear my husband yang kadang agak panik dan bawel ngajarin bininya yang sebenernya penakut tapi suka mendadak ngebut gak jelas 😂😂😂.


Jarak Athlone ke Glendalough, 135 km. Saya cuma nyetir sejam an. Sisanya suami. Pegeeeelll. Eropa masih merajalela mobil manual. Untung di Indonesia udah langsung pakek matic 😁.

Balik lagi ke topik Glendalough -nya, bagi yang mau hiking, trailnya macem-macem banget.

Mulai dari yang naik ke gunung, melewati lembah, sampai trail yang nyaman buat keluarga, cuma ngelewatin pinggir hutan dan jalan setapak.

Glendalough Ireland

Kalian liat di video Ireland jalanannya gak seberapa lebar tapi batas kecepatan 80-100 kmh. Apalagi di country side, jalanan sempit kiri kanan dah kek hutan, nenek-nenek aja ngebut 🤣🤣🤣.

Kalo road trip biar anak-anak gak bosen dan ngomel, biasanya diajakin maen tebak2an. Tapi seperti biasa jiwa kompetitip emaknya susah ditahan 😜😅.

Ini untuk kedua kalinya kami ke Glendalough. Tadinya pengin sekali lagi ke sana pas musim gugur, daun-daunnya pasti cakep banget 😍😍. Tapi ternyata musim gugur 2020, kami sudah jadi bocah Tangsel 😜🤣.

Tempatnya luas banget. Kami ambil jalur hiking standar. Melewati jalan setapak, sesekali anak2 lari ke dalam hutan kecil di sampingnya. Terus ke atas menuju danau, foto2 di pinggir danau yang pemandangannya breathtaking bangeettt (ada d video).

Lalu lanjut terus sampai ke perbukitan batu. Karena mampir-mampir 2 jam baru sampai ke ujung trail. Baliknya lumayan cepet cuma sejam an. Karena udah jarang mampir foto2 lagi 😅😅.

What a lovely memory dari negeri yang paling lama kami tinggali sejauh ini ❤️❤️😍. Semoga nanti bisa berkunjung ke sana lagi.

Meanwhile, siyap merajut kenangan baru di negeri kelahiran. Udah gak sabar mau road trip sampai ke Bali 😋😘. Mau ngajakin bocah ke Makassar, tempat asal emak dan tentunya main ke Bukittinggi, kampung bapaknya hehehe.

Pandemi cepatlah berlalu. Aamiin 🙏🙏🙏.