Sewa Apartemen di Jakarta

Sewa apartemen sudah mulai jadi tren nih buat para pemudik musiman di Jakarta. Setidaknya dari beberapa teman sesama diaspora di luar negeri.

Memangnya tidak punya rumah di Jakarta? Punya doooongggg *somboooong* hehehe.

Cuma kalau kasus saya dan suami tuh, rumah-rumah kami di Jakarta kami kontrakin semua. Alhamdulillah, jarang kosong. Sewanya juga sistem tahunan. Ya masa iya pas mau mudik yang mau ngontrak disuruh pergi ye kaaaaaan :p.

Dibiarkan kosong ya enggak mungkin lah. Takutnya mudik cuma bisa 2 tahun sekali hahaha. Kalau kosong kan pasti ngerepotin orang tua di sana :(. Mending dikontrakin deh. Biar semua seneng dapet duit pulak .

Banyak juga loh yang nyewa-nyewa apartemen untuk kota yang sama. Misalnya pemukim ibukota yang mau leyeh-leyeh ala liburan tapi ogah jauh-jauh sudah mulai banyak yang ikutan sewa apartemen di Jakarta.

Pernah nanya ke teman, “Gak sekalian di hotel aja, Bo’?”

Katanya sih, “Gimana ya, kalau apartemen itu kesannya di rumah sendiri. Tapi beda. Lebih nyaman gitu. Lagian kadang bawa anak-anak rempong kalau hotel. Mending sekalian apartemen.”

Hmmm…bener juga yak –> yang anak 3 mana suaranyaaaaa hahahaha. Mana lakik semua pula kalau saya mah.

Di kamar hotel gerak lebih terbatas. Kalau apartemen kan ya itu tadi, jadi semacam rumah mini saja. Kadang juga katanya biar hemat, bisa masak-masak sendiri. Lah, katanya mau leyeh-leyeh, tetep kudu masak toh? Huhuhu *nasibEmak*.

Kalau opsi mudik buat saya ya enggak mungkin lah nginep sebulanan di hotel hehehe. Mau numpang di mertua juga udah malu. Lagian repot. Mertua sudah berumur. Sudah bukan saatnya direpotin sama anak-anak kicik lagi. Sekadar berkunjung sih oke. Tapi kalau sampai tinggal sebulan lebih … malah ribet bagi kedua belah pihak ;).

 

 

sewa apartemen di jakarta
Apartemen di wilayah Jaksel (gambar : traveloka.com)

 

Buat kami sekeluarga kriteria sewa apartemen di Jakarta tuh kira-kira begini :

1- Harus di pusat kota. Biar enggak macet kalau mau ke mana-mana. Namanya mudik liburan pasti kegiatannya gak jauh-jauh dari hura-hura sana sini, yes? Hahahaha. Masa iya lagi liburan pun kudu terhempaskan oleh macetnya ibukota. No way!

Pengin rileeeekkkssss ^_^.

2- Mamak pengin nge-mall huhuhu.  Maklum sekarang mukim di dusun begini, jadi butuh akses ke tempat-tempat hiburan yang banyak orang. Lelah akutu liat sapi domba mulu hihihihi. Kebalik ya ama yang tinggal di kota metropolitan.

Si apartemen ya kudu deket-deket sama mal dkk pokoknya. Harus! :p

Etapi sekarang Jakarta sudah punya MRT, deng! Ah, banggaaaaaaaa <3.

3- Lokasi juga harus strategis ya biar dekat sama meeting point karena kalau mudik pasti penuh tuh agenda kumpul-kumpul, reuni-reuni, ngopi-ngopi cantik, rumpi-rumpi imut dst dst. Catching up hal-hal yang belum sempat dikepoin karena nun jauh dari tanah air.

Tapi yang ini harusnya udah ter-cover di poin nomor 2. Soalnya kalau janjian ketemu temen-temen pun biasanya ya di mal dan sekitarnya jugak hehehe.

4- Fasilitas kalau bisa yang lengkap, minimal fasilitasnya lumayan lah. Misalnya kalau sekadar untuk berenang gak perlu sampai ke luar kawasan apartemen lagi. Hemat waktu, juga kan? Anak-anak seneng bener maenan air. Emaknya mah gak bisa berenang hahaha.

5- Safety is a must! Biasanya sih kalau memenuhi 4 kriteria di atas, yang nomor 5 ini juga ngikut sendiri.

sewa apartemen di Jakarta
Apartemen di Jakarta (gambar : traveloka.com)

 

6- Harga jangan mahal-mahal! Hahahahaha. Minta ini itu, fasilitas keren, lokasi strategis tetep harga harus yang maknyus punyaaaaa. Maksudnya diantara yang memenuhi kriteria sebelumnya, ya pasti tetap dipilih yang paling ramah di kantong.

Inget dong prinsip ekonomi, “Harga semurah-murahnya untuk kenyamanan seoptimal-optimalnya!”

Sekarang sih enak serba online. Tinggal cussss pilih-pilih di situs-situs booking online. Beres, deh.

Kalian sendiri udah pernah staycation ala-ala tinggal di apartemen gitu gak, sih? Mayan sih ya untuk rileks sejenak keluar dari rutinitas harian. Apalagi kalau tinggal di kota-kota metropolitan semilitan Jakarta hehehe.

1 comment
  1. PIngin jg kapan2 sewa apt di JKT yg tengah kota, biar bisa CFD an kalo minggunya.
    Biasanya hotel, tp APT pasti lebih leluasa krn kalau kita pilih yg 2 BR, ada ruang tamu, kitchen set.. jd lbh enak buat sekeluarga.

Comments are closed.